Sponsors Link

5 Cara Mendidik Anak Tunggal agar Mandiri Sejak Kecil

Sponsors Link

Anak tunggal memang kerap dicap sebagai anak yang egois, manja dan tidak dapat melakukan apapun sendiri tanpa bayang-bayang orang tuanya. Memang benar bahwa anak tunggal selalu egois jika orang tua mengasuhnya dengan kasih sayang berlebihan hingga menganggap anak tidak pernah salah. Namun jika dididik dengan benar, anak pun dapat menjadi mandiri bahkan bisa mengalahkan sifat egoisnya. Cara mendidik anak agar mandiri khususnya bagi anak tunggal tidak bisa dilakukan dengan instan, jadi butuh kesabaran dan proses yang cukup panjang agar anak dapat bersikap mandiri hingga ia dewasa nanti. Adapun cara mendidik anak tunggal agar menjadi mandiri dapat dilakukan dengan beberapa tips berikut ini.

1. Berikan Anak Tanggung Jawab

Menjadi anak tunggal bukan berarti ia tidak perlu melakukan pekerjaan apapun di rumah. Justru ia harus diberikan tanggung jawab untuk menyelesaikan suatu pekerjaan baik untuk mengurus keperluan rumah maupun sekolahnya agar ia terbiasa untuk mengurus keperluannya sendiri. Jika setiap kebutuhan dan urusan di rumah selalu dilakukan oleh orang tua, tentu anak tunggal akan menjadi manja dan tidak dapat melakukan apapun sendiri sehingga dapat merugikan anak tersebut.

2. Libatkan Anak dalam Komunitas yang Baik

Anak tunggal cenderung merasa kesepian dan tidak tahu cara berbagi karena ia tidak memiliki saudara kandung. Namun bukan berarti hal tersebut menghambat anak untuk dapat belajar bersosialisasi dan berbagi dengan orang lain. Untuk melatihnya menjadi anak mandiri, anak juga perlu dilibatkan dalam komunitas atau klub yang memiliki berbagai kegiatan bermanfaat. Misalnya seperti pramuka, anak pecinta lingkungan atau apa saja, yang terpenting ada kegiatan bermanfaat yang dapat dilakukan anak tanpa melibatkan orang tua sehingga ia dapat belajar mandiri untuk mengurus dirinya sendiri saat berada di luar rumah dan jauh dari orang tua.

3. Jangan Banyak Melarang

Bagaimana seorang anak dapat menjadi mandiri jika setiap tindakannya sangat dibatasi dan banyak larangan. Terlalu membatasi anak atau protektif yang berlebihan justru akan menghambat setiap potensi anak bahkan anak tidak dapat mengeksplor kemampuannya sampai batas maksimal. Lebih parah lagi, terlalu banyak melarang menjadi penyebab anak menjadi keras kepala. Jadi, biarkan saja anak melakukan apa yang ingin dilakukannya selama hal tersebut masih bernilai positif. Hal ini akan mengajarkan anak bahwa segala sesuatu memang hanya bisa didapat jika ada usaha dan kerja keras dari diri sendiri.

4. Bijak dalam Mengabulkan Keinginan Anak

Kesalahan dalam mendidik anak balita tunggal salah satunya adalah selalu menuruti apa yang diinginkannya, padahal itu dapat membuat anak selalu manja, bergantung pada orang tua bahkan menjadi egois. Dampak buruk selalu menuruti keinginan anak tentu saja akan membuat anak semakin malas untuk berusaha dan melakukan apapun sendiri. Jadi, biasakanlah untuk menjadi orang tua yang tega untuk tidak langsung mengabulkan saat anak meminta hal-hal yang memang tidak bisa kita berikan agar ia tidak egois dan bisa menjadi anak yang lebih mandiri.

5. Latih Anak untuk Dapat Menyelesaikan Masalah Sendiri

Adakalanya saat anak menghadapi masalah orang tua akan langsung turun tangan untuk menyelesaikannya, namun sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan jika ingin anak tunggal Anda dapat bersikap mandiri. Biasakan dan latih anak untuk dapat menghadapi dan menyelesaikan setiap permasalahannya sendiri agar menjadi mandiri dan terbiasa mencari solusi terbaik. Hal ini juga menjadi bagian dari pentingnya pendidikan karakter untuk anak dan tidak boleh diabaikan para orang tua.

Pentingnya pendidikan anak usia dini khususnya bagi anak tunggal memang tidak boleh diabaikan. Jika dapat diasuh dengan benar maka anak tunggal pun dapat bersosialisasi, lebih mandiri dan bijak dalam menjalani kehidupannya. Karena itu tugas orang tua adalah mendidik anak sebaik-baiknya agar kelak dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Sponsors Link
, , , , , , , , ,
Post Date: Saturday 28th, April 2018 / 16:13 Oleh :
Kategori : Karakter