Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Anak yang Malas Mandi Paling Efektif

Sponsors Link

Cara mengatasi anak yang malas mandi ada bermacam-macam. Memang kebanyakan anak tidak begitu suka terhadap aktivitas mandi. Padahal mandi dua kali sehari sangat disarankan pada anak terutama bila anak suka bermain di luar rumah. Manfaat mandi air dingin untuk bayi dan anak bisa membuat tubuh anak menjadi bersih, sehat, harum, rapi, dansegar. Namun bagaimana jika anak selalu malas mandi? Mandi memang penting bagi anak. Oleh karena itu pada kesempatan ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk cara mengatasi anak yang malas mandi sebagai berikut.

1. Menyiapkan air hangat untuk keperluan mandi anak.

Anak terkadang malas mandi karena tidak mau mandi dengan menggunakan air dingin. Terutama bila anak baru saja bangundari tidur. Anak bisa saja kedinginan dan bahkan bisa menjadi sakit bila dipaksakan mandi dengan menggunakan air dingin. Air yang hangat tentunya akan membuat anak merasa nyaman saat mandi. Manfaat mandi air hangat untuk bayi dan anak juga termasuk tidak akan membuat anak merasa takut untuk kedinginan sehingga anak menjadi tidak malas mandi.

2. Membiarkan anak mandi sambil sedikit bermain.

Bila anak ingin mandi sambil sedikit bermain sebaiknya biarkan saja. Bahkan jika anak ingin membawa sedikit mainannya untuk dimainkan saat mandi sebaiknya biarkan saja. Dengan manfaat bermain bersama anak maka anak dapat mengurangi kejenuhannya pada saat mandi. Anak juga cenderung akan senang bahkan dapat menjadi cara menumbuhkan kreativitas anak sejak dini melalui beberapa permainan yang ia mainkan. Aktivitas mandi sambil bermain tentunya akan membuat anak merasa senang dan makin membuatnya penuh dengan ide-ide baru.

3. Mengenalkan cara mandi yang berbeda dari biasanya.

Jika anak mulai bosan dengan cara mandi yang seperti biasanya maka sebaiknya berikan cara mandi yang berbeda untuk anak. Seperti misalnya anak yang biasa mandi dengan menggunakan bak mandi bisa sesekali diajak mandi dengan menggunakan shower. Bisa juga anak diajak mandi dengan cara berendam sehingga berbeda dari biasanya.

4. Menasehati anak agar tidak malas mandi.

Saat anak mulai malas mandi sebaiknya berikanlah cara bijak menasehati anak balita kepadanya. Nasehat yang diberikan pada anak sebaiknya tidak membuat anak menjadi takut. Berikanlah nasehat yang mudah dipahami oleh anak. Nasehat bisa saja tentang manfaat dari mandi. Misalnya dengan mandi maka tubuh akan menjadi bersih sehingga kuman-kuman tidak mau bersarang pada tubuh. Sehingga tubuh akan selalu sehat dan anak tidak akan sampai jatuh sakit. Bisa juga memberitahukan pada anak bahwa jarang mandi bisa membuat macam-macam alergi kulit pada anak sehingga tubuh akan terasa gatal dan perih.

5. Memberikan pujian atau penghargaan pada anak.

Hadiah atau penghargaan mungkin bisa membantu anak menjadi tidak malas melakukan suatu aktivitas yang baginya membosankan. Jika anak biasanya malas mandi maka berikan saja hadiah kecil sebagai cara mendidik anak disiplin waktu untuk mandi agar menjadi tidak malas mandi lagi. Anak bisa juga diberikan pujian saat ia mau mandi dengan rajin dan semangat.

Cara mengatasi anak yang malas mandi tersebut di atas dapat dilakukan pada anak sesuai dengan kebutuhan. Anak juga sebaiknya diajak mandi tanpa adanya paksaan atau dampak negatif mengancam anak yang bisa membuatnya menjadi takut. Coba lakukan beberapa cara di atas untuk mengajak anak mandi dengan perasaan yang senang dan tidak malas.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Thursday 24th, May 2018 / 23:15 Oleh :
Kategori : Parenting