Sponsors Link

5 Cara Pengobatan Hidrosefalus pada Anak Paling Efektif

Sponsors Link

Penyakit hidrosefalus adalah salah satu penyakit yang membutuhkan perlakuan intensif dalam cara pengobatan hidrosefalus pada anak. Karena ciri-ciri gangguan saraf pada bayi dan anak ini membutuhkan perawatan yang intens dan berkala untuk mencegah timbulnya efek yang lebih berbahaya pada anak. Oleh sebab itu banyak tenaga medis yang menganjurkan perawatan dan pengobatan medis yang teratur untuk mencapai kesembuhan maksimal. Namun seringkali penderita dan keluarganya sangat awam akan hal tersebut. Sehingga seringkali kurang paham akan cara pengobatan hidrosefalus pada anak yang paling efektif. Untuk menangani hal tersebut, berikut ini beberapa penjelasan tentang cara pengobatan hidrosefalus pada anak yang paling efektif:

1. Pengobatan Herbal

Salah satu alternatif terbaik dalam mengobati ciri-ciri hidrosefalus pada anak yaitu dengan melakukan pengobatan herbal. Selain memiliki manfaat yang maksimal, pengobatan herbal juga lebih minim efek samping. Sehingga resiko efek samping dapat dihindari, seperti misalnya efek alergi reaksi obat maupun demam dan mual muntah akibat reaksi negatif pengobatan medis. Namun demikian, memang hingga saat ini tidak ada pengobatan herbal yang terbukti efektif dalam menangani penyakit hidrosefalus. Umumnya pengobatan herbal dapat bervariasi efeknya pada tiap anak. Sehingga kecocokan obat herbal pada tiap anak bisa jadi berbeda. Hanya saja untuk mencoba penyembuhan hidrosefalus dengan cara yang paling aman, pengobatan herbal dapat menjadi pilihan pertama yang dituju.

2. Terapi Tumbuh Kembang

Pada penderita penyebab hidrosefalus pada anak, maka permasalahan utama yang dihadapi yaitu masalah tumbuh kembang anak. Termasuk lambat dalam berpikir, berjalan maupun berbicara. Beberapa hal tersebut akan memperlambat tumbuh kembang anak dan membuat proses pertumbuhan menjadi tidak optimal. Oleh sebab itu sebaiknya berikan terapi yang sesuai dan efektif pada penderita. Contohnya terapi untuk anak terlambat bicara yang efektif. Supaya anak dapat tetap bertumbuh dengan maksimal sekalipun mengidap hidrosefalus.

3. Pengobatan Medis

Pengobatan selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan pengobatan medis dari dokter. Tentu sebaiknya konsultasikan pada dokter tentang dosis maupun efek samping obat pada anak-anak. Misalnya memastikan amankah antibiotik untuk bayi yang mengidap hidrosefalus. Karena hal tersebut akan menimbulkan efek pada fungsi tubuh anak. Bisa jadi anak alergi terhadap komposisi obat atau merasa mual karena tidak cocok dengan kandungan yang terdapat dalam obat.

4. Pemasangan Alat

Jika berbagai macam pengobatan tidak memberikan hasil yang maksimal, maka selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pemasangan alat. Umumnya alat yang dipasang yaitu berupa shunt yang berfungsi mengendalikan cairan dalam otak anak. Untuk mengimbangi kondisi kesehatan anak, sebaiknya berikan manfaat buah untuk anak dan manfaat sayuran untuk anak agar proses pengendalian cairan otak dengan alat dapat lebih optimal.

5. Operasi

Jika cara-cara di atas tidak maksimal, maka langkah terakhir umumnya dengan melakukan operasi berupa penyedotan cairan otak dan mengontrol tekanan pada otak. Tentunya ini juga bukan tanpa resiko. Karena itu pastikan untuk bertanya dahulu pada dokter sebelum memutuskan untuk melakukan operasi.

Demikian penjelasan singkat tentang cara pengobatan hidrosefalus pada anak. Apapun metode pengobatan yang dipilih, pastikan untuk telah memikirkan sisi positif dan negatifnya terlebih dahulu. Sehingga anak dapat segera sembuh dan terhindar dari efek samping pengobatan yang kurang baik. Dengan demikian maka tumbuh kembang serta kesehatan anak akan tetap terjaga secara optimal. Sehingga kemungkinan mengalami komplikasi lanjutan dari jenis-jenis hidrosefalus pada anak dapat dihindari.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , ,
Post Date: Saturday 10th, March 2018 / 05:32 Oleh :
Kategori : Hidrosefalus