Sponsors Link

7 Cara Mengajarkan Anak Menabung Sejak Usia Dini

Sponsors Link

Menabung merupakan kebiasaan baik yang tidak ada buruknya. Karena itu sangat baik mengetahui cara mengajarkan anak menabung sejak dini. Dengan memberi pengertian pada anak tentang manfaat menabung, maka anak akan terbiasa menyisihkan uang sejak kecil dan berhemat hanya pada kebutuhannya saja. Hal ini juga membantu pentingnya pendidikan karakter untuk anak yang lebih baik. Sehingga di kemudian hari anak akan tumbuh dengan watak serta kebiasaan yang baik. Jika ingin tahu dengan jelas, berikut ini cara mengajarkan anak menabung sejak dini yang dapat dilakukan oleh orang tua:

ads

1. Belanja Seperlunya

Supaya anak belajar hemat dan mau menabung, ajari anak belanja seperlunya. Hindari membeli barang yang tidak penting atau berlebihan. Sehingga anak memiliki keinginan untuk berhemat dan belanja yang mereka perlukan saja.

2. Sisihkan Uang Jajan

Cara mengajarkan anak menabung di antaranya yaitu dengan meminta anak untuk menyisihkan uang jajan. Ajari mereka untuk menyisihkan sedikit demi sedikit uang mereka sehingga terkumpul menjadi jumlah yang cukup banyak. Dengan demikian mereka akan memahami konsep menabung yang sebenarnya. Serta mulai memiliki kebiasaan menyisihkan uang sejak kecil.

3. Ajak Ke Bank

Kenalkan anak pada bank, misalnya dengan mengajak mereka berkunjung ke bank sesekali. Disana anak akan belajar memahami bahwa menabung dapat dilakukan melalui bank. Berikan informasi singkat dan jelas tentang fungsi bank dan pendukungnya. Sehingga anak memiliki gambaran informasi yang jelas jika suatu saat nanti mereka akan menabung di bank. Ini merupakan cara menanamkan nilai moral pada anak yang cukup baik.

4. Beri Jatah

Supaya anak lebih hemat sebaiknya berikan jatah uang saku. Hindari dampak buruk memanjakan anak semau mereka. Ajari mereka membatasi keperluannya hanya pada hal yang benar-benar penting. Dengan belajar mengatur jatah uang yang mereka terima maka anak belajar pula cara menabung yang baik dan tepat.

5. Kenali Mana Kebutuhan Dan Keinginan

Ajari anak tentang perbedaan kebutuhan dan keinginan. Contohnya, makan nasi merupakan kebutuhan. Karena tanpa nasi maka prestasi belajar anak di sekolah dapat menurun. Lain halnya dengan makan es krim, yang merupakan keinginan. Karena es krim dapat menimbulkan gejala diabetes pada anak dan memicu keadaan penyebab radang tenggorokan pada anak. Dengan memahami mana kebutuhan dan mana keinginan, maka anak akan belajar menggunakan uangnya hanya untuk hal yang perlu saja.

6. Mencatat Pengeluaran

Agar anak terbiasa menabung, biasakan anak mencatat pengeluaran yang dipakai dengan uang jajannya. Dengan demikian anak dapat melihat apa saja yang ia beli dan mana yang sebenarnya penting serta mana yang kurang penting. Dengan cara bijak menasehati anak balita maka anak akan paham bahwa pengeluaran harus diatur dengan baik supaya ada sisa uang untuk ditabung.

7. Jelaskan Fungsi Uang

Cara lain yaitu dengan memberi informasi berupa cara mengajarkan anak tentang uang sesuai usianya. Ajari mereka memahami nilai mata uang terutama yang digunakan sehari-hari. Dengan demikian maka anak akan paham tentang uang dan berapa banyak yang dapat mereka gunakan atau berapa banyak yang perlu disisihkan.

Demikian beberapa cara mengajarkan anak menabung sejak dini yang dapat dilakukan orang tuanya. Dengan mengajarkan kebiasaan yang baik, maka selanjutnya di masa depan anak akan lebih bijaksana dalam berpikir. Anak menjadi lebih tahu mana yang penting untuk dimiliki dan mana yang tidak perlu. Sehingga suatu saat nanti mereka lebih bijaksana dalam mengatur keuangannya sendiri.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 31st, January 2018 / 05:56 Oleh :
Kategori : Parenting