Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Anak yang Suka Bolos Sekolah dengan Bijaksana

Sponsors Link

Menghadapi anak malas terkadang perlu tahu strategi cara mengatasi anak yang suka bolos sekolah. Ini adalah hal penting yang harus diterapkan orang tua jika ada penyebab anak melawan orang tua. Karena jika tidak maka masa depan anak tentunya tidak akan sebaik yang diharapkan. Justru takutnya jika tidak segera diatasi sejak dini, masa depan dan prestasi anak bisa hancur. Oleh sebab itu, sebaiknya simak berikut ini beberapa cara mengatasi anak yang suka bolos sekolah.

1. Mengajarkan Disiplin

Terapkan kedisiplinan pada anak sejak dini. Beritahukan pada mereka dengan perlahan apa saja manfaat sekolah maupun konsekuensi membolos. Dengan demikian anak akan belajar memikirkan konsekuensinya. Jangan segan untuk menerapkan cara memberikan hukuman yang mendidik untuk anak jika ketahuan membolos. Namun pastikan pilih hukuman yang tidak bersifat fisik dan dapat membangun karakter anak dengan baik. Dengan cara mengajarkan disiplin pada anak, maka anak dapat lebih tertib rajin bersekolah.

2. Memberi Tanggung Jawab

Jika anak memiliki tanda suka membolos atau malas sekolah, sedikit-sedikit tanamkan cara mengajarkan anak tanggung jawab di rumah. Mulai dari hal kecil seperti melakukan pekerjaan rumah. Dengan demikian lambat laun anak akan memiliki tanggung jawab di sekolah juga. Sehingga anak berpikir untuk tidak membolos dan mulai rajin belajar di sekolah.

3. Beri Contoh

Salah satu cara mengatasi anak yang suka bolos sekolah yang cukup efektif yaitu dengan memberikan contoh. Jika harus ke kantor lakukan dengan semangat dan ceritakan hal yang positif. Karena orang tua adalah figur teladan anak yang terdekat. Jika orang tua rajin berangkat ke kantor, otomatis anak akan meniru dan menjadi rajin ke sekolah. Sebaliknya, jika orang tua malas bekerja, tentu akhirnya anak ikutan malas sekolah juga. Disinilah pentingnya pendidikan karakter untuk anak yang diterapkan mulai dari orang tuanya sendiri.

4. Beri Pujian

Jangan lupa memuji anak yang rajin bersekolah. Bila perlu banggakan anak di depan teman-teman atau tetangga yang lain. Dengan demikian anak menjadi senang dan segan membolos karena ingin dipuji oleh orang tuanya. Perlu untuk diingat bahwa penghargaan orang tua biasanya merupakan motivasi untuk anak yang paling besar. Sehingga memberi pujian adalah langkah yang cukup baik sebagai cara meningkatkan rasa percaya diri anak sejak dini.

5. Batasi Pergaulan

Sebaiknya selalu awasi pergaulan anak dan bila perlu kenali siapa saja teman dekat anak. Karena bukan rahasia jika pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik. Jika anak bersikap baik namun memiliki teman yang suka bolos, otomatis lama-lama anak akan dapat terpengaruh juga. Karena itu ajarkan cara menanamkan nilai moral pada anak. Sehingga otomatis anak tidak merasa ingin membolos dan merasa tertantang untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik di sekolah.

6. Beri Hadiah

Saat anak rajin di sekolah, jangan lupa juga untuk memberikan hadiah sebagai tanda penghargaan dari orang tua. Berikan hadiah yang diinginkan anak saat pembagian rapor telah tiba sebagai salah satu manfaat mendengarkan keluhan anak. Dengan demikian bisa menjadi motivasi lebih bagi anak untuk bersekolah sekaligus berprestasi.

Itulah beberapa cara mengatasi anak yang suka bolos sekolah. Dengan mengajarkan anak tentang disiplin dan tanggung jawab, maka diharapkan anak dapat merubah sifatnya. Sehingga bisa menjadi langkah dalam cara mendidik anak yang malas belajar dengan optimal. Dengan demikian anak akan memiliki prestasi serta masa depan yang lebih cerah.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , ,
Post Date: Thursday 03rd, May 2018 / 00:03 Oleh :
Kategori : Pendidikan