Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Radang Gusi pada Anak Paling Ampuh

Sponsors Link

Banyak ibu yang langsung khawatir saat anak-anaknya mengalami radang gusi, karena gangguan kesehatan satu ini dapat membuat anak rewel sekaligus kehilangan selera makan. Gejala radang gusi pada anak memang sering menimbulkan rasa sakit hingga gusi berdarah pada anak, karena itu penyebab radang gusi pada anak perlu diketahui agar lebih mudah untuk mengatasinya. Radang gusi memang tidak boleh dibiarkan karena dapat menjadi penyebab sakit gigi pada anak hingga mengganggu pertumbuhan gigi anak. Untuk menghindari radang gusi, cara mencegah radang gusi pada anak memang perlu dilakukan. Namun jika sudah terlanjur dialami anak, cara mengatasi radang gusi pada anak berikut ini patut dicoba sehingga anak dapat segera terbebas dari radang gusi yang menyakitkan.

1. Rutin Membersihkan Gigi

Membersihkan gigi memang lebih ampuh untuk mencegah radang gusi, namun jika radang gusi muncul perawatan gigi harus dilakukan lebih intensif. Dengan rutin membersihkan gigi seperti menggosok gigi dan membersihkan sela gigi menggunakan benang tentu kesempatan bakteri untuk semakin berkembang akan berkurang sehingga radang gusi bisa segera mereda. Cara merawat gigi anak perlu dilakukan dengan benar untuk mengurangi gesekan yang kuat pada gusi yang sedang meradang.

2. Berikan Kompres

Untuk mengurangi rasa sakit pada radang gusi, ibu bisa mencoba memberikan kompres, bisa menggunakan kasa yang telah direndam air dingin atau sendok yang telah didinginkan. Tempelkan sambil ditekan ringan pada gusi anak agar peradangan mereda dan gusi perlahan akan mengempes. Rasa dingin akan membantu mengurangi rasa sakit sehingga rewel anak akan berkurang.

3. Berikan Makanan Dingin

Selain kompres dingin, makanan dingin pun boleh ibu berikan agar radang gusi dan rasa sakitnya mereda. Makanan seperti buah, yoghurt dan bubur yang dingin bisa diberikan tetapi perhatikan agar anak tidak sampai tersedak saat memakannya. Namun hindari makanan dan minuman yang manis agar anak terhindar dari bahaya makanan terlalu manis bagi tumbuh kembang anak.

4. Oleskan Teething Gel

Teething gel merupakan obat yang mengandung lidocaine untuk mengurangi rasa nyeri. Ibu dapat mengoleskan gel tersebut pada gusi anak sambil ditekan-tekan secara perlahan agar rasa sakit berkurang. Ibu bisa mengoleskannya menggunakan jari, namun pastikan ibu sudah membersihkan jari agar tidak ada bakteri yang tertinggal di dalam mulut si kecil.

5. Memberikan Obat

Jika anak terlihat sangat rewel dan sakitnya tidak tertahankan, ibu bisa memberikan obat berupa paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan rasa sakit akibat gusi yang meradang. Namun jika anak masih balita, ada baiknya untuk berhati-hati memberikan obat tanpa persetujuan dokter untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

6. Bawa ke Dokter

Jika radang gusi tidak mereda hingga lebih dari 3 hari atau sangat mempengaruhi asupan gizi anak, ibu perlu segera membawa anak untuk diperiksakan ke dokter. Dokter akan mencari tahu penyebabnya dan memberikan obat yang tepat untuk membantu meredakan radang gusi pada anak. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit saat muncul tanda anak tumbuh gigi.

Nah, itulah cara mengatasi radang gusi pada anak yang bisa orang tua lakukan. Tentunya pencegahan lebih baik dilakukan agar anak tidak sampai mengalami radang gusi yang menyakitkan. Orang tua harus selalu mengawasi dan mengajarkan anak untuk rutin menerapkan cara merawat gigi dan gusi sehingga mulut dan gigi tetap sehat dan bersih setiap hari.

Sponsors Link
, , , , , , , , ,
Post Date: Monday 09th, July 2018 / 11:23 Oleh :
Kategori : Gigi Anak Balita