Sponsors Link

8 Cara Mendidik Anak Remaja yang Pasti Berhasil

Sponsors Link

Memiliki anak yang mulai masuk usia puber artinya harus siap memahami cara mendidik anak remaja. Karena inilah usia yang tidak mudah untuk diarahkan. Anak remaja biasanya memiliki pemikiran baru yang ingin dikembangkan, mulai ingin seperti lingkungannya dan sedang dalam tahapan mencari jati diri maupun bakat yang sesungguhnya. Karena itu ini merupakan masa yang paling membutuhkan arahan dan didikan orang tua. Sehingga diperlukan cara mendidik anak yang suka membantah supaya dapat berjalan di arah yang positif. Jika ingin tahu lebih jelasnya mengenai hal ini, simak berikut beberapa cara mendidik anak remaja di bawah ini:

ads

1. Membiasakan Disiplin

Hal paling utama yang perlu diperhatikan yaitu cara mengajarkan disiplin pada anak dalam segala hal. Misalnya tahu kapan waktu belajar, tahu kapan waktu istirahat atau tahu waktu main yang tepat. Dengan mengarahkan anak untuk disiplin, maka anak akan belajar lebih menghargai waktu  dan dapat menyelesaikan tanggung jawabnya dengan maksimal tanpa mengganggu hobi maupun kesukaannya.

2. Memahami Karakter

Selanjutnya pahami dengan baik karakter anak. Usahakan untuk melihat cara mengenali karakter anak dan kesukaan anak. Karena ada berbagai macam tipe, sifat dan karakter yang berbeda-beda. Dengan memahami karakter akan lebih mudah melakukan pendekatan. Sehingga nasihat yang diberikan akan jauh lebih efektif daripada tidak mengenal karakter anak.

3. Pengetahuan Agama

Cara mendidik anak remaja selanjutnya yaitu dengan membekali pengetahuan pentingnya pendidikan agama untuk anak yang kuat. Mengajarkan anak taat pada agama dan takut akan Tuhan dapat membuat anak selalu mengutamakan perbuatan yang baik. Dengan demikian maka anak dapat terhindar dari perilaku negatif dan lebih hormat pada orang tua.

4. Penuh Kesabaran

Jangan lupa untuk mendidik dengan penuh kesabaran. Karena anak membutuhkan pemahaman dan perhatian yang maksimal. Kesabaran merupakan bekal utama orang tua dalam menanamkan nilai-nilai positif pada anak hingga anak benar-benar mengerti dan melaksanakannya.

5. Bersosialisasi

Selanjutnya ajak anak tetap bersosialisasi dengan teman-temannya. Hal ini membantu anak untuk tidak tertutup ataupun autis. Selain itu dengan cara mengatasi anak yang susah bersosialisasi akan mengajarkan cara komunikasi yang paling efektif dengan orang lain.

6. Beri Contoh

Cara berikutnya dengan memberikan contoh yang baik bagi anak. Saat anak melihat perlakuan positif secara tidak langsung ia akan meniru hal tersebut. Karena itu orang tua adalah contoh anak yang paling terdekat.

7. Hargai Anak

Jangan lupa untuk menghargai anak untuk setiap usaha yang telah dia lakukan. Ucapkan terima kasih atau berikan pujian jika anak berhasil melakukan sesuatu yang membanggakan. Dengan demikian hal ini juga dapat menjadi salah satu langkah cara membuat anak lebih terbuka kepada orang tua.

8. Rendah Hati

Ada baiknya juga mengajarkan anak rendah hati pada sesamanya, sehingga anak akan memiliki banyak teman. Ajarkan pentingnya menanamkan kejujuran pada anak dan ketaatan. Dengan demikian maka anak akan mudah dalam berteman dengan berbagai macam orang.

Itulah beberapa cara mendidik anak remaja yang cukup efektif dan dapat bermanfaat maksimal. Sebaiknya pahami karakter anak, apakah anak introvert atau tidak, termasuk apa yang menjadi bakat serta minat anak. Dengan demikian akan lebih mudah untuk mengarahkan anak menuju hal yang positif daripada yang negatif. Sehingga di masa yang akan datang, masa depan anak akan lebih baik dan tertata maksimal.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 02nd, May 2018 / 14:08 Oleh :
Kategori : Pendidikan