Sponsors Link

7 Bahaya Efek Samping Teh untuk Anak Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Terbiasa memberikan teh manis di pagi hari memang baik, namun selain itu ada juga efek samping teh untuk anak yang harus diketahui orang tua. Karena teh juga mengandung sedikit kafein seperti kopi. Oleh sebab itu butuh diperhatikan jumlah yang boleh dikonsumsi atau tidak oleh anak setiap harinya. Mungkin, banyak yang tidak mengira efek samping dari minum teh. Karena lebih banyak informasi akan manfaat teh untuk anak daripada sejumlah kekurangannya. Oleh karena itu untuk lebih jelasnya, simak berikut ini beberapa efek samping teh untuk anak yang sebaiknya dihindari.

1. Jantung Berdebar

Teh dapat membuat detak jantung meningkat, sehingga timbul sensasi jantung yang berdebar. Sebaiknya hindari memberikan teh untuk anak dengan gejala ciri-ciri kelainan jantung pada bayi maupun anak-anak. Sehingga tidak memicu kondisi kesehatan yang makin parah. Ganti saja dengan minuman lain yang baik untuk jantung, misalnya manfaat susu formula bagi bayi dan anak-anak.

2. Susah Tidur

Teh meningkatkan ritme jantung dan denyut nadi akibat kandungan kafein yang ada di dalamnya walaupun sedikit. Karena itu tidak sebaiknya memberikan secangkir teh untuk anak di malam hari. Karena akibatnya anak bisa susah tidur dan menderita gejala insomnia pada anak. Ganti dengan susu hangat sebelum tidur, yang jauh lebih menenangkan diri anak dan membuat anak tidur nyenyak.

3. Gigi Kuning

Minum teh terlalu banyak juga dapat mengakibatkan gigi anak menjadi lebih kuning. Selain itu jika terlalu banyak gula juga dapat mengakibatkan penyebab karies gigi pada anak. Oleh karena itu batasi saja pemberian teh untuk anak. Selain itu jangan memberikan terlalu banyak gula jika menyajikan teh untuk anak. Ajarkan juga cara merawat gigi anak untuk menghindari hal tersebut.

4. Sakit Perut

Efek samping teh untuk anak juga termasuk dapat menyebabkan sakit perut. Sehingga tidak jarang jika anak terlalu banyak minum teh akhirnya ingin buang air besar terus menerus atau bahkan mengalami penyebab diare pada anak. Beberapa anak memiliki sistem pencernaan yang lemah, sehingga jika mengalami alergi pada kafein akan mudah merasa sakit di perutnya.

5. Dehidrasi

Minum teh terus-menerus tanpa disadari dapat juga memicu kondisi tubuh yang mengalami tanda-tanda dehidrasi pada anak. Hal ini tentu kurang baik karena dapat menyebabkan penyerapan oksigen dalam darah jadi tidak maksimal. Jika oksigen dalam tubuh berkurang, maka anak menjadi lemas dan susah melakukan aktivitas sehari-hari.

6. Gagal Ginjal

Efek lain termasuk resiko gagal ginjal jika minum teh terus dan tidak mau minum air putih. Karena bahaya anak kurang minum air putih bisa menyebabkan ginjal bekerja terlalu berat dan lama-lama mengalami kerusakan. Karena itu hindari kondisi tersebut dan jangan lupa memberikan air putih secara teratur pada anak.

7. Diabetes

Minum teh yang terlalu manis juga beresiko menyebabkan timbulnya gejala diabetes pada anak. Oleh karena itu sebaiknya batasi pemberian gula pada anak yang sedang dalam pertumbuhan. Supaya tidak mengalami resiko diabetes atau bahkan bahaya obesitas pada anak.

Itulah beberapa efek samping teh untuk anak yang mungkin terjadi. Oleh sebab itu sebaiknya batasi pemberian teh setiap hari untuk anak. Minum teh manis hangat di pagi hari cukup baik untuk anak. Namun sebaiknya tidak perlu diberikan lagi di sore hari. Biasakan anak minum air putih yang jauh lebih bermanfaat untuk kesehatan anak.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 01st, May 2018 / 23:53 Oleh :
Kategori : Gizi dan Nutrisi