Sponsors Link

8 Cara Mencegah dan Mengobati Skorbut pada Anak

Sponsors Link

Bahaya penyebab skorbut pada anak terus mengintai, karena itu ketahui cara mencegah dan mengobati skorbut pada anak. Pastikan supaya kondisi tersebut tidak mengganggu dan dapat segera diatasi. Sehingga anak dapat cepat pulih dan staminanya membaik kembali. Karena akibat skorbut jika dibiarkan berlarut-larut akan menghambat tumbuh kembang anak dan membuat anak tidak dapat beraktivitas dengan optimal. Sehingga penanganan yang teratur dan serius dibutuhkan oleh anak-anak dengan resiko skorbut. Sebagai informasi yang lebih jelas, simak berikut ini beberapa cara mencegah dan mengobati skorbut pada anak paling mudah dilakukan.

Cara Mencegah

Ada beberapa cara untuk mencegah penyakit skorbut yang dapat dilakukan oleh orang tua, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Berikan manfaat buah untuk anak yang kaya akan vitamin C seperti misalnya buah jeruk, anggur atau jambu biji. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi maka kemungkinan terjadi penyakit skorbut dapat dihindari. Oleh sebab itu selalu masukkan buah sebagai menu harian anak.
  2. Sediakan menu makanan yang kaya akan nutrisi, sehingga kondisi kekurangan vitamin pada anak dapat dihindari. Dengan nutrisi untuk anak tumbuh lebih tinggi yang komplit, maka tumbuh kembang anak juga akan menjadi lebih maksimal. Karena itu selalu atur menu makanan anak supaya kaya nutrisi baik vitamin maupun mineral yang dibutuhkan untuk aktivitas dan pertumbuhan anak sehari-hari.
  3. Selalu perhatikan kesehatan mulut dan gusi anak. Ajarkan anak untuk rajin gosok gigi dan minum air putih yang banyak. Dengan demikian maka plak dan karang gigi yang dapat memperparah kondisi gusi akibat kekurangan vitamin C dapat dihindari. Selanjutnya asupan air putih yang maksimal akan membantu metabolisme anak untuk jadi lebih baik, sehingga resiko kekurangan vitamin C yang dapat menyebabkan radang tenggorokan dapat dihindari.

Cara Mengobati

Untuk mengobati kondisi anak yang terkena penyakit skorbut, lakukan beberapa cara berikut ini;

  1. Segera berikan multivitamin yang tinggi akan manfaat vitamin C untuk tumbuh kembang anak setiap hari pada anak. Supaya kondisi gejala skorbut seperti gusi berdarah atau sariawan dapat teratasi.
  2. Berikan makanan sumber vitamin C untuk anak yang kaya akan vitamin C dosis tinggi sebagai menu wajib anak setiap hari. Sehingga imunitas tubuh anak akan meningkat dan anak dapat terhindar dari resiko penyakit yang berbahaya.
  3. Berikan obat yang sesuai dengan resep dokter untuk mengatasi pendarahan dan luka berupa sariawan pada mulut anak. Pastikan untuk memberikan dalam dosis yang sesuai dan hindari terjadinya efek samping obat yang berbahaya.
  4. Sebagai pengobatan herbal dari akibat skorbut, berikan beberapa alternatif pengobatan alami seperti sari daun sirih maupun sari alang-alang  yang berguna menyembuhkan luka di gusi dan menyembuhkan radang pada tenggorokan akibat kekurangan vitamin C pada tubuh anak.
  5. Jika anak terserang macam-macam infeksi yang terjadi pada bayi baru lahir, segera bawa ke dokter untuk pengobatan yang lebih lanjut. Terutama jika sampai terjadi demam atau kejang, segera bawa ke rumah sakit untuk penanganan yang lebih tepat.

Demikian beberapa penjelasan singkat mengenai cara mencegah dan mengobati gejala skorbut pada anak yang paling mudah untuk dilakukan. Dengan mencegah maka akan dapat lebih baik daripada mengobati. Karena mencegah terjadinya kondisi skorbut akan jauh lebih efektif untuk menghindari resiko bahaya akibat skorbut. Namun jika terlanjur terjadi maka segeralah diobati. Sehingga anak dapat sehat kembali dan beraktivitas normal sepanjang hari.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Post Date: Sunday 11th, March 2018 / 03:11 Oleh :
Kategori : Skorbut