Sponsors Link

3 Cara Mengobati Tiroid pada Anak Atas Petunjuk Dokter

Sponsors Link

Cara mengobati tiroid pada anak umumnya dilakukan berdasarkan berbagai gejala yang mengikutinya. Berikut ini kami berikan beberapa macam cara dan prosedur pengobatan atau penanganan yang akan dilakukan oleh dokter pada pasien anak penderita penyakit tiroid.

1. Pemberian Obat-Obatan

Selama ini pemberian obat diketahui sebagai cara yang paling efektif untuk diberikan pada seorang pasien termasuk pasien anak penderita penyakit gejala tiroid pada anak. Obat yang diberikan pada pasien penderita penyakit tiroid pada dasarnya berbeda-beda. Sebab pada dasarnya fungsi obat berbeda-beda sehingga pemberian obat harus didasarkan pada penyebab dan gejala yang dialami oleh anak penderita penyakit tiroid. Umumnya obat-obatan diberikan pada pasien dengan gejala hipotiroid agar hormon tiroidnya tidaklah berkurang. Selain itu obat juga diberikan pada kasus hipertiroidisme pada anak agar produksi hormon menurun. Obat-obatan juga cenderung diberikan pada pasien dari penyakit tiroid yang mengalami beberapa macam gejala pada kasus hipertiroidisme. Beberapa gejala tersebut antara lain terjadinya irama jantung yang tidak beraturan sebab detak jantung bisa semakin cepat dan bahkan bisa juga semakin lambat. Selain itu obat-obatan juga akan diberikan pada pasien anak yang mengalami gejala jantung berdebar dan mengarah pada penyakit hipertiroidisme.

2. Terapi Ablasi Iodium Radioaktif

Bila tindakan pengobatan penyakit ciri-ciri hipertiroid pada anak melalui cara pemberian obat sudah tidak dapat memberikan hasil maka dokter akan menganjurkan anak untuk menjalani prosedur terapi ablasi iodium radioaktif. Umumnya terapi ablasi iodium memang dilakukan untuk mengatasi kasus hipertiroidisme yang sudah tidak dapat terkontrol lagi. Dengan kata lain terapi tersebut dianjurkan untuk pasien anak yang mengalami hipertiroidisme dengan tingkat keparahan yang cukup serius dan sudah tidak dapat diatasi lagi dengan obat-obatan. Terapi ini sebenarnya sama dengan obat-obatan yaitu berfungsi untuk menghancurkan sel-sel tiroid. Terapi ini juga bisa dijalani oleh penderita hipotiroid agar hormon tiroid yang kurang di dalam tubuh anak dapat digantikan melalui terapi ini. Selain itu terapi ini juga bisa diberikan pada penderita hipertiroid agar produksi hormon tiroidnya dapat berkurang atau diturunkan. Jadi terapi ablasi iodium ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan pemberian obat-obatan yaitu memulihkan kondisi anak dari gangguan penyakit tiroid yang dialaminya.

3. Prosedur Operasi

Tindakan operasi juga dapat dilakukan pada pasien anak penderita penyakit tiroid untuk memulihkan kondisinya. Umumnya dalam prosedur operasi tersebut dilakukan tindakan pengangkatan kelenjar tiroid atau yang biasa disebut juga dengan istilah tiroidektomi. Metode pengangkatan kelenjar tiroid ini dilakukan dengan tujuan untuk mengangkat kelenjar tiroid yang semakin membesar. Atau bisa juga tindakan ini dilakukan untuk mengangkat benjolan yang terdapat di dalam kelenjar tiroid. Sebab benjolan atau kelenjar yang membesar biasanya berpengaruh pada kondisi fisik dan kesehatan anak. Benjolan dan kelenjar yang membesar di leher anak akan menyebabkan anak mengalami kesulitan berupa jenis gangguan pernapasan pada anak. Selain itu anak juga akan mengalami kesulitan saat menelan makanan ataupun minuman. Akibatnya anak akan kehilangan nafsu makan hingga mengalami penurunan berat badan. Tentu saja pada akhirnya hal ini dapat berakibat munculnya penyakit lain pada anak sehingga anak bisa saja mengalami penyebab gondongan pada anak.

Cara mengobati tiroid pada anak ada berbagai macam. Namun setiap pengobatan yang dijalani sebaiknya merupakan anjuran dari dokter. Sehingga diberikan pengobatan yang paling tepat.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Friday 02nd, November 2018 / 06:40 Oleh :