Sponsors Link

Emboli pada Anak – Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi dan Mencegahnya

Sponsors Link

Emboli merupakan penyumbatan aliran darah dalam pembuluh darah akibat adanya partikel asing yang masuk. Darah membawa oksigen dan menyalurkannya ke seluruh tubuh, termasuk organ-organ penting. Namun karena aliran darah tersumbat, pasokan oksigen akan berkurang atau justru terhenti, dan hal ini dapat menyebabkan organ penting dalam tubuh mengalami gagal fungsi hingga rusak permanen. Emboli bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak. Emboli yang paling sering terjadi pada anak adalah emboli paru yang terkadang mirip dengan gejala flek paru pada anak. Emboli sangat berbahaya dan dapat mengancam nyawa anak, karena itu kondisi ini harus selalu diwaspadai.

ads

Penyebab Emboli pada Anak

Emboli bisa disebabkan oleh beberapa faktor, sama seperti penyebab emboli paru pada anak. Berikut ini merupakan penyebab emboli yang bisa menyerang anak-anak.

  • Gelembung udara. Adanya luka terbuka bisa membuat udara masuk ke pembuluh darah hingga mengikuti aliran darah dan menyumbat pembuluh darah yang kecil.
  • Cairan ketuban. Bayi baru lahir dapat mengalami emboli jika cairan ketuban merembes dan masuk ke dalam aliran darah, sehingga pembuluh darah pada paru-paru dapat tersumbat.
  • Gumpalan darah. Penggumpalan darah merupakan proses alami sebagai cara menghentikan pendarahan pada anak. Namun adakalanya tanpa ada luka penggumpalan darah dapat terjadi dan akhirnya menyumbat aliran darah.
  • Lemak. Gumpalan lemak dalam tubuh pun bisa saja terlepas dan masuk ke dalam pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi terhambat.
  • Kolesterol. Meski jarang sekali terjadi, kadar kolesterol yang tinggi akan menyebabkan menimbunnya plak pada dinding pembuluh darah. Jika plak kolesterol tersebut terlepas maka akan mengikuti aliran darah dan menyumbat pembuluh darah yang lebih kecil.
  • Terlalu tidak aktif bergerak, karena itu lebih baik anak memiliki ciri-ciri anak aktif.

Gejala Emboli pada Anak

Ada banyak sekali gejala yang dapat dirasakan saat anak mengalami emboli, dan gejala akan berbeda tergantung di organ tubuh mana emboli terjadi. Gejala yang umumnya muncul antara lain:

  • jika emboli terjadi di otak, maka anak akan mengalami gejala stroke atau lumpuh pada salah satu bagian tubuh
  • jika emboli terjadi di jantung, anak bisa mengalami sesak napas, nyeri dada, gangguan fungsi jantung hingga gagal jantung
  • Jika emboli terjadi di paru-paru, gejala yang muncul mirip seperti tanda-tanda flek paru pada balita yaitu sesak napas, nyeri pada dada terutama saat batuk dan batuk-batuk hingga terkadang mengeluarkan darah
  • kepala terasa pusing, denyut jantung cepat dan berkeringat dingin.

Cara Mengatasi Emboli pada Anak

Emboli perlu segera diatasi jika anak mengalaminya, karena kondisi ini akan memperburuk kesehatan anak dalam waktu singkat. Seperti halnya cara mengobati emboli paru pada anak, berikut ini terdapat cara mengatasi emboli pada anak.

  1. Pemberian obat-obatan. Pemberian obat biasanya dilakukan jika emboli terjadi karena gumpalan darah atau plak kolesterol dan lemak. Terutama jika terjadi gumpalan darah, obat seperti heparin dan warfarin akan diberikan untuk mengurangi gumpalan darah sekaligus mencegah terjadinya penggumpalan darah.
  2. Tindakan operasi. Cara yang juga dikenal dengan embolektomi ini dilakukan dengan membedah pembuluh darah yang tersumbat, dan menyedot gumpalan tersebut sehingga pembuluh darah bersih dan aliran darah bisa berjalan lancar kembali.
  3. Penempatan di ruangan hiperbarik. Cara ini dilakukan terutama jika emboli terjadi karena gelembung udara. Tekanan udara di ruangan hiperbarik lebih tinggi sehingga gelembung udara dalam tubuh akan mengecil dan tidak lagi menyumbat pembuluh darah.

Nah, emboli pada anak memang tidak boleh diremehkan. Karena itu sangat penting mencegahnya agar tidak sampai terjadi pada anak. Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain rajin mengajak anak berolahraga, banyak bergerak dan aktif, menjaga pola makan dan tubuh yang ideal serta hindari paparan asap rokok.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 12th, August 2018 / 06:57 Oleh :
Kategori : Emboli