Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Anak yang Pelit agar Mau Berbagi

Sponsors Link

Sebagian anak memang ada yang memiliki sifat mudah berbagi, namun sebagian yang lain cenderung tidak mau membagi makanan atau mainannya sehingga dianggap pelit. Sebenarnya pelit merupakan naluri anak-anak karena merasa tidak ingin barang atau makanannya diambil orang lain. Namun orang tua perlu membiasakan anak dan mengajarinya agar tidak terbiasa pelit. Anak harus diajarkan untuk lebih mudah berbagi agar kelak ia tidak dijauhi orang lain. Cara mengajarkan anak untuk berbagi yang dilakukan sejak dini tentu akan lebih mudah dilakukan karena pada usia balita mereka cenderung lebih mudah menyerap setiap pelajaran. Nah, agar anak Anda tidak pelit, simak beberapa cara yang bisa dilakukan seperti berikut ini.

ads

1. Berikan Contoh yang Baik

Orang tua merupakan teladan bagi anak, jadi jika orang tua ingin anaknya terhindar dari sifat pelit usahakan untuk selalu memberikan contoh langsung dengan tindakan. Orang tua sebaiknya sering berbagi sesuatu seperti makanan kepada orang lain, misalnya tetangga ata orang lain yang lebih membutuhkan. Dengan begitu anak akan menirunya dan menganggap berbagi adalah perbuatan yang sangat baik untuk dilakukan.

2. Ajak Bicara dan Beri Pengertian

Ketika mendapati anak yang tidak mau berbagi dengan temannya, ajaklah anak untuk mengobrol santai berdua saja. Orang tua dapat memberikan pengertian dengan kata-kata yang lebih sederhana bahwa pelit tidak memberikan keuntungan apapun pada anak. Beritahu pula jika ia mau berbagi akan banyak keuntungan yang ia dapat, seperti teman yang bertambah, disayang banyak orang dan dapat membantu orang lain yang sedang membutuhkan. Hal ini merupakan cara bijak menasehati anak balita tanpa harus memarahi atau memukulnya.

3. Ajarkan Lewat Cerita

Anak-anak biasanya sangat suka bercerita atau mendengarkan cerita. Jika orang tua menganggap anaknya mulai menunjukkan sifat pelit, cobalah untuk memberitahunya lewat cerita bahwa tindakannya tersebut tidak baik. Anak akan lebih mudah paham bahwa tindakan pelit tidak baik dilakukan, sebaliknya terbiasa berbagi akan menjadikan anak lebih bijaksana dan mampu merasakan empati.

4. Jangan Memaksa Anak

Jangan pernah sekalipun memaksa anak untuk membagikan barang miliknya kepada orang lain, karena dengan pemaksaan anak cenderung lebih menutup diri dan semakin pelit. Memaksa juga akan menjadi penyebab anak melawan orang tua karena ia merasa tidak dihargai dan harus dipaksa melakukan apa yang tidak disukainya. Karena itu, cobalah memberikan anak pengertian dan tidak memaksanya secara berlebihan untuk menghindari dampak buruk memarahi anak.

5. Bangun Rasa Empati Anak

Selain lewat cerita, orang tua dapat membangun rasa empati anak dengan sering membawanya melihat anak lain yang kondisinya kurang beruntung. Ia akan merasa bahwa ia masih lebih beruntung dengan pakaian yang bagus, makanan yang berlimpah dan mainan yang banyak sehingga ia akan tergerak untuk membaginya dengan anak yang lebih membutuhkan. Ajarkan pula anak untuk memiliki rasa kasih sayang agar ia lebih peduli dengan orang lain dan mau berbagi.

6. Ajak Anak Lebih Sering Memberi

Jika Anda ingin memberikan sedikit rezeki kepada orang miskin, ajaklah anak agar ia juga terbiasa memberi. Bisa pula dengan meminta anak untuk membagikan makanan yang ibu buat kepada tetangga atau teman sekolahnya sehingga lama kelamaan ia juga terbiasa berbagi dan terhindar dari sifat pelit. Hal ini juga bisa menjadi cara menanamkan nilai moral pada anak agar ia kelak dapat memiliki karakter yang baik.

Anak yang pelit bisa jadi merupakan bentuk kesalahan dalam mendidik anak balita, sehingga perlu cara yang tepat untuk menjadikan anak lebih suka berbagi. Sebaiknya dalam mendidik anak, hindari kata-kata yang tidak boleh diucapkan orang tua kepada anak demi pembentukan karakternya yang lebih baik.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Thursday 26th, April 2018 / 14:15 Oleh :
Kategori : Karakter