Sponsors Link

5 Cara Mencegah Fobia pada Anak

Sponsors Link

Cara mencegah fobia pada anak bisa dilakukan dengan berbagai trik. Rasa takut yang muncul pada anak memang merupakan hal wajar. Namun jika rasa takut itu berlebihan maka akan menjadi sesuatu yang tidak wajar lagi. Oleh karena itu rasa takut berlebihan ini sebisa mungkin dicegah. Berikut beberapa cara mencegah fobia pada anak yang pasti dapat berhasil.

1. Meningkatkan rasa optimis pada anak.

Pada dasarnya fobia merupakan suatu kelainan yang tentunya bisa disembuhkan. Gejala dan penyebab fobia pada anak cenderung berhubungan dengan emosi seseorang. Oleh karena itu hal ini bisa diatasi antara lain dengan mengajarkan anak untuk selalu berpikiran positif mengenai suatu hal atau peristiwa. Anak juga sebaiknya diajarkan untuk tidak selalu mengandalkan jenis gangguan emosi pada anak yang bersifat tidak baik bagi dirinya. Anak juga harus diajarkan untuk memandang segala sesuatu dengan sikap optimis dan percaya diri. Dengan memiliki sikap yang demikian maka anak akan berusaha untuk mengembangkan sikap optimis dan mengembangkan pandangannya bahwa ia mampu mengatasi fobia yang dialaminya.

2. Memberi dukungan.

Orang tua dan keluarga sudah seharusnya selalu memberi dukungan kepada anak dalam kondisi dan situasi apapun. Peran keluarga sangatlah penting bagi perkembangan anak. Keluarga yang selalu mengarahkan anak untuk bersikap dan berpikir positif tentu akan membuat anak bertumbuh menjadi pribadi yang optimis dan tidak takut menghadapi apapun. Kondisi ini pada akhirnya akan membuat anak menjadi bersemangat dan dapat menjadi cara mengatasi rasa takut pada anak. Namun keluarga yang selalu membuat anak menjadi takut justru akan membuatnya menjadi pribadi yang penuh dengan fobia.

3. Mengajak anak untuk melakukan relaksasi.

Kegiatan relaksasi tidak hanya berguna bagi orang dewasa melainkan juga cara mencegah fobia pada anak. Kegiatan relaksasi seringkali disebut dengan istilah yoga atau meditasi oleh masyarakat awam. Di masa sekarang ini kegiatan seperti ini semakin menjamur. Banyak orang yang ingin mengikuti kegiatan relaksasi. Kegiatan relaksasi ini bertujuan untuk membantu menetralisir rasa takut atau rasa cemas yang selama ini ada dalam diri anak. Jika anak mengikuti kegiatan relaksasi maka anak akan diajarkan cara mengatasi gangguan emosi pada anak dan menjadi tenang.

4. Mengajarkan anak untuk melawan rasa takut.

Setiap orang pasti pernah memiliki rasa takut terhadap sesuatu. Namun rasa takut yang cenderung merupakan fobia sebaiknya segera diatasi agar hal ini tidak merugikan penderitanya. Anak yang memiliki fobia terhadap sesuatu sebaiknya dilatih untuk menghilangkan ketakutannya tersebut secara perlahan-lahan. Jika pelatihan ini dilakukan dengan rutin maka fobia anak akan hilang secara berangsur-angsur. Tentu saja usaha anak untuk melatih dirinya dalam tips agar anak tangguh dan mandiri ini memerlukan dukungan dari keluarganya.

5. Mengajak anak untuk mengikuti kegiatan konseling.

Fobia pada dasarnya merupakan suatu kelainan yang bersifat negatif dan bisa saja bersifat merugikan bagi pertumbuhan anak. Namun fobia ini bisa diatasi salah satunya dengan metode konseling. Orang tua boleh saja mengajak anak ke psikolog atau psikiater untuk mencegah stres pada anak. Dengan demikian psikolog atau psikiater dapat membantu anak dalam mengatasi dan menyembuhkan fobia yang dideritanya.

Cara mencegah fobia pada anak sebaiknya dilakukan dengan didukung orang tua. Selain itu perlu adanya motivasi dan semangat bagi anak. Sehingga anak dapat segera lepas dari fobia tersebut.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 10th, July 2018 / 11:08 Oleh :
Kategori : Fobia