Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Anak yang Sering Lupa Paling Manjur

Sponsors Link

Jika mendapat anak susah mengingat sebaiknya segera cari tahu cara mengatasi anak yang sering lupa. Karena bisa jadi ada beberapa penyebab anak sering lupa yang mungkin diabaikan orang tua. Seperti misalnya kurang makanan bernutrisi atau bisa saja karena kurang konsentrasi. Ini merupakan hal-hal sepele yang sering terlewat begitu saja. Akibatnya daya ingat anak menjadi tidak maksimal dan lambat laun prestasi belajar anak di sekolah jadi terhambat karena hal tersebut. Jika ingin tahu lebih rinci, berikut ini cara mengatasi anak yang sering lupa:

ads

1. Vitamin B

Jika anak suka lupa bisa saja karena kurang vitamin B, sehingga daya ingat anak tidak sebaik jika mendapat cukup nutrisi. Oleh karena itu pastikan untuk memberikan jenis buah maupun manfaat sayuran untuk anak yang kaya akan vitamin terutama jenis vitamin B kompleks yang baik untuk meningkatkan daya ingat dan daya pikir anak. Bila perlu tambahkan pula multivitamin yang membantu memberikan kekurangan asupan vitamin bagi tumbuh kembang otak anak.

2. Perbanyak Protein

Selanjutnya jangan lupa untuk memberikan menu makanan yang kaya protein sehari-hari. Karena dengan demikian maka otak anak akan penuh nutrisi penting dan dapat berkembang secara maksimal. Pasokan omega tiga dan minyak ikan juga mengandung sumber protein terbaik untuk anak yang cukup tinggi bagi perkembangan otak. Sehingga dengan memberi menu makanan berupa ikan-ikanan dapat bermanfaat mencegah anak menjadi pelupa.

3. Konsentrasi

Cara mengatasi anak yang sering lupa bisa juga dengan cara meningkatkan konsentrasi anak. Jika anak berlatih untuk fokus maka anak dapat berusaha mengingat dengan lebih baik. Contohnya saat sedang belajar di sekolah. Maka anak dapat menyerap ilmu lebih maksimal dan mengingatnya lebih optimal. Sehingga ingatan anak menjadi lebih baik dalam memahami pelajaran atau hal baru di sekitarnya.

4. Membuat Jadwal

Cobalah untuk membuat jadwal bagi kegiatan anak sehari-hari dan ajak anak untuk menghapalkan. Dengan demikian maka anak terbiasa mengingat secara pelan-pelan dan bermanfaat untuk diterapkan dai sekolah juga. Hal ini akan membantu anak berlatih mengingat dengan baik.

5. Disiplin

Selanjutnya bisa dengan cara mengajarkan disiplin pada anak. Sehingga anak terbiasa patuh pada perintah dan berusaha melakukan petunjuk dengan maksimal. Misalnya jika guru di sekolah meminta anak menghapal sesuatu, otomatis anak akan berusaha disiplin dalam belajar menghapal. Ini secara otomatis akan meningkatkan daya ingatnya juga.

6. Atasi Stres

Anak yang sering lupa bisa jadi karena mengalami stres pada anak dan kurang konsentrasi. Karena itu sebaiknya beri anak manfaat bermain untuk anak usia dini. Perbolehkan juga menonton televisi atau main game untuk hiburan. Hanya saja pastikan porsinya tidak berlebihan dan ada batas waktu tertentu. Jika anak merasa senang otomatis ingatannya juga tidak akan terganggu.

7. Beri Pujian

Jangan lupa untuk selalu memberi pujian atas semua prestasi dan bakat anak. Dengan demikian anak menjadi senang dan akan berusaha maksimal dalam melakukan sesuatu. Sekalipun terlihat sepele, namun memberi pujian adalah bentuk apresiasi yang seringkali diharapkan oleh anak.

Itulah tadi cara mengatasi anak yang sering lupa. Dengan berusaha menerapkan cara-cara mudah di atas diharapkan ingatan anak dapat lebih maksimal. Sehingga segala hal baru yang diterima anak dapat ditangkap dengan baik. Selain itu dengan membuat daya ingat anak meningkat, maka prestasi anak secara otomatis juga lebih baik.

Sponsors Link
, , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 15th, April 2018 / 14:49 Oleh :