Sponsors Link

8 Cara Mengajari Anak Kidal Menulis dengan Penuh Kesabaran

Sponsors Link

Bila mendapati ternyata anak memiliki kecenderungan kidal sebaiknya jangan langsung berpikiran negatif. Terutama merasa bingung bagaimana cara mengajari anak kidal menulis. Biasanya ini merupakan kebingungan banyak orang tua. Karena mengajari anak kidal tentu tidak sama dengan mengajari anak yang normal. Padahal keistimewaan anak kidal jika ditinjau cukup banyak. Oleh sebab itu simak cara mengajari anak kidal menulis berikut ini:

ads

1. Perhatikan posisi kertas

Posisi kertas sebaiknya diletakkan di sisi kiri sebelah atas. Sehingga anak dapat leluasa belajar dengan nyaman. Selain itu karena susah anak kidal jadi malas mencoba. Dengan cara mendidik anak yang malas belajar, maka mengajari anak kidal menulis dapat berjalan lebih optimal.

2. Cara memegang pulpen

Perhatikan cara memegang pulpen pada tangan anak yang kidal. Pasti akan sedikit berbeda dengan anak yang normal. Karena itu terapkan prinsip dalam belajar menulis anak kidal akan mendorong pulpen. Sementara anak normal umumnya menarik pulpen. Jika orang tua bersabar mengajari, maka anak yang kidal tidak akan mengalami kesulitan.

3. Posisi tangan

Selanjutnya perhatikan posisi tangan pada anak kidal. Posisikan tangan anak supaya nyaman supaya anak semangat belajar menulis. Dengan memposisikan tangan yang benar maka anak dapat nyaman dalam belajar. Selain itu posisi tangan yang benar dalam menulis membantu agar pergelangan tangan tidak mudah lelah dan pegal.

4. Posisi duduk

Perhatikan juga posisi duduk anak. Apabila belajar bersama dengan teman-teman yang lain minta anak untuk duduk di sisi kiri temannya. Dengan demikian dia akan lebih bebas menulis dan tidak bentrok dengan siku temannya yang tidak kidal. Perhatikan juga cara mengatasi anak yang pemalu dan minder karena perbedaannya dengan anak yang lain. Dengan demikian anak leluasa bermain dengan teman-temannya tanpa rasa minder.

5. Memilih meja

Usahakan untuk memilih meja dan kursi yang nyaman untuk belajar. Jangan terlalu rendah dan jangan terlalu tinggi. Sehingga posisi anak saat belajar menulis cukup nyaman.

6. Kendalikan emosi

Mengajari menulis tentu bukan hal yang mudah. Oleh sebab itu kendalikan emosi dan jangan sering membentak anak. Lakukan dengan kesabaran supaya anak merasa senang dan cepat berhasil. Jika suasana belajar nyaman, tentu anak dapat mencapai tujuan belajarnya secara maksimal. Jangan sampai terjadi penyebab anak melawan orang tua karena rasa tidak nyaman yang dialami akibat emosi orang tua.

7. Perbaiki kesalahan

Bila anak melakukan kesalahan, jangan lupa untuk mengingatkan. Dengan cara bijak menasehati anak balita yang sabar, tentu anak akan paham dan mau memperbaiki kesalahannya. Sebagai orang tua sebaiknya selalu awasi anak dan bimbing anak hingga dapat melakukan dengan benar.

8. Beri pujian

Jangan lupa untuk selalu memberi pujian atas hasil kerja keras anak. Ingat dampak buruk membandingkangkan anak dengan anak yang lain. Oleh sebab itu jangan bandingkan kelemahan anak dengan anak lain yang normal. Setiap anak memiliki kelebihannya masing-masing. Usahakan cara meningkatkan rasa percaya diri anak supaya walaupun sedikit berbeda anak juga dapat berprestasi di sekolah.

Demikian cara mengajari anak kidal menulis dengan benar. Dengan memahami cara tersebut maka orang tua tidak akan menghadapi kesusahan lagi menghadapi anak yang kidal. Melalui cara mengasah bakat anak yang benar, maka pertumbuhan anak kidal tetap dapat maksimal. Secara perkembangan anak yang kidal juga tetap sama dengan anak normal lainnya.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 10th, December 2017 / 11:20 Oleh :
Kategori : Pendidikan