Sponsors Link

5 Ciri-Ciri Anak Terjerumus dalam Pergaulan Bebas di Luar Rumah

Sponsors Link

Pergaulan adalah suatu proses interaksi antar individu atau kelompok. Dalam konteksnya sebagai makhluk sosial, manusia pasti memerlukan pergaulan sebagai cara untuk tetap terhubung dengan manusia lain. Proses bergaul dengan orang lainnya ini tentunya dibatasi oleh norma – norma tertentu, agar tidak melewati batas kewajaran. Pembatasan dengan norma – norma berguna untuk tetap menjaga agar pergaulan tetap berada pada ranah yang positif, dan bukannya mengarah kepada hal yang buruk misalnya pergaulan bebas. Karena bebas artinya adalah lepas dari kewajiban, tuntutan, norma susila dan agama, maka pergaulan bebas adalah suatu bentuk penyimpangan perilaku dalam pergaulan yang melewati batas kewajaran, aturan dan norma susila serta norma agama.

Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

Pihak yang paling rentan mengalami pengaruh dari pergaulan bebas adalah remaja. Dengan kondisi mereka yang sedang mencari jati diri, kebanyakan remaja akan menjadi labil dan mudah dipengaruhi. Untuk itu, orang tua perlu mengetahui ciri-ciri anak terjerumus dalam pergaulan bebas agar dapat segera mencegah atau menanganinya. Ciri-ciri anak terjerumus dalam pergaulan bebas yaitu:

1. Sering berbohong

Dalam kehidupan bermasyarakat, kejujuran adalah hal yang utama dan penting. Apabila Anda mengetahui anak melakukan kebohongan dalam suatu hal, maka Anda harus bersikap lebih waspada. Mulailah mencari tahu ada apa di balik kebiasaan anak untuk berbohong dan bagaimana cara mengatasinya, agar kebiasaan ini tidak mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak remaja.

2. Tidak memedulikan peraturan

Mungkin Anda kerap mendapati anak tidak lagi mau mengikuti peraturan di rumah ataupun di sekolah dan di lingkungan luar. Misalnya, tidak lagi menghiraukan jam malam di rumah, kerap bertindak tidak disiplin, tidak lagi mematuhi batasan yang dibuat orang tua untuknya mengenai aturan keluar rumah dan lain sebagainya. Cara mengatasi kenakalan remaja perlu segera diterapkan agar anak tidak semakin jauh melenceng perilakunya dari norma-norma sosial yang berlaku.

3. Tidak betah di rumah

Anak yang menjelang remaja memang biasanya akan lebih senang menghabiskan waktunya dengan teman-temannya. Hal seperti ini memang suatu yang wajar dan tidak aneh dan merupakan bagian dari proses pendewasaan anak. Kecuali jika anak Anda memang tidak betah sama sekali di rumah, yang terlihat dari banyaknya alasan yang ia buat jika harus tinggal di rumah, sering sekali keluar rumah hingga larut malam, dan banyak perilaku tidak wajar lainnya. Ketahuilah bagaimana cara mengatasi anak remaja yang sering keluyuran, dampak positif dan negatif anak remaja pacaran, dan faktor penyebab kenakalan remaja.

4. Mudah marah

Ciri-ciri anak terjerumus dalam pergaulan bebas berikutnya yaitu bahwa anak bisa menjadi orang yang mudah marah dan melawan Anda sebagai orang tua. Apabila biasanya anak berperilaku baik, ketika terjerumus pergaulan bebas ia bisa saja berubah. Anak bisa menjadi seperti tidak tahu sopan santun, berbicara kasar, mudah tersulut emosinya dan tidak lagi manis seperti biasanya. Ketahuilah bagaimana cara bijak menyikapi anak remaja yang mulai pacaran dan cara membuat anak lebih terbuka pada orang tua.

5. Prestasi menurun

Ciri-ciri anak terjerumus pergaulan bebas juga dapat dilihat dari sini. Biasanya prestasi belajar anak dapat terganggu oleh pengaruh dari pergaulan bebas tersebut. Anak yang tadinya fokus di sekolah mendadak kehilangan minat terhadap pelajaran dan mengalami penurunan prestasinya di sekolah. Anak juga sering terlihat malas untuk berangkat sekolah dan sering membolos.

Untuk mewaspadai ciri-ciri anak terjerumus pergaulan bebas, Anda selaku orang tua perlu meletakkan kepentingan anak lebih dulu. Cobalah untuk mengawasi  jika ada orang yang memberi pemahaman salah. Tanamkan kepada anak mengenai ciri-ciri anak terjerumus pergaulan bebas mengenai masa depan mereka dan apa yang bisa mereka lakukan setelahnya. Orang tua juga tidak boleh mengabaikan tanda-tanda penyimpangan perilaku anak sekecil apapun, karena itu Anda harus sangat waspada dan memperhatikan anak dengan seksama. Kesalahan pergaulan anak dapat dicegan sejak dini dengan bantuan pengawasan orang tua yang teliti.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Thursday 26th, July 2018 / 06:41 Oleh :
Kategori : Parenting