Sponsors Link

8 Cara Menghentikan Tangisan Bayi dengan Mudah dan Menyenangkan

Sponsors Link

Bayi baru lahir memang lucu dan menyenangkan. Namun, saat bayi menangis hingga lama, orang tua pun merasa cemas. Karena belum mengetahui arti tangisan bayi dan cara menenangkan bayi yang menangis tersebut. Kabar baiknya, Tangisan bayi tidak selalu mengkhawatirkan. Menangis merupakan cara utama bayi berkomunikasi dengan orang lain disekitarnya. Saat menangis, bayi menyampaikan pesan mengenai kondisi atau permasalahan yang dirasakannya. Oleh karena itu, cara menghentikan tangisan bayi paling sederhana adalah dengan menyelesaikan permasalahan yang dirasakan bayi. Umumnya, orang tua akan menghadapi situasi bayi sering mengangis hingga berusia 3 bulan. Hal ini dikarenakan bayi pada rentang usia tersebut sedang meyesuaikan diri dengan kondisi kehidupan di luar rahim ibu. Sehingga, bayi baru lahir mulai merasakan sensasi lapar, haus, dan keinginan untuk buang air. Dan juga bayi mulai berkenalan dengan tekstur, cahaya dan suara yang sama sekali baru bagi dirinya.

Cara Menghentikan Tangisan Bayi.

Para ahli menyebut periode 3 bulan pertama kelahiran bayi, sebagai trimester ke empat. Sebagai kelanjutan 3 trimester pertama kehidupan bayi dalam rahim ibu. Oleh karena itu, membuat bayi dan orang tua lebih nyaman melewati trimester ke empat, orang tua dapat menciptakan situasi dan sensasi yang menyerupai situasi yang dialami bayi saat didalam rahim. Begitu, juga saat mencoba menghentikan tangisan bayi. Berikut ini adalah beberapa cara menghentikan tangisan bayi yang perlu orang tua lakukan.

  1. Periksa kondisi bayi

Karena menangis merupakan komunikasi bayi kepada lingkungannya. Orang tua segera memeriksa kondisi bayi saat si kecil mulai menangis. Bisa jadi, bayi sedang memberi tahu orang tua mengenai situasi yang membutuhkan bantuan anda untuk mengatasi.  Lakukan pemeriksaan ini untuk membantu dia berhenti menangis.

  • Cek popok – bayi sering pipis dan BAB, dan terkadang belum terpola. Sehingga bisa saja terjadi bayi pipis dan bab kembali, meskipun popoknya baru saja diganti. Ganti popok dengan yang kering atau gunakan popok sekali pakai untuk membantunya tidur lebih lelap. Namun, tetap perlu mewaspadai bahaya popok sekali pakai terhadap kesehatan bayi.
  • Cek tubuh – bayi mungkin gatal karena digigit serangga, atau karena pakainnya yang telah basah oleh keringat. Periksa bekas gigitan serangga pada kulit bayi, oleskan minyak telon untuk meringankan gatalnya.
  • Cek suhu kamar – suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, membuat bayi tidak nyaman. Atur suhu AC pada rentang suhu ruangan yang nyaman untuk tidur bayi. Atau pastikan sirkulasi udara baik di ruangan tidurnya.
  1. Berikan makan

Lapar merupakan salah satu penyebab tersering bayi menangis. Orang tua dapat mengatur pola menyusui per periode tertentu. Tidak perlu menunggu bayi terbangun untuk memberikan manfaat asi eksklusif untuk bayi. Sehingga bayi tidak banyak menangis karena terbangun akibat perutnya lapar.

  1. Mengendong bayi

Menggendong merupakan cara menghentikan tangisan bayi yang efektif. Sebab, saat digendong posisi bayi sangat dekat dan rapat dengan dada orang tua. Sehingga bayi dapat mendengar suara detak jantung orang tuanya. bunyi detak jantung tersebut terdengar seperti suara yang akrab di telinga bayi pada tiga trimester pertama. Hal ini dapat membuat bayi merasa tenang. Selain itu, saat mengendong orang tua dapat melakukan kontak mata dengan bayi dan memberikan ciuman dan usapan lembut yang membuatnya merasa nyaman dan tenang.

  1. Bersuara kepada bayi

Saat dalam kandungan, bayi sering mendengar suara panjang yang berbunyi seperti “shhh…” atau “shus…”. coba tirukan suara tersebut dengan tenang dan perlahan, tiruan suara seperti bunyi didalam rahim ibu tersebut cukup ampuh sebagai cara menghentikan tangisan bayi. jika memungkinkan, orang tua dapat menganti dengan suara white noise lainnya, sehingga dapat membuat bayi tenang dan nyaman. Bernyanyi dapat juga dilakukan sebagai cara mengalihkan perhatian bayi dari penyebab bayi menangis.

  1. Membedong bayi

Orang tua dapat membuat bayi merasa hangat dan terdekap seperti dalam rahim dengan melakukan manfaat membedong bayi. Bedong si kecil mengunakan kain yang nyaman dengan baik, jangan terlalu kencang karena meyebabkan bayi tidak nyaman. Agar si kecil terhindar dari bahaya membedong bayi.

  1. Mengayun bayi

Ayunan lembut dengan gerakan yang konstan juga membuat bayi merasa seperti dalam rahim ibunya. Orang tua dapat mengayun sendiri atau mengunakan ayunan untuk memudahkan bayi merasa nyaman. Namun, hati-hati mengayun bayi baru lahir, agar terhindar dari bahaya mengayun bayi keras-keras dan bahaya shaken baby sydnrome pada bayi.

  1. Menghisap

Bayi suka menghisap, sehingga memberikan sesuatu untuk dihisap bayi dapat dilakukan sebagai cara menghentikan tangisan bayi. Sebaiknya langkah ini dilakukan apabila, cara lainnya tidak berhasil membuat bayi berhenti menangis. Bersihkan jari orang tua dan biarkan bayi menghisapnya, jika ingin memberikan empeng, perhatikan bahaya empeng pada bayi yang dapat dihindari, sebelum memutuskan mengunakannya.

  1. Mandi

Sensasi hangatnya air pada kulit bayi dan suara gemericik air membuat bayi menjadi nyaman. Sehingga dengan badan yang lebih segar, bayi menjadi lebih tenang setelah selesai mandi.

Sekarang, orang tua dapat tidak khawatir apabila anak menangis dan rewel. Coba orang tua praktekkan beberapa cara menghentikan tangisan bayi dengan mudah dan menyenangkan ini, untuk mendiamkan tangisan bayi. Orang tua harus melakukannya dengan tenang, agar bayi dapat juga merasa tenang.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Saturday 03rd, March 2018 / 05:35 Oleh :
Kategori : Tumbuh Kembang