Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Kenakalan Remaja Paling Jitu

Sponsors Link

Cara mengatasi kenakalan remaja perlu diketahui dan dipahami agar hal ini dapat berguna dalam mengatasi perilaku remaja saat ini. Memang ada beberapa faktor penyebab kenakalan remaja. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk cara mengatasi kenakalan remaja adalah sebagai berikut.

1. Memberi teladan yang baik.

Seorang remaja seharusnya bisa mendapatkan sebanyak mungkin figur orang-orang dewasa yang telah melampaui masa remajanya dengan baik. Jikapun gagal paling tidak orang-orang dewasa ini mampu dan berhasil memperbaiki dirinya sehingga kehidupannya menjadi lebih baik. Kaum remaja tentunya akan menjadikan beberapa figur sebagai cara mengajarkan sopan santun pada anak termasuk orang tua, guru, senior, ataupun tokoh-tokoh tertentu. Jika figur yang diidolakan tersebut baik maka dia akan baik pula dan cenderung meniru sikap dari figur yang diteladaninya.

2. Memberi motivasi.

Terkadang remaja bisa saja merasa putus asa, sedih, ragu-ragu, dan merasa tak mampu menghadapi suatu masalah. Dalam mengatasi hal ini maka orang tua dan guru sebaiknya memberikan motivasi dan dukungan padanya agar ia tidak sampai melakukan hal-hal buruk walaupun dalam kondisi terpuruk. Motivasi dan dukungan terkadang juga bisa didapatkan dari teman sebaya. Motivasi sebenarnya sangatlah penting terutama bagi kaum remaja sebab seseorang yang sedang mengalami masalah remaja umumnya memiliki sifat labil dan memerlukan cara mengatasi anak yang lamban dari orang yang dipercayainya.

3. Menciptakan kehangatan dalam keluarga.

Keluarga yang hangat dan harmonis akan membuat anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang hangat dan penuh kasih sayang. Anak akan merasa nyaman bila berada di tengah keluarga yang saling peduli dan saling mendukung satu sama lain. Adanya cara berkomunikasi dengan anak remaja yang kontinu membuat anak menjadi lebih terbuka baik pada orang tua maupun pada saudaranya. Kehangatan keluarga akan memicu sikap positif yang akan dilakukan seorang remaja di lingkungannya. Sebaliknya keluarga yang tidak harmonis dan penuh pertengkaran di dalamnya akan membuat remaja menjadi sensitif dan minder. Keadaan ini berpeluang membuat anak remaja melakukan perilaku menyimpang demi melampiaskan kekecewaannya.

4. Memberi arahan mengenai pergaulan.

Semakin dewasa seseorang maka semakin luas pula pergaulannya. Semakin banyak pula teman yang dimilikinya. Orang tua sebaiknya tetap melakukan pemantauan terhadap anak remajanya dalam bergaul. Orang tua juga sebaiknya memberikan arahan kepada anak remajanya agar tidak sampai memilih teman yang salah serta tidak sampai salah bergaul. Berikan batasan pada anak dalam berteman serta berikan pula alasan yang mendasarinya. Berikan penjelasan mengenai dampak dari salah pergaulan serta bagaimana cara mencegahnya. Dengan demikian anak remaja Anda akan berpikir dengan menggunakan logikanya yang semakin matang serta terhindar dari penyebab anak sering dibully yang dipandangnya baik dan tidak akan menjerumuskannya ke dalam berbagai hal yang buruk.

5. Membantu dalam menemukan identitas diri.

Seorang remaja tentu ingin menjadi seperti tokoh yang diidolakannya. Tak sedikit pula remaja yang mengikuti gerak-gerik idolanya mulai dari penampilan sampai dengan perilakunya atau bahkan karakternya. Hal ini tentu saja berdampak pada hilangnya identitas diri. Untuk itu orang tua dan guru seharusnya selalu membantu anak remaja yang sedang berada dalam masa pencarian jati dirinya. Berikanlah banyak cara mendidik anak remaja mengenai bagaimana ia harus bersikap dan menjadi dewasa.

Cara mengatasi kenakalan remaja dapat dilakukan melalui pendekatan yang terutama dilakukan oleh orang tua. Pada dasarnya seorang remaja memiliki sifat labil dan cenderung mudah meniru serta terpengaruh. Oleh karena itu perlu dilakukan usaha untuk membangun prinsip yang baik untuk mengenal perkembangan psikologi anak remaja dengan beberapa cara yang telah dibahas sebelumnya.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Saturday 16th, June 2018 / 10:33 Oleh :
Kategori : Karakter