Sponsors Link

6 Cara Menumbuhkan Rasa Empati pada Anak yang Terbukti Efektif

Sponsors Link

Dalam mendidik anak dan membentuk karakternya sebaiknya dimulai sejak anak masih kecil atau balita. Semakin dini kita menanamkan sifat yang baik maka akan semakin mudah pula sifat tersebut melekat pada diri anak. Salah satu sikap yang perlu untuk diajarkan pada anak adalah dengan menanamkan rasa empati sejak kecil. Empati membuat anak menjadi lebih peduli, dan pada akhirnya anak akan mendapat banyak teman serta disukai oleh orang-orang di sekitarnya. Pentingnya pendidikan karakter untuk anak dapat menjadi bekal baginya hingga usianya dewasa. Karena itu cara mengenali karakter anak perlu diketahui orang tua, agar anak lebih mudah diarahkan untuk dapat bersikap baik seperti misalnya berempati dengan orang lain. Berikut ini merupakan cara menanamkan nilai moral pada anak seperti cara menumbuhkan rasa empati pada anak yang bisa dilakukan orang tua.

ads

1. Memberikan Contoh

Cara paling mudah untuk menanamkan rasa empati pada anak adalah dengan memberikan contoh secara langsung. Secara naluri, anak akan lebih mudah melakukan sesuatu yang juga dilakukan oleh orang tuanya. Karena itu orang tua dapat memulainya dari diri sendiri dan mengajak anak untuk ikut berempati. Misalnya, ada tetangga yang mengalami kecelakaan dan dirawat di rumah sakit, orang tua dapat mengajak anak untuk ikut menjenguk. Ajak anak untuk berdiskusi, dan memintanya untuk membayangkan, jika saja ia yang sakit dan tidak ada yang menjenguk tentu rasanya akan sangat sedih.

2. Sopan Santun dan Ucapan Terima Kasih

Anak juga bisa diajarkan untuk berempati dengan sering mengucapkan terima kasih dan berperilaku sopan santun dimanapun ia berada. Pentingnya sopan santun pada anak akan menjadikannya lebih peduli dengan orang lain, begitu pula dengan membiasakannya mengucapkan terima kasih. Selain itu ajarkan pula anak cara meminta maaf, dengan cara mudah mendidik anak untuk minta maaf bila ia melakukan kesalahan.

3. Mengajarkan Anak Bentuk Emosi

Anak tidak akan dapat memiliki sikap empati jika dirinya sendiri tidak memahami bagaimana perubahan emosi dan bentuk emosinya sendiri. Karena itu, orang tua sangat perlu untuk memberitahunya bagaimana perasaan saat sedang marah, sedih, senang maupun tersinggung, agar anak lebih memahami karakternya sendiri sehingga dapat memiliki kepedulian lebih terhadap orang lain. Selain itu anak juga perlu diajarkan bagaimana raut wajah seseorang saat mengalami perubahan emosi sehingga anak paham dengan kondisi yang sedang dialami oleh orang lain.

4. Mengajak Anak Mengunjungi Panti Jompo

Agar rasa kepedulian anak semakin tergugah, orang tua dapat mengajak anak untuk mengunjungi panti jompo atau panti asuhan dimana orang-orang yang tinggal di sana kekurangan kasih sayang dan perhatian. Dengan melihat orang-orang tersebut tentu hati anak akan lebih tersentuh sehingga ia lebih peduli dengan keluarga dan orang di sekitarnya. Selain itu, bisa juga membawa anak wisata ke kebun binatang, untuk melihat berbagai satwa yang mungkin dilindungi karena terancam punah.

5. Ajarkan Anak Bersyukur

Setiap nikmat yang dirasakan setiap hari sudah sepantasnya untuk kita syukuri, dan hal ini perlu diajarkan pada anak. Dengan terbiasa bersyukur anak akan lebih peduli dengan orang lain yang mungkin nasibnya tidak sebaik dirinya. Selain itu, mintalah anak untuk memuji sesuatu yang baik dan memang pantas untuk mendapat pujian. Sikap ini nantinya anak membuat anak menjadi lebih menghargai orang lain di manapun ia berada.

6. Mendukung Anak Menjadi Relawan

Menjadi relawan tidak harus selalu dilakukan oleh orang dewasa, anak-anak pun dapat melakukannya yang tentunya disesuaikan dengan kapasitas usia dan kemampuannya. Jika di suatu tempat terdapat bencana alam, orang tua dapat mengajak anak untuk menggalang sumbangan demi meringankan beban orang lain yang menjadi korban bencana tersebut. Dengan begitu anak akan terbiasa menolong orang lain yang kesusahan sehingga rasa empatinya akan semakin kuat.

Itulah cara menanamkan rasa empati pada anak yang bisa dilakukan orang tua. Sebagai pendukung, orang tua dapat melakukan cara meningkatkan rasa percaya diri anak dan cara mengajarkan anak untuk berbagi sehingga lebih mudah menanamkan rasa empati pada anak.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , ,
Post Date: Monday 12th, March 2018 / 07:52 Oleh :
Kategori : Karakter