Sponsors Link

Kenali 5 Ciri Anak Cerdas Usia 6 Tahun untuk Buah Hati

Sponsors Link

Pasti tidak ada orang tua yang ingin anaknya tidak berkembang dengan sempurna. Anak yang cerdas dan lincah dalam penyelesaian masalah adalah dambaan setiap orang tua. Dengan kata lain, anak cerdas adalah suatu hal istimewa bagi orang tua. Untuk mengetahui kecerdasan pada anak sebenarnya sudah dapat diketahui melalui ciri-ciri anak cerdas sejak bayi. Tentunya yang diharapkan adalah cerdas bukan hanya dalam hal akademiknya saja, tetapi secara psikologis dan sosialnya. Ini merupakan bentuk kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan karakter untuk anak. Jadi tidak semua hal hanya diukur dari aspek akademis saja. Pada usia 6 tahun, orang tua dapat melihat tingkat kecerdasan anak. Berikut adalah beberapa ciri anak cerdas usia 6 tahun yang dapat Anda perhatikan pada anak Anda:

ads

1. Anak Mampu Mengumpulkan Informasi secara Detail

Salah satu ciri anak cerdas usia 6 tahun adalah kemampuannya untuk mengumpulkan informasi sedetail mungkin. Kemampuan ini akan semakin terlihat ketika mereka mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang mereka sukai. Mereka akan semangat untuk belajar terutama pada bidang-bidang tertentu. Selain mengumpulkan informasi, anak cerdas usia 6 tahun juga dapat menceritakan tentang hal-hal yang ia alami. Ia dapat bercerita tentang berbagai hal yang ia alami secara fasih dan mendetail, misalnya ketika ia bermain atau liburan bersama keluarga.

Baca: pentingnya bermain untuk pertumbuhan anak – manfaat liburan untuk anak – manfaat bermain untuk anak usia dini

2. Anak Mampu Berkonsentrasi

Anak usia 6 tahun pada umumnya sudah masuk ke dunia sekolah. Ketika di kelas, anak yang cerdas akan mampu untuk berkonsentrasi dengan baik. Dampak baik dari kemampuan ini adalah anak dapat lebih perhatian kepada materi yang diberikan di sekolah. Kemampuan ini juga merupakan hasil dari konsumsi berbagai jenis makanan terbaik untuk otak anak. Dampak selanjutnya adalah hasil akademiknya meningkat dan bahkan melebihi teman-temannya. Kemampuan berkonsentrasi ini akan bermanfaat juga bagi anak ketika melakukan kegiatan lain di luar kegiatan sekolah.

Baca:  bahaya makanan cepat saji untuk kesehatan anakmakanan sehat untuk tumbuh kembang anakmakanan terbaik untuk bayi – manfaat asi eksklusif untuk bayi – ciri-ciri anak cerdas sejak bayi

3. Anak Mempunyai Kosakata yang Kaya

Anak usia 6 tahun tentunya sudah memiliki kosakata yang mumpuni. Namun hal ini berbeda untuk anak cerdas usia 6 tahun. Kosakata yang ia miliki melebihi kosakata yang dimiliki anak usia 6 tahun pada umumnya. Bukan hanya kosakata, anak cerdas pada usia 6 tahun juga mampu membuat kalimatnya sendiri. Kemampuan anak dalam bidang ini sangat melebihi kemampuan rata-rata anak di usianya. Ketika anak kaya akan kosakata, cara mudah mengajar anak membaca tidak akan terlalu diperlukan.

Baca: cara mendidik anak usia 1 tahuncara mendidik anak usia 2 tahun – cara mendidik anak usia 5 tahuncara mudah mengajar anak yang malas belajarpentingnya pendidikan karakter untuk anak –  cara bijak menasehati anak balita – cara mengatasi anak yang agresif

4. Memori Anak Bagus

Ciri lain anak cerdas usia 6 tahun yang lain adalah memori anak yang tergolong bagus. Anak ini mampu mengingat hal-hal baru yang ia pelajari baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Bahkan kemampuan mengingat ini bisa terjadi untuk peristiwa yang sudah lama terjadi. Misalkan, anak usia 6 tahun mampu menceritakan pengalamannya ketika masih berusia 3 tahun. Anak dengan kemampuan luar biasa ini harus dididik dengan cara yang benar. Pengembangan memori anak dapat melalui penerapan cara melatih otak kanan anak.

5. Peduli dengan Orang Lain

Anak usia 6 tahun yang cerdas mulai mampu menunjukkan kepeduliannya terhadap orang lain dan lingkungan di sekitarnya. Misalnya ketika ia mempunyai makanan, ia mau berbagi kepada teman-teman sepermainannya. Ia juga mau berbagi untuk semua mainan yang ia miliki. Anak dengan kecerdasan tinggi akan melakukan semua kepedulian ini secara spontan, bukan karena diminta oleh orang tuanya. Ini adalah salah satu ciri anak usia 6 tahun yang cerdas bukan hanya dalam aspek akademisnya, tetapi dalam kehidupan sosialnya.

Baca:  dampak buruk orang tua bertengkar di depan anak  – dampak buruk sering membandingkan anak dengan anak lain

Setiap anak mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Tidak semua anak tumbuh dengan kecerdasan yang sama. Memang akan sangat membanggakan mempunyai anak yang cerdas. Tapi tentunya setiap orang tua akan menerima setiap keadaan anaknya. Mempunyai anak yang cerdas juga menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang tua. Hal ini karena perlakukan kepada anak yang cerdas tidak sama dengan anak pada umumnya. Setiap orang tua harus mengetahui kecenderungan bakat anaknya untuk mempersiapkan masa depan anaknya yang cemerlang.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Saturday 11th, November 2017 / 16:13 Oleh :