Sponsors Link

10 Cara Menidurkan Bayi supaya Tidur Nyenyak

Sponsors Link

Cara menidurkan bayi dapat dilakukan saat kualitas tidur bayi mulai terganggu. Sebab kualitas tidur bayi ternyata berpengaruh pada aktivitas dan kesehatan bayi. Bayi yang tidak dapat tidur dengan nayman dan pulas biasanya akan menjadi salah satu penyebab bayi rewel dan cengeng. Namun beberapa ibu mungkin merasa kesulitan saat menidurkan bayi karena adanya berbagai faktor. Berikut beberapa cara menidurkan bayi yang paling efektif.

1. Hindari kontak mata dengan bayi.

Kontak mata yang dilakukan oleh ibu pada anak memang dapat meningkatkan ikatan batin. Namun sebenarnya cara ini bisa mengurangi rasa kantuk yang dialami oleh bayi. Sebab kontak mata bisa mengembangkan daya visual dari mata hingga ke otak. Jadi biarkan mata bayi memandang ke arahyang mereka senangi agar cepar mengantuk dan tidur.

2. Mandikan bayi.

Manfaat mandi air hangat untuk bayi bisa menghilangkan keringat bayi. Hilangnya keringat akan membuat bayi merasa lebih nyaman dan tidak gatal-gatal. Kondisi nyaman ini bisa membuat bayi menjadi nyaman dan cepat tidur.

3. Ibu ikut tidur bersama bayi.

Bayi yang tidur bersama ibunya akan memiliki kualitas tidur yang baik. Bayi secara otomatis akan merasa lebih tenang saat tidur bersama ibunya.

4. Memberikan ASI atau susu formula.

ASI atau manfaat susu formula bagi bayi merupakan minuman yang sangat disuka dan dinikmati oleh bayi. Bayi akan menjadi lebih cepat tidur jika ia merasa tenang. Ketenangan bisa diperoleh bayi salah satunya saat ia merasa kenyang karena minum ASI atau susu formula.

5. Membedong bayi.

Membedong bayi dengan cara yang tepat akan membuat bayi merasa hangat, tenang, dan nyaman. Dengan berada dalam kain bedongan maka bayi akan lebih cepat tidur. Namun saat membedong bayi hendaknya jangan sampai menutup wajahnya dan jangan sampai membuat bayi mengalami penyebab sesak nafas pada bayi.

6. Menenangkan bayi.

Menenangkan bayi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan memegang perutnya secara halus, membelai kepala bayi secara perlahan, dan masih banyak cara lainnya yang dapat dilakukan ibu pada bayinya. Ibu tentunya lebih tahu bagaimana cara membuat bayinya agar merasa tenang.

7. Menepuk pantat bayi secara perlahan.

Bila bayi susah tidur maka tepuklah dengan lembut bagian pantat bayi. Bayi umumnya cepat mengantuk setelah pantatnya ditepuk dengan perlahan. Bayi akan mengikuti irama tepukan dan kemudian lambat laun ia akan tertidur.

8. Menggendong bayi.

Posisi menggendong bayi yang tepat akan membuat bayi menjadi cepat mengantuk. Terutama bila menggendong bayi itu dilakukan sambil sedikit mengayunnya. Dengan digendong maka bayi akan berkurang frekuensi rewelnya dan mudah tertidur.

9. Menidurkan bayi secara tepat waktu.

Bayi yang terlalu lelah umumnya akan mengalami kesulitan untuk tidur. Oleh karena itu sebaiknya tidurkan bayi dengan pola tidur anak sesuai usianya. Dengan demikian maka bayi akan memiliki jam tidur yang teratur.

10. Memijat bayi.

Terkadang bayi sering menggeliat. Hal ini bisa saja dikarenakan otot bayi terasa lemah. Karena itu berikanlah manfaat pijat unutk bayi dan anak yang lembut pada bayi di bagian tubuh tertentu sehingga bayi dapat tidur dengan kualitas yang baik.

Cara menidurkan bayi memang harus diketahui dan dipahami oleh ibu agar bayi dapat tidur dengan pulas. Bila bayi dapat tidur dengan pulas maka tentunya ibu akan senang dan bisa memiliki waktu untuk beristirahat pula.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Saturday 02nd, June 2018 / 12:15 Oleh :
Kategori : Parenting