Sponsors Link

5 Cara Mengajari Anak Bicara dengan Baik dan Benar

Sponsors Link

Belajar bicara adalah suatu proses yang dimulai seorang anak sejak ia lahir, ketika bayi mengetahui pengalaman bagaimana bunyi dari suara-suara yang didengarnya. Ketika bayi belum dapat mengoceh aatau membentuk kata-kata dan kalimat lengkap, mereka berkomunikasi dengan tangisan dan ekspresi wajah, serta gerakan tubuhnya. Pada usia dua tahun, kebanyakan bayi sudah memiliki kosa kata yang banyak dan dapat menggabungkan kata-kata untuk mrngekspresikan kebutuhan dan pikiran mereka. Bayi belajar dari mendengarkan suara orang di dekatnya, terutama suara orang tuanya. Sebelum mereka belajar untuk berbicara menggunakan kata-kata, bayi akan belajar untuk mengoceh dan bermain dengan bunyi-bunyian yang berasal dari suaranya sendiri.

ads

Mengajar Bicara kepada Anak

Mengajari anak bicara sangat penting, karena berhubungan dengan perkembangan komunikasi pada anak. Walaupun kemampuan bicara pada umumnya terjadi secara alami pada anak, namun perlu bimbingan tertentu agar anak dapat memperlancar kemampuan bicaranya yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

1. Komunikasi dua arah

Sejak awal, biasakan agar terjalin komunikasi dua arah antara Anda dan bayi. Tidak saja membicarakan apa yang sedzng dan akan Anda lakukan kepadanya namun juga memberi perhatian pada apa yang mereka berusaha sampaikan. Perhatikan tangisan, suara dan gerak tubuh bayi untuk mengetahui apa yang sedang ingin disampaikannya. Jika Anda kurang yakin mengenai arti dari komunikasi yang dilakukan bayi, tunggulah sebelum memberikan tanggapan. Dengan demikian, anak juga mengerti bahwa orang tuanya sedang berusaha memahami cara mereka berkomunikasi.

2. Gunakan nada biasa

Bicara pada bayi dalam nada suara yang normal, asli dan tidak dibuat-buat akan lebih efektif daripada menggunakan nada yang kekanak – kanakan. Sebab, dengan cara bicara yang jelas maka Anda akan lebih mudah menyampaikan maksud dari perkataan tersebut dan membuat anak lebih memahaminya. Kelak, bayi juga akan terbiasa menyampaikan kata-katanya dengan jelas dan tegas, serta mudah dipahami orang lain. Penyebab anak terlambat bicara biasanya karena kurang mendapat stimulasi dari orang terdekat, yaitu orang tua.

3. Gunakan istilah yang benar

Untuk mengajarkan berbagai kata kepada anak, cara paling efektif adalah dengan menggunakannya dalam berbagai percakapan antara Anda dan anak. Misalnya, sebutkan nama suatu benda dengsn jelas dan benar daripada memberikan nama julukan yang kelak akan membuat anak bingung akan fungsi dan nama asli benda tersebut. Berbicara dengsn istilah yang benar juga dapat menjadi cara jitu mengatasi cadel pada anak, hindari kata-kata yang tidak boleh diucapkan orang tua kepada anak, dan juga perhatikan jika anak suka bicara sendiri.

4. Membacakan cerita

Membaca buku cerita kepada anak dengan memperhatikan minatnya akan cerita tertentu jugs dapat menjadi cara mengajari anak bicara. Biarkan anak menentukan bagian mana yang ingin dibacakan, bahkan jika akhirnya hal tersebut membuat suatu cerita tidak selesai pada saat itu juga. Bacakan cerita yang cocok untuk anak-anak, sebelumnya tentu Anda harus menyimak lebih dulu isi ceritanya sebelum membacakan kepada anak.

5. Sabar

Cara mengajari anak bicara tidak dapat dilakukan secara terburu-buru. Anda perlu melakukannya dengan perlahan dan sabar, bahwa segala sesuatu yang tergesa-gesa tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik. Anak yang belajar bicara dengan paksaan tentunya juga tidak akan merasa nyaman, akibatnya dai bisa merasa bahwa kegiatan tersebut bukanlah suatu hal yang menyenangkan.

Jika Anda menemukan anak masih mengoceh tidak jelas, jangan abaikan mereka. Berilah dukungan bahwa anak berusaha mengatakan sesuatu, dan Anda juga berusaha memahaminya. Jangan berusaha mengetes anak dan tampak kecewa ketika mereka tidak bisa memenuhi harapan Anda. Biarkan perkembangan bicara znak berjalan dengan sendirinya selama hal tersebut masih berada dalam tahap normal, tentunya dengan bimbingan Anda. Apabila menemukan gejala macam-macam gangguan komunikasi pada anak seperti anak terlambat bicara atau adanya ciri-ciri anak terlambat bicara, segeralah bawa anak untuk berkonsultasi dengan dokter.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , , ,
Post Date: Saturday 05th, May 2018 / 12:55 Oleh :
Kategori : Pendidikan
Doctors Talk

Kecanduan game & gadget bisa jadi momok bagi ibu, bahkan bisa membuat anak depresi dan bunuh diri, yuk kenali dan jangan lupa subscribe ya.