Sponsors Link

6 Cara Mengajarkan Anak untuk Berbagi Kepada Sesama

Sponsors Link

Menanamkan karakter yang baik untuk anak sangat penting. Terutama dengan cara mengajarkan anak untuk berbagi. Sehingga anak memahami tentang empati pada orang lain dan mampu memiliki watak yang baik terhadap sesamanya. Dengan berbagi maka anak akan lebih mudah bersosialisasi dan diterima oleh lingkungan sekitarnya. Selain itu hal ini akan terbawa hingga anak dewasa dan membuat anak di masa depan tumbuh dengan karakter yang bijaksana dalam menyikapi suatu keadaan. Terutama saat melihat orang yang kurang mampu. Adapun jika ingin mengetahui bagaimana cara mengajarkan anak untuk berbagi, simak beberapa cara berikut ini:

1. Ajarkan Empati

Biasakan anak untuk memiliki empati pada keadaan sekitarnya. Anak yang susah berempati maka akan susah untuk berbagi dengan sesamanya. Selain itu hal tersebut juga memicu penyebab anak menjadi keras kepala dan bahkan dapat merupakan salah satu cara mengatasi anak yang mudah tersinggung. Karena itu memiliki rasa empati cukup penting sebagai salah satu pembentuk karakter anak yang ideal. Dengan memiliki empati yang baik anak akan lebih cepat dewasa dan lebih bijaksana melihat situasi di sekitarnya.

2. Ajari Kasih Sayang

Salah satu cara mengajarkan anak untuk berbagi yaitu dengan mengajarkan kasih sayang pada anak sejak kecil. Karena jika anak terbiasa memiliki rasa kasih pada sesama, umumnya anak akan lebih mudah menempatkan diri di lingkungannya. Anak akan lebih peduli pada sesama dan tidak bersifat tega pada orang lain. Apalagi berbuat tidak jujur. Inilah langkah yang juga tepat sebagai salah satu alasan pentingnya menanamkan kejujuran pada anak.

3. Biasakan Memberi

Biasakan anak untuk rajin memberi pada sesamanya yang kurang mampu. Sehingga dengan demikian anak akan terdorong untuk mau berbagi kepada sesamanya yang kurang beruntung. Inilah pentingnya pendidikan karakter untuk anak, supaya saat dewasa nanti maka anak akan memiliki karakter yang baik dan suka berbagi kepada sesamanya. Terutama pada mereka yang benar-benar membutuhkan pertolongan.

4. Suka Menolong

Supaya anak mau berbagi biarkan anak memiliki sikap yang suka menolong. Sehingga dengan demikian anak akan belajar berbagi pada sesamanya. Anak yang suka menolong akan belajar ikhlas. Demikian juga sat berbagi harus dilakukan dengan rasa ikhlas tanpa rasa terpaksa. Dengan cara menanamkan nilai moral pada anak yang baik, maka anak otomatis juga akan memiliki banyak teman.

5. Tidak Egois

Ajarkan anak untuk tidak egois terhadap kemauannya sendiri. Ajarkan mereka untuk selalu melihat kepentingan bersama. Bukan berarti hanya mengutamakan kepentingan orang lain. Namun lebih tepatnya kepentingan bersama dimana semua akan merasakan manfaat dari keputusan yang diambil. Dengan cara bijak menasehati anak balita maka akan akan mudah belajar berbagi.

6. Hindari Autis

Supaya anak mau berbagi jangan sampai anak bersikap autis pada anak. Karena keadaan tersebut membuat anak cuek pada sekitarnya. Ajarkan anak melihat orang lain dan memahami kondisi orang lain di sekitarnya. Dengan demikian anak mau untuk berbagi baik waktu, barang maupun perasaan. Anak akan terbiasa jujur, ini juga merupakan cara membuat anak lebih terbuka kepada orang tua.

Demikian beberapa cara mengajarkan anak untuk berbagi. Sehingga demikian anak akan dapat menempatkan diri dengan baik di lingkungannya. Di kemudian hari anak akan tumbuh menjadi anak yang jujur dan bijaksana. Serta memahami keadaan orang lain yang kurang mampu dengan sudut pandang yang lebih baik.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 31st, January 2018 / 10:39 Oleh :
Kategori : Pendidikan