Sponsors Link

25 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Sponsors Link

Anak sehat adalah anak yang tumbuh kembangnya berjalan dengan baik dan normal sesuai usianya. Namun, sehat saja tidak cukup bukan ? Anak juga harus menjadi manusia yang cerdas dan pintar. Untuk itu anak memerlukan daya ingat yang baik. Seorang ahli memberikan pendapatnya mengenai pengertian daya ingat, yaitu :

Muhibin syah (1999:67) istilah ingatan disebut juga memori yang artinya proses mental yang meliputi pengkodean, penyimpanan, dan pemanggilan kembali informasi dan pengetahuan yang semuanya terpusat dalam otak.

Daya ingat anak adalah kemampuan yang anak miliki untuk mengolah, menyimpan dan memberikan informasi yang sudah diserap otaknya. Otak anak membentuk neuron yang berfungsi sebagai tempat penyimpan informasi yang pernah anak dapatkan. Jika pembentukan neuron dalam otak anak berjalan secara terus menerus dan intensif, maka ini akan membuat daya ingat anak menjadi lebih tajam.

Pada anak berusia kurang dari 3 tahun, maka daya ingatnya akan lebih singkat dan spesifik. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, kita harus mampu menghadapi anak dengan sabar dan tidak bosan untuk mengingatkan anak untuk melakukan hal-hal yang benar. Dan apabila orangtua selalu mengingatkan anak secara intensif, maka hal tersebut akan anak ingat hingga ia memasuki usia pra sekolah bahkan ketika ia sudah dewasa.

Jangan khawatir ketika melihat anak terus menerus lupa dengan apa yang Anda katakan atau perintahkan. Teruslah mengingatkan anak, karena suatu hari anak pasti akan mampu untuk melakukan sesuatu tanpa Anda ingatkan atau perintahkan. Daya ingat anak akan meningkat seiring bertambahnya usia si anak. Untuk itu, orangtua harus selalu mengasah daya ingat anak, dan lakukan sedikit review guna mengetahui sudah berapa besar perkembangan yang sudah anak lakukan.

Pada umumnya, daya ingat manusia dibagi menjadi 2 yaitu, daya ingat mekanis dan logis. Daya ingat mekanis adalah daya ingat yang terekam hanya dari kesan pengindraan. Sedangkan daya ingat logis adalah daya ingat yang terekam hanya dari suatu kesan yang memiliki penyebab atau pengertian. Dan anak-anak masih termasuk dalam daya ingat mekanis, karena mereka hanya mengandalkan kesan penginderaan.

Faktor Penunjang Daya Ingat Yang Kuat Pada Anak

Untuk membuat anak memiliki daya ingat yang baik, ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, diantaranya adalah :

  • Faktor Genetis, adalah faktor bawaan dari lahir, bawaan dari orang tuanya. Jika orang tua memiliki daya ingat yang kuat dan luar biasa, maka tidak menutup kemungkinan jika keturunannya juga memiliki daya ingat yang baik dan kuat pula.
  • Faktor Nutrisi, adalah faktor yang dipengaruhi oleh sumber makanan yang orangtua berikan kepada anak. Berikan makanan yang baik dan sehat seperti 4 sehat 5 sempurna, makanan yang mengandung banyak vitamin/nutrisi, sehingga dapat membantu anak untuk mengoptimalkan daya ingatnya.
  • Faktor Belajar : kurang optimal jika hanya memberikan makanan yang bernutrisi, tapi jika anak tidak mau belajar mengasah kemampuan otaknya untuk mengingat. Belajar adalah hal yang paling penting dalam proses membangun daya ingat yang kuat pada anak. Di sinilah peranan orangtua sangat dibutuhkan, karena kita harus rajin melatih anak untuk mengoptimalkan daya ingatnya.

Kenali anak sebaik mungkin agar kita tahu dan paham tentang apapun mengenai anak kita. Mengasah kemampuan anak adalah tugas orang tua, dan hal tersebut memang harus kita lakukan agar anak memiliki kompeten yang baik.

Cara Mengasah Daya Ingat Balita / Batita

Melatih daya ingat anak dapat disesuaikan dengan usianya. Dibawah ini beberapa cara melatih daya ingat anak untuk usia 3 tahun ke bawah. Beberapa diantaranya :

  1. Ajarkan anak bagaimana cara berkomunikasi dengan baik. Ajaklah anak berbicara dan bercerita tentang apa yang sedang ia lakukan tadi pagi. Dengan begitu anak akan terpancing untuk mengingat aktivitas yang ia lakukan tadi pagi.
  2. Ajarkan anak nama dari hewan atau sayuran menggunakan flash card, hal ini akan sangat membantu dalam mengasah daya ingat si kecil. Anda dapat membuat atau membeli flash card yang memiliki gambar dan warna menarik, dengan menggunakan media ini anak akan lebih terpacu dan bersemangat untuk mengingat.
  3. Ajak anak untuk berolahraga, cara ini cukup efektif untuk mengajarkan berhitung pada anak-anak. Selain belajar berhitung, dengan olahraga tentu akan menyehatkan badan si kecil kan!!
  4. Bermain tebak gambar, cara ini juga efektif untuk di lakukan di rumah. Anda dapat menggunakan gambar warna misalnya dengan menggunakan mainan-mainan yang anak miliki. Dengan begitu anak akan lebih mudah untuk mengingat dalam jangka waktu yang panjang.
  5. Bercerita, selain beberapa hal di atas, bercerita juga dapat membantu melatih daya ingat anak. Lakukan latihan ini ketika anak akan tidur dan setelah bangun tidur. Sebelum tidur, Anda bisa menceritakan dongeng pada anak. Dan ketika anak bangun, Anda dapat memancing anak untuk menceritakan ulang cerita yang ia dengar semalam. Dengan demikian tanpa anak sadari, dia telah mencoba untuk melatih daya ingatnya dengan meceritakan ulang apa yang ia dengar semalam.

Cara Mengasah Daya Ingat Anak Prasekolah

Setelah beberapa cara diatas yang bisa juga diterapkan untuk anak pra sekolah, di bawah ini beberapa cara yang lebih spesifik untuk anak pra sekolah, yaitu :

  • Ajaklah anak berbicara ketika mereka pulang sekolah atau seusai melakukan kegiatan. Anda bisa bertanya tentang apa yang anak lakukan disana dan siapa saja yang sedang bersamanya saat disana. Berikan pertanyaan yang mudah anak jawab, agar dia tidak merasa kesulitan dalam menjelaskan.
  • Ajak anak untuk menata buku sebelum tidur, dengan begitu anak akan melihat jadwal pelajarannya setiap hari dan hal terbut dapat membantu anak untuk merekam jadwal apa saja yang harus ia masukkan kedalam tas setiap harinya.
  • Ikutkan anak dalam les musik dan menari, dengan mengikutsertakan anak dalam les tersebut, maka daya ingat anak akan sering terasah dan memori anak akan lebih banyak dan luas.
  • Membaca doa, ketika akan makan, mau tidur dan sebagainya, biasakan anak membaca doa. Dengan mengajak anak membaca doa, dapat membuat daya ingat anak lebih terasah dan lebih lama pula anak akan mengingatnya.
  • Belajar bersama, belajar bersama tidak harus dilakukan anak dengan teman-temannya saja. Orangtua juga dapat mengajak anak untuk belajar bersama, selain itu dapat meningkatkan ikatan atau bonding antara anak dengan orangtua. Disini orangtua dapat mengulas pelajaran apa saja yang ia dapatkan di sekolah, dengan begitu anak akan lebih terpacu untuk mengingat informasi apa saja yang ia dapat di kelasnya.

Memperhatikan anak dalam setiap proses dan tahap tumbuh kembang nya adalah suatu kewajiban bagi kita. Berikan stimulasi yang baik agar anak tidak merasa terpaksa dan nyaman ketika kita mengajaknya untuk mengulas sesuatu. Jangan mencela apabila anak melakukan kesalahan dalam mengulas apa yang dia ingat. Berikut tips yang bisa dilakukan untuk mengasah daya ingat anak.


Tips Untuk Mengasah Daya Ingat Pada Anak

  1. Tentukan waktu yang tepat untuk belajar : Gunakanlah waktu semaksimal mungkin dan tentukan waktu belajar yang tepat untuk anak. Karena jika anak belajar pada waktu yang kurang tepat, maka hal ini dapat membuat anak merasa tidak nyaman dan tergesa-gesa.
  2. Jangan mencela ketika anak melakukan kesalahan ketika mencoba mengingat : Jika anak melakukan kesalahan saat mengingat, jangan pernah emosi dan langsung meluapkan amarah kita padanya. Berikan saja kode tangan atau suara yang mengartikan bahwa dia salah.
  3. Jangan biarkan diri kita emosi ketika anak gagal mengingat : Banyak sebagian orangtua merasa stress ketika mengajari anak, dan tersebut berakhir dengan emosi yang meluap-luap. Lebih baik berikanlah stimulasi dengan memberikan kode pada anak, dengan begitu ingatan anak akan lebih terpancing daripada harus marah-marah.
  4. Berikan perhatian lebih ketika anak berusaha untuk menceritakan apa yang dia ingat : Jika anak sedang menceritakan apa yang dia ingat, coba berusaha untuk tidak mencelanya. Jika ada kesalahan pada anak, biarkan dulu sampai anak menyelesaikan ceritanya, lalu barulah memperbaikinya dengan penuh kesabaran.
  5. Berikan media yang menarik pada anak untuk belajar : Anak tidak suka hal yang monoton, dan anak suka hal-hal yang menarik. Oleh sebab itu berikan media belajar yang menarik bagi anak, dengan begitu anak akan lebih mudah dalam mengasah dan mengembangkan daya ingatnya.
  6. Berikan anak dukungan atau motivasi : Semua orangtua tentunya ingin memiliki anak dengan daya ingat yang baik. Tapi percuma saja jika kita tidak termotivasi atau memotivasi anak untuk mengasah daya ingatnya. Tunjukkan dukungan Anda dengan ikut belajar bersama anak.

Faktor Penguat Daya Ingat Anak

  • Makanan bernutrisi.
  • Lingkungan sekitar anak.
  • Tidur yang cukup dan sesuai dengan waktu ( 10 – 12 jam ).
  • Memberikan latihan pada anak.
  • Menulis.
  • Mendengarkan.
  • Menyampaikan ulang informasi.
  • Membaca dan lain sebagainya.

Faktor Yang Menyebabkan Penurunan Daya Ingat Anak

  1. Anak kurang istirahat : Istirahat dapat membantu anak untuk mengoptimalkan daya ingatnya setiap hari.
  2. Kurang mengonsumsi makanan bernutrisi : terkadang anak-anak memang sulit sekali makan sayur, tapi cobalah untuk membuat menu dan tampilan baru, agar anak tertarik dengan sayuran.
  3. Jarang mengasah daya ingat : daya ingat anak bisa melemah jika kita tidak memberikan stimulasi atau mengasah ingatanya. Bahkan yang lebih parah anak akan lupa dengan informasi apa yang ia dapatkan.
  4. Kurang memotivasi anak : terkadang anak tidak mau berlatih bukan karena lelah setelah melakukan aktivitas. Tapi anak merasa malas karena tidak adanya dukungan atau motivasi dari orang tuanya, sehingga dia berpikir bahwa anda tidak memperdulikan apakah yang dia ingat dan apa yang tidak dia ingat. Oleh sebab itu, tunjukan perhatian pada anak, agar dia terpacu untuk selalu melakukan latihan.
  5. Tubuh yang kurang sehat : kesehatan adalah hal yang penting, jagalah kesehatan anak sebaik mungkin. Karena apabila kesehatan anak manurun, maka akan menurun juga daya ingatnya ( daya ingat terganggu / melemah )

Kinerja daya otak anak tergantung pada kondisi kesehatan otak dan syaraf dalam tubuhnya. Otak anak bagaikan mesin pengingat alami yang tidak bisa dibuat oleh ilmuan manapun. Otak anak akan merekam dan menyimpan segala sesuatu yang ia dengar dan lihat dalam memorinya, oleh sebab itulah anak mampu untuk mengingat segala hal yang terjadi padanya. Kinerja pada otak sangat dipengaruhi oleh hormon, aliran darah dan oksigen dalam tubuh, sehingga dengan lancarnya tiga aspek tersebut maka daya ingat akan berjalan secara optimal.

Mengasah kemampuan daya ingat anak saja tidak, karena daya ingat anak sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang diserap oleh tubuhnya. Perhatiankan makanan anak, pilihlah makanan yang bergizi, memiliki vitamin dan kadar serat. Pemilihan makanan yang sesuai dengan kebutuhan nya juga menjadi faktor penting dalam membangun daya ingat pada anak.

Makanan Yang Meningkatkan Daya Ingat Pada Anak

  1. Kacang Almond

Kacang almond mampu untuk meningkatkan daya ingat pada anak. Kacang yang satu ini memiliki asam lemak esensial omega 3 yang baik untuk menutrisi otak anak, selain itu kacang almond juga memiliki kadar antioksidan sehingga membuat anak terhindar dari zat berbahaya. Cara memanfaatkannya dapat dengan membuat kue menggunakan topping kacang almond, selain itu dapat juga menggantikan cemilan anak dengan kacang almond.

  1. Sayuran Hijau

Memberikan sayuran, terutama sayuran hijau kepada anak setiap hari tentu sangat baik. Selain bagus sebagai serat, sayuran hijau banyak mengandung vitamin, zat besi dan folat. Vitamin E dan zat besi yang ada dalam sayuran hijau mampu meminimalisir adanya radikal bebas dalam otak. Sayuran hijau jika di konsumsi secara aktif, dapat mencegah penurunan daya ingat atau memori anak.

  1. Minyak Ikan Kod

Minyak ikan kod kini sudah dijual bebas di pasaran, tentu mudah sekali untuk mendapatkannya. Minyak ikan kod sangat bermanfaat bagi otak anak, karena minyak ikan kod memliki kandungan DHA yang mampu mencegah adanya plak atau kerusakan pada otak yang mengakibatkan munculnya penyakit Alzheimer pada anak.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah ikan yang super istimewa. Ikan ini menganddung lemak omega 3, vitamin D dan mineral selenium yang mampu mendukung kinerja otak anak. Ikan salmon merupakan ikan yang sangat direkomendasikan oleh ahli gizi dan dokter anak, karena ikan ini sangat baik untuk pertumbuhan otak anak.

  1. Ikan Sarden

Ikan yang satu ini juga mudah ditemukan di supermarket atau pasar. Ikan sarden mengandung selenium yang baik untuk anak, selenium dalam ikan sarden berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang akan masuk ke tubuh atau otak anak. Oleh sebab itu ikan sarden, sangat disarankan untuk anak yang masih dalam proses pertumbuhan.

  1. Gandum

Bahan makanan pokok satu ini merupakan sumber karbohidrat yang tidak hanya tinggi serat, tetapi juga mengandung vitamin B12 yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.

  1. Berry

Semua kelompok berry, baik itu stroberi, blueberi atau cerry, semuanya baik untuk kecerdasan otak, karena mengandung vitamin dan tinggi anti oksidan. Selain itu baik juga untuk menangkal penyakit kanker.

  1. Telur

Telur sudah tak asing lagi dalam keseharian kita bukan? Kandungan proteinnya yang tinggi, membantu proses otak untuk berpikir dan mengingat. Sehingga tak perlu ragu lagi dalam asupan gizi untuk perkembangan otak anak.

  1. Susu

Selain tinggi kalsium, susu juga mengandung vitamin D yang dibutuhkan otak. Kandungan vitamin dalam susu ternyata mampu untuk meningkatkan daya ingat seseorang.

  1. ASI

Kandungan nutrisi dalam ASI tak usah diragukan lagi manfaatnya. Bukan hanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak, ASI juga sangat baik untuk perkembangan otak anak.

  1. Yogurt

Yogurt terkenal dengan minuman prebiotik yang baik untuk pencernaan. Disamping itu ternyata yogurt juga sangat baik untuk mencerdaskan otak anak. Menurut penelitian, kandungan mikroflora yang ada di dalam yogurt berpengaruh dalam meningkatkan produktivitas otak.

  1. Oat

Oat tak hanya baik untuk jantung, tetapi kandungan vitamin B dan E serta seng dan potesium, merupakan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak.

  1. Minyak Kelapa

Selain diyakini untuk mencegah penurunan fungsi otak, minyak kelapa juga diyakini mampu untuk meningkatkan kerja otak.

  1. Olahraga

Dengan tubuh yang sehat, tentunya otak pun akan sehat pula. dengan berolahraga, aliran oksigen dan darah ke otak menjadi lancar dan baik, sehingga berpengaruh besar dalam meningkatkan kemampuan otak untuk bekerja dalam berpikir ataupun mengingat.

Makanan yang mampu meningkatkan daya ingat anak tidak hanya beberapa macam yang diuraikan diatas. Ada beberapa macam makanan lain yang juga dapat meningkatkan daya ingat pada anak, yaitu :

  • Brokoli
  • Madu
  • Jintan Hitam
  • Tomat
  • Brokoli
  • Kubis ungu
  • Minyak kelapa
  • Biji chia
  • Quinoa
  • Ginko biloba
  • Rosemary

Menyiapkan anak-anak untuk menjadi generasi yang mapan dan kuat di masa mendatang, bukan hanya dengan tubuh yang sehat dan kuat saja, tetapi memberikan nutrisi untuk otaknya juga penting.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Thursday 12th, January 2017 / 04:40 Oleh :
Kategori : Parenting