Sponsors Link

7 Ciri-Ciri Anoreksia pada Anak Wajib Diperhatikan

Sponsors Link

Beberapa ciri-ciri anoreksia pada anak seharusnya diperhatikan orang tua dengan teliti. Hal ini dimaksudkan agar kondisi psikologis semacam hal tersebut dapat diketahui sejak awal dan dapat dilakukan pencegahan yang sesuai. Karena ada banyak bahaya anoreksia pada anak yang kurang baik bagi pertumbuhan anak pada akhirnya. Sehingga sebaiknya jangan menyepelekan hal ini dan fokus untuk memberikan kesembuhan mental anak terlebih dahulu sebelum mengembalikan tubuh fisik anak menjadi sehat seperti sedia kala. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa ciri-ciri anoreksia pada anak yang paling umum terjadi dan bahkan tanpa disadari oleh orang tua.

1. Introvert

Kebanyakan anak dengan kondisi anoreksia diawali dengan sikap yang introvert dan tertutup pada orang lain. Karena anak dengan kondisi psikologis tersebut cenderung tidak ingin membagi idealismenya tentang makanan pada orang lain di sekitarnya. Inilah yang membuat pola pikir anak makin berbeda. Karena tidak ada masukan dari orang lain. Oleh sebab itu cara membuat anak lebih terbuka kepada orang tua cukup penting.

2. Takut Makanan

Gejala atau ciri lain dari anak yang menderita tanda anoreksia yaitu merasa takut untuk menghabiskan makanannya. Mereka cenderung mengalami penyebab anak tidak mau mengunyah makanan hingga habis. Bahkan pada umur tertentu sebagian anak sudah paham bahwa banyak makan dapat menambah berat badan. Karena itu anak dengan anoreksia akan berpikir lebih saat harus menghabiskan makanannya.

3. Malas Makan

Anak dengan anoreksia juga memiliki ciri yang malas untuk makan dan terkadang betah untuk tidak makan apapun seharian. Beberapa orang mengira ini hanya efek akibat anak kecil yang tidak suka makan manfaat sayuran untuk anak dan menu tertentu. Namun hal ini berbeda adanya dan harus segera diatasi.

4. Berat Badan Menurun

Ciri-ciri anoreksia pada anak yang mencolok yaitu terjadi penurunan berat badan. Terutama jika cukup signifikan akibat anak mogok makan. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya berikan menu yang disukai anak. Karena bisa jadi faktor penyebabnya karena anak merasa tidak cocok dengan makanan yang disediakan. Sehingga disini cara mengatasi gangguan komunikasi pada anak cukup penting.

5. Tubuh Lesu Dan Lemas

Anak dengan anoreksia tentu tubuhnya akan letih lesu dan lemas. Karena mereka tidak memiliki cukup asupan untuk energi yang dibutuhkan. Oleh sebab itu perhatikan jika terjadi hal yang demikian. Berikan manfaat susu formula bagi bayi sebagai pengganti sementara agar tubuh anak tetap berenergi.

6. Pilih-Pilih Makanan

Ciri selanjutnya yaitu anak yang suka pilih-pilih makanan. Sehingga asupan makanan yang diterima tidak maksimal. Hal ini membuat anak kurang gizi dan susah mempertahankan berat badan.

7. Malas Ngemil

Anak kecil umumnya gemar makan camilan. Jika anak tidak doyan camilan bisa jadi anak memiliki tendensi anoreksia. Karena itu berikan menu makanan sehat untuk anak penderita flek paru supaya anak gemar makan dan tubuhnya tidak terus turun hingga tidak sehat.

Itulah beberapa ciri-ciri anoreksia pada anak yang sebaiknya diwaspadai sejak awal. Dengan mengetahui gejala dan ciri dari kondisi penyakit psikologi tersebut, maka akan lebih mudah melakukan penanganan yang sesuai. Sehingga anak tidak mengalami penurunan berat badan yang makin drastis dan berbahaya bagi perkembangan kesehatan anak. Apabila anak telah sembuh dari gangguan tersebut, tentunya berat badan anak akan kembali normal dan pertumbuhan anak juga dapat menjadi lebih optimal.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 14th, May 2018 / 14:26 Oleh :
Kategori : Anoreksia