Sponsors Link

4 Cara Merawat Bayi Kembar Supaya Berhasil

Sponsors Link

Cara merawat bayi kembar sebenarnya tidak terlalu susah. Hanya saja ibu perlu merawat bayi kembar dengan bersabar dan teliti. Mempunyai bayi kembar memang menyenangkan walaupun terkadang akan terasa melelahkan bagi ibu. Namun merawat bayi kembar tentu akan menjadi lebih mudah bila ibu mengetahui caranya. Berikut beberapa hal atau usaha yang dapat dilakukan sebagai cara merawat bayi kembar yang antara lain sebagai berikut.

1. Menidurkan bayi kembar.

Bayi kembar terkadang memiliki pola tidur anak sesuai usianya yang sama namun terkadang juga memiliki jam tidur yang berbeda. Bayi baru lahir umumnya lebih banyak tidur sehingga hal ini tidak bergitu menyusahkan bagi ibu. Namun saat mulai besar biasanya jam tidur bayi semakin berkurang dikarenakan semakin meningkatnya aktivitas bayi. Ibu sebaiknya membiasakan bayi memiliki jam tidur yang sama agar ibutidak kerepotan saat harus menidurkan bayi-bayinya. Bila bayi bangun maka kedua bayi akan bangun pada jam yang bersamaan. Posisi tidur bayi yang baik sebaiknya juga diperhatikan agar bayi dapat tidur dengan pulas.

2. Memandikan bayi kembar.

Cara memandikan bayi baru lahir terutama bayi kembar sebaiknya dilakukan dengan tenang dan perasaan yang senang agar ibu tidak menjadi stres. Ibu bisa memandikan bayi secara bergantian dan bukan secara bersamaan. Dengan memandikan bayi secara bergantian maka ibu dapat menaruh perhatian dan konsentrasi secara penuh pada salah satu bayi yang sedang dimandikan. Pada saat memberikan manfaat mandi air dingin untuk bayi dan anak pada salah satu bayi sebaiknya bayi yang lain dijauhkan. Ibu bisa meminta bantuan orang lain untuk menjaga bayi yang sedang tidak dimandikan. Hal ini sebaiknya terus dilakukan sampai saat bayi sudah mulai bisa menegakkan kepalanya. Jika kedua bayi sudah bisa menegakkan kepala maka hal ini berarti bahwa kedua bayi siap dan sudah bisa dimandikan secara bersama-sama.

3. Menyusui bayi kembar.

Bayi tentu membutuhkan asupan manfaat ASI eksklusif untuk bayi. Ibu bisa memberikan ASI pada bayi kembar secara bersamaan atau bergantian. Namun menyusui secara bergantian tentunya bisa membuat ibu menjadi lebih leluasa dalam menyusui. Pemberian ASI secara bergantian akan membuat ibu menjadi lebih berkonsentrasi pada masing-masing bayi. Ibu juga bisa mengatur seberapa banyak ASI yang dibutuhkan oleh bayi sebab terkadang kemampuan perut bayi dalam minum ASI atau manfaat susu formula bagi bayi tidaklah sama. Demikian juga pada saat memberi susu formula pada bayi kembar. Ibu bisa memberikan susu dalam botol pada kedua bayi secara bersamaan atau secara bergantian. Ini semua tergantung pada kemampuan ibu serta kebutuhan masing-masing bayi.

4. Mengajak bayi kembar bepergian.

Saat mengajak bayi kembar bepergian sebaiknya ibu mengajak beberapa orang atau keluarga dekat agar dapat membantu mengasuh bayi. Jika tidak maka ibu dapat menyiapkan stroller untuk kedua bayi agar kedua bayi tersebut dapat lebih mudah dibawa. Selain itu stroller dapat mengurangi beban ibu. Sebab dengan adanya stroller maka ibu tak perlu lagi manfaat menggendong bayi. Saat hendak bepergian sebaiknya ibu terlebih dahulu memastikan segala perlengkapan bayi. Perlengkapan bayi harus disiapkan selengkap mungkin agar tidak menyusahkan.

Cara merawat bayi kembar pada dasarnya dapat dilakukan secara bersamaan atau bergantian. Kondisi ini bergantung pada kesiapan ibu. Jika ibu merasa kewalahan maka mintalah bantuan pada pasangan atau keluarga atau pengasuh untuk merawat bayi secara bergantian. Hal ini tentunya akan meringankan bagi ibu dan memudahkan pekerjaan ibu.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Post Date: Sunday 03rd, June 2018 / 16:36 Oleh :
Kategori : Parenting