Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Kenakalan Anak yang Terbukti Efektif

Sponsors Link

Kenakalan pada anak memang semakin marak di zaman sekarang ini, terlebih perkembangan teknologi membuat anak terbawa arus zaman dan kurang mendapatkan pendidikan oral dari orang tuanya. Jika dibiarkan tentu anak akan semakin tersesat dan nakal sehingga dapat memberikan dampak buruk tidak hanya pada dirinya namun juga pada orang lain. Faktor penyebab kenakalan anak memang cukup banyak, dan seringkali menjadi penyebab anak dikucilkan karena kenakalan yang dilakukannya. Tentunya orang tua perlu segera bertindak untuk mengatasi hal tersebut, dan beberapa cara mengatasi kenakalan anak berikut ini bisa dicoba untuk mengendalikan kenakalan pada anak-anak kita.

ads

1. Menanamkan Pendidikan Agama

Ajaran agama selalu membimbing ke jalan yang benar, sehingga pendidikan agama begitu penting dikenalkan pada anak sedini mungkin. Pentingnya pendidikan agama untuk anak dapat mencegah anak melakukan perbuatan nakal, bahkan seandainya anak terlanjur melakukan kenakalan dengan pendekatan agama semua kesalahan masih dapat diperbaiki. Pendidikan agama membantu anak menjadi lebih bermoral sehingga enggan untuk mendekati perbuatan yang tidak baik.

2. Menerapkan Kedisiplinan

Terkadang anak yang nakal disebabkan kurangnya kedisiplinan yang diterapkan oleh orang tuanya, sehingga ia merasa bebas untuk melakukan apapun semaunya. Karena itu, sejak usianya kecil sebaiknya terapkan disiplin sebagai bagian dari pentingnya pendidikan karakter untuk anak. Penerapan disiplin harus dilakukan secara konsisten bahkan hingga anak menjadi remaja agar ia tidak terjerumus dalam pergaulan bebas.

3. Ciptakan Keluarga Harmonis

Kebanyakan anak memang dapat menjadi nakal dikarenakan suasana di rumah yang tidak harmonis, sering bertengkar dan menimbulkan dampak negatif mengancam anak, hingga perpisahan orang tua yang membuat anak sangat terpukul. Karena itu, anak melampiaskan rasa sedihnya dengan melakukan hal menyimpang demi menutupi kesedihannya. Jadi, sebagai orang tua sudah sepatutnya untuk selalu menjaga keharmonisan keluarga demi pembentukan karakter anak yang baik.

4. Beri Dukungan dan Motivasi

Meski anak telah melakukan kenakalan yang mungkin membuat kita kesal atau marah, cobalah untuk tetap bersikap tenang dan lakukan pendekatan pada anak. Sejatinya anak membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari orang tua dan lingkungan sekitar, karena itu perlu untuk mendekati anak dan bicarakan baik-baik apa yang menyebabkannya menjadi nakal. Berikan dukungan bahwa Anda dapat membantunya mengatasi masalahnya tanpa perlu berbuat kenakalan, dan beri motivasi anak agar ia mau memperbaiki diri dan perlahan merubah sikap buruknya. Terlebih jika terjadi pada remaja, sangat diperlukan cara berkomunikasi dengan remaja agar mereka mau mendengarkan Anda.

5. Jadi Contoh yang Baik

Sebelum berharap anak bersikap baik, kita memang harus memperbaiki diri terlebih dahulu. Sebagai orang tua, jadilah contoh dan teladan yang baik sehingga anak akan meniru yang baik. Jika diperlukan, arahkan anak untuk mengidolakan orang yang berkarakter baik dan sukses sehingga anak dapat menirunya dan terhindar dari perbuatan nakal.

6. Pahami Karakter Anak dan Beri Arahan

Setiap anak memiliki karakter yang berbeda sehingga kita perlu cara berbeda dalam mengasuhnya. Jika anak terlalu agresif, bisa jadi ia dianggap nakal karena ia selalu bergerak dan ingin tahu dalam segala hal, dan dalam hal ini diperlukan cara mengatasi anak yang agresif. Sebagai orang tua kita juga perlu memberikan arahan dan pendidikan yang tepat sehingga anak dapat menjadi sosok yang baik dan berbudi pekerti luhur.

Nah, itulah cara mengatasi kenakalan anak yang mirip dengan cara  mengatasi kenakalan remaja yang bisa dilakukan para orang tua. Memang tidak mudah untuk melakukannya, namun usaha keras dan konsisten semua bisa dicapai demi kebaikan anak. Jangan lupa untuk mendoakan anak agar ia selalu dijauhkan dari keburukan dan pengaruh jahat di lingkungannya.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Tuesday 03rd, July 2018 / 22:19 Oleh :
Kategori : Karakter
Doctors Talk

Kecanduan game & gadget bisa jadi momok bagi ibu, bahkan bisa membuat anak depresi dan bunuh diri, yuk kenali dan jangan lupa subscribe ya.