Sponsors Link

Inilah 5 Cara Mendidik Anak Usia 1 Tahun Terbukti Efektif

Sponsors Link

Usia 1 tahun masih dalam masa usia emas anak. Pada masa ini, sangat disarankan untuk mengoptimalkan kemampuan anak dan mencegah adanya ciri-ciri tumbuh kembang anak terganggu. Ketika berusia 1 tahun,  ada beberapa anak yang sudah mulai berjalan dan ada juga yang sudah mulai berlatih bicara. Pada usia ini, anak akan cenderung mengingat apa yang sering mereka lihat dan apa yang mereka dengar. Para orang tua juga harus mulai memperhatikan apa yang dilihat dan didengar oleh anak.

ads

Anak usia 1 tahun juga mempunyai sifat ingin tahu yang besar. Ia akan mulai sering memainkan hal-hal yang baru untuk mereka. Bahkan mereka akan mulai menanyakan berbagai hal walaupun dalam bahasa yang belum bisa dimengerti sepenuhnya. Namun inilah masa yang tepat untuk para orang tua bisa mengajarkan banyak hal agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik, bahkan menjadikan anak cerdas untuk ke depannya. Jangan sampai ada satu dari macam-macam gangguan pada tumbuh kembang anak justru muncul pada anak Anda. Berikut adalah beberapa cara mendidik anak usia 1 tahun agar menjadi anak yang pintar dan cerdas:

Baca: cara mendidik anak usia 3 tahuncara mendidik anak usia 5 tahuncara mudah mengajar anak membacacara mudah mengajar anak yang malas belajarpentingnya pendidikan karakter untuk anakcara melatih otak kanan anak – cara bijak menasehati anak balita – cara mengatasi anak yang agresif

1. Ajak Anak Lebih Banyak Berbicara

Anak usia 1 tahun mulai berjalan dan berbicara. Pada masa ini, ia akan lebih banyak bergerak. Para orang tua dapat memanfaatkan momen ini untuk mulai mengenalkan hal baru kepada anak. Sambil melatih anak berjalan dengan lancar, para orang tua dapat mulai mengenalkan benda-benda di sekitarnya. Kenalkan anak kepada hal-hal baru dengan menyebutkan nama-namanya. Selain itu, latih juga kemampuan anak berbicara dengan cara sering mengajaknya berbicara. Orang tua dapat juga mengajarkan berbicara sambil membacakan buku cerita kepada anak. Sebaiknya pilih buku cerita bergambar sehingga Anda dapat bercerita sambil menunjukkan gambar. Selama bercerita, ajak anak untuk mengikuti kata-kata yang mudah. Ajari secara perlahan dan lambat agar anak dapat mulai mengingat kemudian mengikuti kata tersebut. Baca: penyebab anak menjadi keras kepala – dampak buruk selalu menuruti keinginan anak

2. Ajak Anak Bernyanyi sambil Bergerak

Cara mendidik anak usia 1 tahun berikutnya agar menjadi anak yang pintar dan cerdas adalah dengan melatihnya bernyanyi sambil bergerak. Aktivitas ini akan menyeimbangkan otak kiri dan otak kanannya. Mengajarkan anak bernyanyi sambil bergerak akan merangsang kemampuan berbicara, kemampuan bergerak, kemampuan mengingat, dan kemampuan menyinkronkan beberapa hal dalam satu waktu. Mulai membiasakan aktivitas ini akan menstimulasi dan mengembangkan kemampuan otaknya. Untuk tahap awal, sebaiknya memilih lagu yang mudah diikuti dan diingat oleh anak. Pilih gerakan yang mudah tapi menarik bagi anak.

3. Lakukan Hal Baik di Depan Anak

Anak berusia 1 tahun sedang berkembang kemampuan mengingatnya. Ia akan lebih mudah mengikuti hal-hal yang sering ia lihat. Oleh karena itu apa yang dilakukan oleh orang tua adalah pengajaran pertama bagi anak. Orang tua hendaknya melakukan hal-hal baik di depan anak. Misalnya selalu berkata lembut, jangan marah-marah di depan anak, jangan membentak, jangan memukul, atau bahkan berkata kasar di depan anak. Para orang tua juga harus berkelakuan baik kepada makhluk lain, misalnya jangan menendang kucing di depan anak. Jika anak melihat ini  maka ia akan mengingat bagaimana cara memperlakukan kucing. Tampilkan hal-hal yang baik hanya di depan anak. Ini semua demi karakter yang terbentuk pada anak. Baca: dampak buruk orang tua bertengkar di depan anak  – dampak buruk sering membandingkan anak dengan anak lain

4. Ajak Anak Bermain Bersama

Cara mendidik anak usia 1 tahun selanjutnya adalah sering mengajaknya bermain bersama. Anak pada usia ini sedang senang bermain. Anda dapat mendukung aktivitas ini dengan cara memberikannya berbagai alat permainan yang sesuai dengan umur. Namun, akan lebih baik jika Anda ikut menemaninya bermain. Melalui waktu bermain ini, ikatan Anda dan anak akan lebih kuat. Anak juga merasa akan lebih diperhatikan oleh orang tuanya. Selain itu, keamanan anak juga terjaga dari benda-benda yang mungkin membahayakan keselamatan si kecil. Anak pada usia ini terkadang ingin mencoba berbagai hal baru, termasuk memasukkan benda-benda asing ke dalam mulutnya.

5. Berikan Nutrisi yang Cukup

Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisinya melalui berbagai jenis makanan terbaik untuk otak anak. Semakin baik nutrisinya, semakin baik pula perkembangan otaknya. Anak juga akan mulai menunjukkan ciri-ciri anak cerdas sejak bayi jika asupan nutrisi Anda penuhi sejak masa kehamilan. Kecerdasan anak juga bergantung kepada makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Oleh karena itu sangat disarankan untuk memberikan berbagai macam nutrisi yang mendukung kecerdasan otak. Mengajak anak untuk melakukan berbagai aktivitas yang mendukung kecerdasan otak tidak akan berdampak secara optimal jika tidak dibarengi dengan asupan nutrisi yang baik. Usahakan untuk menyeimbangkan asupan karbohidrat, protein, lemak, dan berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Baca: jenis makanan yang tidak boleh diberikan pada bayi 6 bulanbahaya makanan cepat saji untuk kesehatan anakmakanan sehat untuk tumbuh kembang anakmakanan terbaik untuk bayi – manfaat asi eksklusif untuk bayi

Itulah beberapa cara mendidik anak usia 1 tahun yang dapat dilakukan untuk menjadikan anak menjadi pintar dan cerdas. Akan tetapi, harap selalu diingat bahwa tahap perkembangan setiap anak berbeda-beda. Setiap cara ini juga jangan terlalu dipaksakan pada anak. Pilihlah cara-cara yang nyaman bagi anak. Jangan buat anak terpaksa dalam melakukan sesuatu. Akan tetapi buatlah ia tertarik dengan aktivitas yang ingin Anda ajarkan.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Post Date: Saturday 11th, November 2017 / 08:42 Oleh :
Kategori : Parenting