Sponsors Link

6 Cara Pengobatan Barotrauma pada Anak Paling Umum

Sponsors Link

Cara pengobatan barotrauma pada anak dapat dilakukan dengan berbagai hal. Beberapa tips tentunya dapat diajarkan oleh orang tua pada anak terutama saat anak hendak bepergian dengan menggunakan pesawat. Dengan beberapa teknik yang diajarkan oleh orang tua maka diharapkan agar anak dapat mengatasi gangguan penyebab dan gejala barotrauma pada anak. Selain itu orang tua dapat membawa anak ke dokter untuk memeriksakan keadaannya. Sebab bisa saja kondisi barotrauma yang dialami oleh anak menimbulkan komplikasi pada indera pendengaran anak. Dalam hal ini hanya dokter yang dapat melakukan penanganan pada anak sehingga gangguan barotrauma dapat disembuhkan. Adapun berikut ini beberapa cara pengobatan barotrauma pada anak mulai dari penanganan yang dapat dilakukan sendiri secara mandiri sampai dengan pengobatan yang akan dilakukan oleh dokter pada pasien anak.

1. Menjaga diri saat naik pesawat.

Beberapa tindakan dapat dilakukan oleh anak saat berada di tempat ketinggian misalnya dengan menguap. Menguap dapat membuka tuba eustachius sehingga gejala barotrauma yang dialami anak dapat berkurang dan mereda. Selain itu anak diusahakan agar tidak sampai tertidur saat pesawat akan mendarat agar anak dapat menelan demi memastikan udara yang masuk ke dalam telinga bagian tengah. Untuk mengurangi gejala barotrauma saat pesawat akan mendarat tentunya anak juga bisa mengunyah permen karet sehingga udara mengalir ke tuba eustachius. Anak juga bisa menarik napas lalu mengeluarkan udara secara perlahan dengan menutup mulut dan hidung saat pesawat mendarat. Sedangkan untuk melakukan penanganan pada bayi hendaknya bayi diberikan manfaat asi eksklusif untuk bayi agar bayi terdorong untuk menelan minumannya saat pesawat akan mendarat.

2. Mengonsumsi obat-obatan sesuai resep dokter.

Bila anak yang menderita barotrauma diperiksakan ke dokter maka dokter akan memberikan resep obat pada anak tersebut. Obat yang diresepkan umumnya berupa obat anti inflamasi non steroid misalnya seperti ibuprofen, naxproxen, atau analgesik lainnya. Obat-obatan jenis ini bertujuan untuk cara mengatasi infeksi telinga pada anak. Selain itu dokter juga akan memberikan obat dekongestan dan anti histamin atau obat tetes telinga pada anak dengan tujuan untuk menghindari terjadinya penyumbatan pada tuba eustachius. Obat ini sebenarnya juga bisa digunakan oleh anak untuk meredakan nyeri saat naik pesawat.

3. Menjalani tindakan operasi.

Prosedur operasi akan disarankan dan dilakukan oleh dokter pada pasien anak yang mengalami barotrauma kronis. Melalui prosedur ini dokter akan memasang silinder kecil selama 6 hingga 12 bulan di dalam gendang telinga untuk menstimulasi aliran udara agar dapat menuju ke telinga bagian tengah.

4. Berolahraga

Menjaga ketahanan tubuh adalah faktor yang juga cukup penting. Karena itu sebaiknya biasakan mengenalkan macam-macam olahraga terbaik untuk anak. Dengan demikian hal ini dapat membantu supaya anak tidak mudah terserang penyakit tersebut.

5. Nutrisi Penting

Berikan juga makanan sumber vitamin B6 untuk anak yang mengandung beragam nutrisi penting untuk pertumbuhan mereka. Sehingga anak terhindar dari resiko gangguan pendengaran atau infeksi lanjutan lainnya.

6. Buah Dan Sayur

Tak lupa juga pentingnya manfaat buah untuk anak dan sayur untuk menguatkan daya tahan tubuh. Sehingga anak tidak mudah infeksi dan tidak terganggu oleh resiko mengalami barotrauma.

Cara pengobatan barotrauma pada anak dapat dilakukan secara mandiri oleh anak. Selain itu pengobatan barotrauma juga dapat dilakukan oleh tenaga ahli yaitu dokter. Dengan melakukan pencegahan maka diharapkan agar barotrauma tidak sampai terjadi pada anak. Sehingga tidak mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari anak.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 12th, August 2018 / 05:37 Oleh :
Kategori : Kesehatan