Sponsors Link

4 Cara Mengatasi Anak Remaja Mengompol Dijamin Ampuh

Sponsors Link

Anak remaja memang masih membawa pola pikir dan sifat mereka saat masih anak-anak, meski secara fisik mereka sudah berkembang dan siap memasuki usia dewasa. Tentunya menjadi anak remaja tidaklah gampang, ada berbagai permasalahan yang kerap dialami dan menghantui mereka. Jika tidak memiliki tempat untuk berbagi, mereka bisa melampiaskannya ke orang yang tidak tepat dan hal tersebut bisa berdampak buruk pada pembentukan karakternya. Meski sudah remaja, seringkali dijumpai kondisi dimana anak remaja mengompol di saat tidur. Hal ini tentu tidak wajar terjadi dan menjadi penyebab anak kurang percaya diri sehingga perlu dicari tahu apa penyebabnya. Dengan begitu masalah kebiasaan mengompol pada remaja bisa segera diatasi.

ads

Berbeda dengan cara mudah menghilangkan kebiasaan mengompol pada anak, cara mengatasi anak remaja mengompol jauh lebih sulit dan membutuhkan cara khusus. Nah, berikut ini ada cara yang bisa dilakukan agar kebiasaan mengompol pada anak remaja bisa hilang.

1. Mengkonsumsi Biji Labu dan Cranberry

Ada beberapa makanan yang mampu membantu mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan mengompol pada anak remaja, yaitu biji labu dan cranberry. Biji labu mengandung asam lemak dan sterol yang mampu meningkatkan fungsi ginjal, mencegah infeksi saluran kemih dan memaksimalkan kandung kemih untuk menampung air seni secara maksimum. Begitu pula dengan cranberry yang mengangung proanthocyanin yang juga sama khasiatnya dengan yang ada pada biji labu. Konsumsilah kedua jenis makanan sehat tersebut untuk membantu mengatasi anak remaja yang masih mengompol.

2. Cari Solusi Berdasarkan Penyebabnya

Penting untuk menerapkan cara berkomunikasi dengan anak remaja, karena hal ini cukup ampuh sebagai cara membuat anak lebih terbuka kepada orang tua. Memang anak remaja pasti akan merasa malu jika orang lain bahkan orang tuanya sekalipun mengetahui bahwa ia masih mengompol. Karena itu, cobalah menanyai anak secara pribadi apa yang menyebabkan ia mengompol di usianya yang sudah remaja.

Jika mengompol disebabkan infeksi saluran kemih maka diperlukan obat resep dokter untuk mengatasinya. Jika memang dikarenakan kecemasan atau gangguan psikis lainnya, terapi akan dibutuhkan untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Manfaat mendengarkan keluhan anak sangat penting agar orang tua dapat membantu mengatasi masalah yang dihadapinya.

3. Kurangi Minum di Malam Hari

Mengompol juga bisa dikarenakan kandung kemih yang penuh saat sedang tidur, akibat kebanyakan minum terutama menjelang tidur. Jadi, usahakan untuk meminum sedikit air di malam hari agar kandung kemih tidak terlalu penuh dan menyebabkan mengompol. Hindari pula minuman beralkohol dan mengandung kafein karena minuman tersebut dapat merangsang keluarnya air seni. Yang terpenting hindari memarahi anak karena dapat menjadi penyebab anak melawan orang tua.

4. Latihan Senam Kegel

Latihan dasar panggul atau yang disebut juga senam kegel juga sangat ampuh dijadikan solusi untuk mengatasi kebiasaan mengompol pada remaja. Senam kegel sangat mudah dilakukan, yaitu seperti menahan kencing lalu tahan selama beberapa detik dan rilekskan kembali otot panggul. Ulangi beberapa kali dalam sehari agar manfaatnya dapat segera dirasakan. Senam kegel akan membuat otot panggul remaja semakin kuat sehingga lebih mampu mengontrol kandung kemih dan keluarnya urin.

Nah, itulah cara mengatasi anak remaja yang mengompol, selain dengan dukungan orang tua tentunya harus ada keinginan kuat dari dalam diri anak untuk bisa menghilangkan kebiasaan tersebut. Anak remaja mungkin akan sangat sensitif jika harus membahas masalah ini dengan orang tuanya, sehingga sangat dibutuhkan cara mengatasi anak yang sensitif agar ia mau lebih terbuka dengan orang tuanya.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Friday 04th, May 2018 / 16:04 Oleh :
Kategori : Tumbuh Kembang