Sponsors Link

5 Cara Mendidik Anak Bungsu agar Tidak Manja

Sponsors Link

Anak bungsu memang seringkali mendapat perhatian lebih dari orang tua, dan jarang diberikan tanggung jawab yang berat seperti saudaranya yang lain. Karena itu anak bungsu pun cenderung menjadi lebih manja dan egois, seperti anak tunggal selalu egois dalam kesehariannya. Nah, untuk mengatasi masalah ini, orang tua perlu trik jitu agar anak bungsunya bisa lebih mandiri, salah satunya dengan cara jitu mengatasi anak yang cengeng dan manja serta cara mendidik anak tunggal agar mandiri. Tentunya dalam mendidik anak, hindari bentakan dan kata-kata yang tidak boleh diucapkan orang tua kepada anak. Jika anak sering dibentak, maka akan tumbul efek pada mental anak yang sering dibentak yang tentu saja tidak baik bagi perkembangan karakternya. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mendidik anak bungsunya agar tidak manja.

ads

1. Beri si Bungsu Kepercayaan

Anak bungsu sering tidak diperlakukan dengan serius karena dianggap yang paling kecil dan belum dewasa, karena itu ia jadi terbiasa untuk menerima sesuatu dan menjadi sangat tergantung pada orang lain. Untuk melatih kemandiriannya, cobalah untuk melibatkan si bungsu dalam memutuskan sesuatu seperti dalam acara liburan keluarga ingin kemana atau makan malam ingin membuat menu apa. Dengan begitu ia akan terbiasa untuk memutuskan sesuatu berdasarkan apa yang ia pikirkan.

2. Tidak Membedakan Anak

Hal yang sering menjadikan anak bungsu menjadi manja adalah karena orang tua sering memperlakukannya secara berbeda dengan saudara kandungnya. Jika si kakak atau abang mendapat tugas untuk membantu ibu atau membereskan kamar, si bungsu justru tidak melakukan apapun. Atau mungkin dalam pembagian makanan dan barang lainnya, orang tua cenderung melebihkan untuk si bungsu sehingga hal ini membuatnya menjadi lebih manja. Usahakan untuk memperlakukan semua anak dengan sama rata dan tidak membedakan agar mereka dapat hidup rukun dan si bungsu terbebas dari sifat manja.

3. Beri Tanggung Jawab

Meski anak bungsu merupakan anak yang paling kecil, bukan berarti ia tidak diberikan tugas atau tanggung jawab apapun. Mintalah anak bungsu untuk ikut mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu, membereskan tempat tidur, atau membantu mencuci piring di dapur. Dengan begitu, ia tahu bahwa anak bungsu pun juga memiliki tugas yang harus diselesaikan sendiri dan tidak dapat selalu mengandalkan orang lain untuk mengurusi keperluannya sehari-hari.

4. Jangan Terlalu Melarang

Memang benar terkadang anak bungsu tidak dapat melakukan hal untuk usia di atasnya seperti saudaranya yang lebih tua. Karena itu orang tua lebih banyak melarang anak bungsu, padahal jika terlalu banyak dilarang anak jadi kurang dapat mengeksplorasi kemampuan dirinya. Hal ini tentu saja akan berdampak pada pembentukan sifatnya yang lebih menutup diri, tidak mandiri dan tidak berani melakukan sesuatu sesuai dengan keinginannya.

5. Mengakui Pengalaman Pertamanya

Reaksi orang tua pun umumnya lebih terlihat saat anak pertama melakukan sesuatu yang membanggakan dibandingkan saat anak bungsu yang melakukannya. Misalnya, jika si kakak dapat menjadi siswa berprestasi dan ia menjadi kebanggaan keluarga, biasanya ekspresi tidak akan sekuat saat si bungsu yang meraihnya. Hal ini juga sering menjadi pemicu anak bungsu menjadi manja. Cobalah mengapresiasi setiap prestasi atau pencapaian yang dilakukan anak bungsu seperti saat ia dapat menggambar dengan bagus, mampu makan sendiri dan tidak berserakan. Dengan begitu ia tahu bahwa setiap yang ia lakukan adalah sesuatu yang bagus dan patut untuk dibanggakan.

Itulah cara mendidik anak bungsu agar tidak manja. Pentingnya hobi untuk anak juga bisa menjadi sarana bagi anak bungsu untuk menyalurkan minat bakatnya sehingga ia bisa lebih berani dan mandiri dalam menghasilkan karya. Anak manja mungkin akan sering diejek, sehingga orang tua pun sekarang harus lebih memperketat pengawasan untuk menghindari bahaya bullying pada anak.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Sunday 29th, April 2018 / 07:57 Oleh :
Kategori : Pendidikan