Sponsors Link

Ketahui 8 Cara Mendidik Anak agar Cerdas Sejak Bayi

Sponsors Link

Setiap orang tua pasti ingin anak-anak mereka tumbuh menjadi anak yang cerdas. Dengan cara yang tepat akan mulai muncul ciri-ciri anak cerdas sejak bayi. Untuk itulah setiap orang tua akan memberikan semua hal terbaik bagi anak-anak. Keinginan mempunyai anak yang cerdas haruslah dibarengi dengan berbagai usaha. Dan semua ini sebaiknya dilakukan sejak anak masih bayi. Berikut adalah beberapa cara mendidik anak agar cerdas sejak bayi yang dapat diterapkan oleh para orang tua:

ads

1. Berikan ASI Eksklusif.

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Selain bermanfaat bagi kekebalan tubuh bayi, ASI juga dapat meningkatkan kecerdasan anak. Itulah mengapa sangat disarankan untuk memberikan ASI kepada anak sampai usia 2 tahun. Sedangkan untuk ASI eksklusif diberikan sampai bayi berusia 6 bulan. Jangan pernah meragukan manfaat ASI eksklusif untuk bayi dan juga untuk pertumbuhan dan intelegensi anak.

2. Bicara secara Cerdas dengan Anak.

Mengajak anak berbicara tidaklah harus menunggu anak pandai berbicara. Orang tua dapat mengajak anak berbicara bahkan sejak anak masih dalam kandungan. Ketika masih bayi, usahakan untuk sering mengajak anak untuk berbicara. Mulailah dari hal-hal sederhana, misalkan ketika menggunakan baju bicaralah bahwa menggunakan baju dimulai dari sebelah kanan lalu sebelah kiri. Kebiasaan-kebiasaan kecil seperti ini dapat merangsang kecerdasan anak sejak bayi. Untuk beberapa anak yang terlambat bicara, misalnya pada usia 3 tahun belum bicara dengan lancar Anda dapat menerapkan cara melatih bicara anak usia 3 tahun.

3. Bacakan Cerita.

Saat anak sudah mulai latihan berinteraksi dan mulai mengenal lingkungan sekitar, cobalah untuk membacakan cerita. Langkah ini juga menjadi salah satu cara mudah mengajar anak membaca. Sekarang ini sudah banyak beredar buku-buku anak yang didesain dengan gambar dan warna yang menarik. Perpaduan warna dan gambar ini akan lebih efektif ketika Anda mulai membacakan cerita yang berhubungan dengan gambar. Kegiatan seperti ini sangat efektif dalam merangsang kecerdasan anak sejak bayi.

4. Perkenalkan Anak dengan Musik.

Mendengarkan musik kepada anak dapat dimulai sejak anak masih dalam kandungan. Pada masa awal, bayi mungkin hanya bisa mendengarkan. Namun, beberapa jenis musik dipercaya dapat merangsang saraf otak untuk berkembang lebih baik. Ketika anak sudah mulai dapat berinteraksi, ajarkan anak untuk bergerak ketika mendengar irama musik tertentu. Kegiatan ini akan menstimulasi otak anak menjadi lebih aktif.

5. Ajak Anak Bernyanyi.

Cara mendidik anak agar cerdas sejak bayi dapat dilakukan dengan cara mengajaknya bernyanyi. Bernyanyi dengan diiringi alunan musik dan melatihnya dengan gerakan akan membuat perkembangan otak anak berkembang pesat. Anda dapat mencontohkan beberapa gerakan sambil bernyanyi. Memang pada awalnya anak tidak langsung mengikuti, tapi dari waktu ke waktu anak mulai bisa mengikuti dengan ciri khasnya tersendiri.

6. Bermain dengan Anak.

Sejak bayi, kegiatan bermain bukanlah suatu hal yang sia-sia. Ketika masih bayi, ajarkan anak untuk mengenal hal-hal di sekitarnya melalui kegiatan bermain. Selain itu, saat ini sudah banyak mainan yang diperuntukkan untuk bayi. Jangan biarkan anak bermain sendiri. Bermain bersama anak sangat efektif dalam merangsang perkembangan otak anak. Bermain dengan anak bisa juga dilakukan ketika liburan. Ada beragam manfaat liburan untuk anak.

7. Cukupi Asupan Gizi Anak.

Jangan pernah lupakan dan sepelekan asupan nutrisi anak. Hal ini sangatlah penting dalam perkembangan otak anak. Nutrisi berupa asam lemak omega 3 sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak dalam berkonsentrasi, memori dan juga berdampak pada aspek kognitif. Untuk itu, berikanlah anak makanan yang mengandung asam lemak omega 3 dan juga DHA untuk membuat anak cerdas. Itulah mengapa setiap orang tua harus memperhatikan makanan sehat untuk tumbuh kembang anak, seperti jenis makanan terbaik untuk otak anak dan manfaat sayuran untuk anak. Sebisa mungkin jauhkan anak dari berbagai macam makanan cepat saji. Hal ini karena ada beragam bahaya makanan cepat saji untuk kesehatan anak.

8. Batasi Anak Menonton TV.

Salah satu kebiasaan yang sebaiknya dibatasi adalah membiarkan anak ketika menonton TV. Tidak salah mengenalkan TV kepada anak, akan tetapi harus selalu diberikan batasan dan juga pengawasan. Ijinkan anak untuk menonton TV cukup 2 jam dalam sehari.

Kecerdasan anak dapat dibentuk sejak bayi dengan berbagai kebiasaan yang baik dan asupan gizi yang cukup. Jadi jangan hanya percaya bahwa kecerdasan anak hanya bergantung dari faktor genetik saja. Selain beberapa cara di atas, sangat penting juga untuk menanamkan pendidikan karakter pada anak. Pentingnya pendidikan karakter untuk anak akan berdampak sampai ia tumbuh dewasa. Itulah beberapa cara mendidik anak agar cerdas sejak bayi yang dapat diterapkan oleh para orang tua. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 26th, November 2017 / 22:34 Oleh :