Sponsors Link

6 Ciri-Ciri Anak Introvert yang Paling Menonjol

Sponsors Link

Seringkali orang tua merasa gelisah jika berhadapan dengan ciri-ciri anak introvert. Hal ini sangat umum terjadi dan kecanggihan teknologi seakan turut membantu membentuk anak-anak introvert yang sibuk dengan kesukaannya sendiri daripada harus belajar bersosialisasi dengan orang lain. Karena itu tidak ada salahnya memahami apa saja gejala yang menyertai penyebab anak kurang percaya diri dan introvert. Karena di masa sekarang ini hal tersebut umum terjadi dan makin banyak saja anak yang lebih memilih untuk introvert. Supaya lebih jelas lagi, simak berikut ini beberapa ciri-ciri anak introvert yang biasanya dapat dilihat dengan jelas.

ads

1. Suka Menyendiri

Umumnya anak yang introvert hampir mirip dengan penyebab autis pada anak. Mereka lebih suka menyendiri dan asyik dengan hobi yang ditekuni sendiri tanpa melibatkan orang lain di dalamnya. Oleh karena itu jika anak memiliki tanda tidak suka keramaian dan cenderung lebih suka mengurung diri di kamar melakukan hobinya, bisa jadi ini merupakan gejala awal anak yang introvert.

2. Malu Berbicara

Anak introvert biasanya juga kurang percaya diri dan malu berbicara di depan umum atau pada orang lain. Mereka cenderung diam dan tidak memberikan pendapat jika diajak berbicara. Karena itu kenali bakat anak dan ketahui apa saja cara melatih anak agar percaya diri yang tinggi supaya anak tidak cenderung introvert sejak awal dan lebih terbuka pada orang lain di sekitarnya.

3. Susah Bersosialisasi

Ciri-ciri anak introvert termasuk bila anak susah atau tidak suka bersosialisasi dengan anak lain. Anak sangat susah bermain dengan teman sebayanya dan tidak mau menceritakan apapun pada orang lain. Sehingga orang cenderung tidak memahami apa yang diinginkan dan dimau oleh anak. Sebagai orang tua sebaiknya pahami keinginan anak dengan cara membuat anak lebih terbuka kepada orang tua.

4. Mudah Tersinggung

Salah satu tanda awal anak introvert yaitu bisa jadi jika anak mudah tersinggung dan menutup diri atas ucapan atau kata-kata orang lain tentang dirinya. Karena itu lakukan beberapa cara mengatasi anak yang mudah tersinggung. Karena hal ini dapat menghilangkan sifat anak yang pendiam dan tidak mau berbagi dengan orang lain. Dimana anak jadi lebih terbuka dan tidak susah untuk berbicara pada orang tuanya,

5. Penakut

Anak introvert bisa jadi penakut, namun yang dimaksud yaitu takut untuk mengungkapkan keinginan dan kemauan yang ada pada pikirannya. Karena itu sebaiknya hindari penyebab stres pada anak dan lakukan beberapa cara mengatasi anak penakut supaya lebih terbuka dan berani berbicara dengan orang lain di sekitarnya.

6. Sedikit Teman

Ciri lainnya yaitu jika diperhatikan anak tidak memiliki banyak teman dan hanya itu-itu saja. Karena itu jika tampak beberapa penyebab anak sering dibully bisa saja berarti anak tergolong introvert. Sehingga susah untuk mendapatkan teman dan lebih senang atau memilih untuk melakukan kegiatannya sendiri.

Itulah tadi beberapa ciri-ciri anak introvert yang paling menonjol sejak dini. Jika anak memiliki ciri tersebut sebaiknya segera lakukan beberapa langkah yang tepat untuk cara mengatasinya. Apabila perlu konsultasikan dengan dokter psikologi anak supaya diperoleh jalan keluar yang tepat. Dengan cara mengatasi anak yang susah bersosialisasi, tentunya anak akan lebih terbuka dan tidak pemalu. Sehingga sifat introvert dalam diri anak dapat dihilangkan dan diganti dengan sifat maupun jenis karakter yang lebih positif dan membangun anak.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 22nd, April 2018 / 10:49 Oleh :
Kategori : Karakter