Sponsors Link

5 Cara mengatasi Anak yang Susah Bersosialisasi

Sponsors Link

Tidak semua anak dapat bergaul dengan mudah, ada yang bisa langsung dekat dengan orang yang baru dikenalnya namun ada pula yang butuh waktu lama agar bisa bersosialisasi dengan orang di sekitarnya. Kemampuan anak dalam bersosialisasi hendaknya menjadi perhatian bagi orang tua, karena jika anak lebih pendiam apalagi menutup diri, akan sulit baginya untuk dapat berkembang dengan baik. Membantu anak untuk lebih mudah bersosialisasi menjadi bagian dari pentingnya pendidikan karakter untuk anak, jika ia mudah bergaul maka ia akan lebih percaya diri dalam melakukan apapun. Sebaliknya anak yang susah bersosialisasi menjadi salah satu penyebab anak sering dibully, sehingga hal ini harus segera diatasi sedini mungkin. Adapun cara mengatasi anak yang susah bersosialisasi yaitu sebagai berikut.

ads

1. Ciptakan Suasana Kekeluargaan di Rumah

Pembentukan karakter anak dimulai dari lingkungan keluarga. Jika ibu ingin anak menjadi mudah bersosialisasi, maka ciptakanlah suasana rumah dan lingkungan keluarga yang hangat. Sering-seringlah mengajak anak berbicara atau mengobrol. Jika anak bercerita atau curhat dengarkan dan bila terdapat masalah berikan perhatian dengan membantunya menyelesaikan masalah tersebut. Cara mengenali karakter anak juga perlu dilakukan, agar orang tua dapat lebih dekat dengan anak memahami kondisinya lebih dalam.

2. Hindari Bersikap Protektif yang Berlebihan

Anak seringkali menjadi pendiam dan sulit bergaul karena orang tua yang terlalu protektif sehingga ruang geraknya menjadi terbatas. Jika anak terlalu banyak dilarang melakukan sesuatu, rasa ingin tahunya pun menjadi surut bahkan ia enggan mengekspresikan apa yang ia rasakan. Karena itu beri anak kebebasan agar bisa bermain dengan teman-temannya, asalkan orang tua tetap mengawasi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Hal ini juga menjadi cara membuat anak lebih terbuka kepada orang tua.

3. Mengajak Anak Keluar Rumah

Anak tentu akan sulit bersosialisasi jika ia lebih banyak di dalam rumah daripada di luar rumah. Untuk membantu anak yang susah bersosialisasi menjadi anak mudah bergaul, rutinlah mengajak anak untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Misalnya, bermain di taman kota, olahraga keliling kompleks, pergi ke acara keluarga, arisan dan lain sebagainya. Seringnya anak berinteraksi menjadi cara mengatasi rasa takut pada anak sehingga ia akan terbiasa untuk berhubungan dengan orang banyak.

4. Membuat Anak Lebih Percaya Diri

Sebagian anak yang pemalu, pendiam dan sulit bersosialisasi dikarenakan anak tidak percaya diri dan merasa minder dengan keadaan dirinya. Jadi, agar ia lebih mudah berinteraksi dengan orang lain, bantu anak agar bisa memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Orang tua perlu melakukan cara meningkatkan rasa percaya diri anak agar ia lebih berani dalam menghadapi banyak orang. Jangan lupakan pentingnya pendidikan moral untuk anak agar saat ia sudah bisa bersosialisasi anak tetap bersikap baik.

5. Memberikan Tugas Kecil pada Anak

Anak yang susah bersosialisasi umumnya tidak aktif dalam melakukan kegiatan, apalagi di depan orang banyak. Untuk membantunya agar lebih mudah bergaul dan berinteraksi, cobalah untuk memberikannya beberapa tugas kecil agar anak bisa lebih aktif. Saat di rumah, ketika ada tamu minta anak untuk membuka pintu dan menyapa tamu yang datang. Bisa juga dengan meminta anak untuk menceritakan sebuah kisah setiap malam sebelum tidur agar ia terbiasa bercerita. Bila di sekolah, guru dapat memberikannya tugas seperti menghapus papan tulis atau membantu guru membagikan kertas ulangan pada teman-temannya.

Nah, itulah cara mengatasi anak yang susah bersosialisasi agar mereka lebih mudah berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan bersosialisasi hendaknya dapat dimiliki anak sejak ia masih sangat kecil agar kelak anak lebih mudah bergaul dan bisa diterima orang-orang di manapun ia berada.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Monday 16th, April 2018 / 09:07 Oleh :
Kategori : Parenting