Sponsors Link

6 Tips Cara Mengatasi Anak yang Mudah Tersinggung

Sponsors Link

Anak-anak bisa memiliki banyak karakter dan tipe. Ada yang pemberani, ada yang penakut, ada yang menunjukkan tanda-tanda anak autis serta ada juga yang mudah tersinggung. Jika mendapati hal tersebut sebaiknya pahami cara mengatasi anak yang mudah tersinggung. Karena umumnya anak yang demikian sangat sensitif perasaannya. Sehingga jika tidak diarahkan akan susah bersosialisasi dengan lingkungannya kelak. Jika ingin tahu lebih lanjut, berikut ini beberapa cara mengatasi anak yang mudah tersinggung yang dapat diterapkan dengan mudah:

ads

1. Latih Percaya Diri

Cara terbaik untuk melatih anak yang mudah tersinggung yaitu dengan cara meningkatkan rasa percaya diri anak. Dengan demikian maka anak tidak minder. Sehingga anak tidak mudah tersinggung jika menghadapi orang lain. Rasa percaya diri juga akan membesarkan hatinya bahwa kemampuannya tidak jauh berbeda dengan orang lain di sekitarnya.

2. Sabar Mengarahkan

Supaya anak tidak mudah tersinggung, arahkan anak dengan sabar. Berikan pemahaman bahwa anak tidak perlu merasa tersinggung berlebihan dengan ucapan orang lain. Tekankan bahwa anak anda tidak berbeda dengan anak yang lain. Hindari dampak buruk sering membandingkan anak dengan anak lain, agar perasaan anak tidak terluka.

3. Ajak Bergurau

Cara mengatasi anak yang mudah tersinggung selanjutnya yaitu dengan mengajak anak bergurau. Usahakan untuk melembutkan watak anak yang kaku. Umumnya anak yang mudah tersinggung memiliki watak penyebab anak menjadi keras kepala dan kaku. Jika sering diajak bergurau, maka hatinya lama kelamaan akan melembut dan tidak sensitif jika bersosialisasi dengan orang lain. Sehingga anak dapat lebih ceria dan yakin pada dirinya bahwa dia memiliki kemampuan dan kelebihan yang sama seperti teman-temannya.

4. Bangun Toleransi

Cara lain adalah dengan mengajarkan anak untuk dapat toleransi dengan orang lain yang di sekitarnya. Dengan cara bijak menasehati anak balita bahwa setiap orang memiliki cara dan karakter sendiri-sendiri. Oleh sebab itu jika menghadapi banyak orang harus dapat mentoleransi perlakuan serta sikap orang lain pada dirinya. Dengan demikian anak akan memahami bahwa dia tidak perlu merasa tersinggung terhadap ucapan ataupun perbuatan orang lain terhadapnya. Melainkan lebih menerima serta memaafkan jika orang lain berbuat salah kepadanya.

5. Hindari Marah Besar

Supaya perasaan anak tidak sensitif dan mudah tersinggung, sebaiknya hindari efek buruk memarahi anak di muka umum. Jika anak bersalah ajarkan minta maaf dengan perlahan. Jangan paksa anak melakukan sesuatu yang kurang nyaman bagi dia. Berikan juga pemahaman bahwa orang lain tidak berbeda dengan dirinya. Sehingga dengan demikian anak tidak terlalu sensitif serta tidak mudah merasa tersinggung.

6. Kenali Bakat

Cara lain supaya anak tidak mudah tersinggung yaitu dengan cara jitu mengenali bakat anak. Cari tahu dimana bakat atau kelebihan anak dan selalu dorong anak supaya berprestasi. Saat anak memiliki prestasi yang dapat dibanggakan, otomatis anak lebih percaya diri. Anak akan merasa yakin bahwa dia memiliki kemampuan yang baik. Sehingga anak tidak perlu tersinggung jika berhadapan dengan teman lain yang sebayanya.

Demikian beberapa langkah yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi anak yang mudah tersinggung. Jika diarahkan sejak dini maka di kemudian hari anak akan lebih mudah memahami kondisinya. Selain itu anak tidak berpikir berat tentang perkataan orang tentang dirinya. Hal ini akan membantu mengarahkan cara melatih mental anak agar berani dan menghindari timbulnya karakter yang kurang baik.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Monday 29th, January 2018 / 22:59 Oleh :
Kategori : Karakter