Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Depresi pada Anak Hingga Tuntas

Sponsors Link

Orang tua tentu khawatir apabila mendapati buah hatinya menunjukkan tanda-tanda depresi. Seperti terjadi perubahan sikap dan perilaku anak yang signifikan dan cenderung menarik diri serta diikuti dengan suasana hatinya yang tidak seperti biasanya. Sebab, bila tidak segera diatasi gejala dan penyebab depresi pada anak dapat memburuk sehingga menyebabkan komplikasi penyakit  fisik, emosi maupun jenis-jenis gangguan mental pada anak. Oleh karena itu, agar permasalahan depresi anak segera memperoleh penanganan, tips cara mengatasi depresi pada anak berikut ini dapat bermanfaat untuk mengobati depresi.

Depresi merupakan kelainan mood yang mempengaruhi perasaan dan perilaku anak serta cara berpikirnya. Seringkali, depresi pada anak terjadi karena penyebab stres pada anak yang tidak teratasi dengan baik. Sehingga stres pada anak melebihi situasi yang mampu dikendalikan anak, dan berakibat penyakit mental tersebut meningkat menjadi depresi.

Cara mengatasi depresi pada anak

Kabar baiknya, depresi pada anak dapat dapat disembuhkan hingga tuntas. Peran serta orang tua dan keluarga anak dapat mendorong proses penyembuhan lebih cepat dan optimal. Tips berikut ini wajib orang tua ketahui guna mengatasi depresi pada anak.

  1. kenali faktor pemicu depresi

Mengenali  gejala dan penyebab depresi pada anak sejak awal dapat membantu proses penyembuhan anak. Sebab, tingkat keparahan depresi yang dialami anak lebih ringan dibandingkan gejala depresi yang telat diketahui oleh orang tua. Secara umum, penyebab depresi yang dialami anak dapat terjadi karena dua faktor pemicu utama, yaitu:

  • Faktor Biologis – hal ini terjadi karena faktor keturunan dari orang tua yang memiliki riwayat depresi.
  • Faktor psikologis – merupakan kombinasi kondisi stres pada anak karena ada sumber masalah tertentu, pola pikir dalam menyikapi atau menanggapi suatu situasi, serta kharakter serta kepribadian anak.

Untuk mengetahui faktor pemicu depresi anak, jika diperlukan orang tua dapat berkonsultasi dengan tenaga ahli dan profesional dalam mengatasi persoalan mental dan kejiwaan. Konsultasi dengan psikolog dibutuhkan jika depresi anak tampak semakin parah.

  1. Dekati anak, jangan marahi

Apabila anak mulai menunjukkan tanda-tanda depresi, seperti mudah emosi, marah dan sedih berkepanjangan atau gejala depresi pada anak lainnya. Maka berikanlah cinta dan kasih sayang yang lebih kepada anak. Sebab, saat itu, anak mungkin saja dalam keadaan tidak berdaya, sehingga membutuhkan dukungan emosional, baik berupa pelukan, sentuhan maupun kepercayaan dari keluarganya. Manfaat lain yang dapat diperoleh dengan mendekati anak dengan kasih sayang saat buah hati mengalami depresi adalah komunikasi dengan anak lebih mudah dilakukan, karena tidak menjadi defensive akibat dimarahi. Sehingga orang tua lebih mudah untuk mengali penyebab anak mengalami depresi.

  1. Buatlah suasana nyaman dan aman

Suasan nyaman dan aman dapat menurunkan tingkat kecemasan dari depresi yang anak rasakan. Manfaat bermain bersama anak dan manfaat liburan untuk anak dapat menjadi cara mengatasi depresi pada anak. Sebab, dapat menyejukkan suasana hatinya serta membangkitkan gairah anak untuk kembali bersemangat memulai aktivitasnya.

  1. Bantu anak memahami masalahnya dapat diatasinya

Depresi menyebab anak terbawa dalam suasana hati yang tidak mengenakkan. Terlebih bila masalah pemicu depresi anak belum tertangani. Oleh karena itu, bantu anak untuk menumbuhkan kemampuan positive thinking-nya. Tumbuhkan keyakinan anak bahwa setiap masalah yang terjadi padanya sekarang maupun nanti, dapat diatasi oleh dirinya maupun dirinya bersama-sama orang lain. Rangkul dan peluklah anak untuk memberikan dukungan emosional dan mengajaknya diskusi mengenai persoalan yang dihadapainya. Jika anak sudah mau bercerita mengenai masalah yang memicu depresinya, maka itu adalah pertanda baik untuk cara mengobati depresi pada anak hingga tuntas.

  1. tumbuhkan kepercayaan diri anak

Gunakan cara melatih anak agar percaya diri dan berani untuk mengatasi penyebab anak kurang percaya diri yang menjadi pemicu depresi pada anak. Bangun pemahaman pada anak, bahwa anak perlu mempercayai kekuatan dan kemampuan dirinya dalam mengatasi persoalan yang dia hadapi. Ajarkan anak untuk ikhlas menerima dan menghadapi masalah yang menimpa dirinya. Selanjutnya, yakinkanlah anak bahwa setiap masalahpasti ada jalan keluarnya, bagi mereka yang berusaha dengan sungguh-sungguh dan sabar mencari dan mengatasi persolan tersebut.

Selaraskan 5 tips cara mengatasi depresi pada anak ini dengan arahan dari psikolog atau psikiatri, apabila orang tua dan anak memutuskan untuk berkonsultasi dengan tenaga ahli. Lakukan dengan konsisten, sabar dan penuh kasih sayang, agar gejala dan penyebab depresi pada anak dapat disebuhkan hingga tuntas.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 10th, October 2018 / 12:08 Oleh :