Sponsors Link

8 Cara Menanamkan Tanggung Jawab pada Anak Sejak Kecil

Sponsors Link

Anak yang baik yaitu anak yang berani bersikap dewasa dan merupakan cara menanamkan nilai moral pada anak. Salah satunya dengan cara menanamkan tanggung jawab pada anak. Tentu hal ini tidak mudah, terutama jika diterapkan pada balita. Namun jika dibiasakan sejak dini, maka di kemudian hari anak akan terbiasa untuk tanggung jawab pada setiap tindakan yang dia lakukan. Oleh karena itu tidak ada salahnya mengajarkan tanggung jawab pada anak sejak mereka masih kecil. Sehingga hal tersebut akan selalu diingat seiring pertumbuhan karakter mereka. Berikut ini adalah beberapa cara menanamkan tanggung jawab pada anak yang dapat diterapkan orang tua dalam kehidupan sehari-hari.

ads

1. Disiplin

Pahami cara mengajarkan disiplin pada anak sejak dini, supaya anak memahami kebiasaan untuk menghargai waktu dan pekerjaan apapun. Inilah cara yang tepat supaya anak belajar bertanggung jawab terhadap perbuatannya.

2. Rajin

Usahakan cara bijak menasehati anak balita supaya anak rajin belajar dan mengerjakan sesuatu. Rajin adalah bentuk lain untuk menerapkan tanggung jawab pada diri sendiri. Dengan demikian anak juga akan terbiasa menerapkan tanggung jawab pada tugas-tugasnya yang lain.

3. Beri Tugas

Jika ingin anak belajar tanggung jawab cobalah untuk memberi tugas pada anak. Mulai dari tugas yang ringan seperti membersihkan kamar atau menyapu lantai. Jika anak berhasil maka berikan tugas yang lebih berat. Dengan demikian anak akan terbiasa tanggung jawab pada seluruh tugasnya sehari-hari.

4. Beri Kepercayaan

Usahakan untuk mempercayai anak, supaya tidak menjadi penyebab anak menjadi keras kepala. Selain itu jika memberi kepercayaan pada anak maka anak akan lebih senang untuk tanggung jawab pada apa yang dilakukannya. Misalnya anak akan disiplin menyelesaikan tugasnya atau mengerjakan PR dengan baik. Ini juga merupakan cara mendidik anak yang malas belajar.

5. Toleransi Kesalahan

Supaya anak mau tanggung jawab usahakan untuk bersikap lebih toleran saat anak melakukan kesalahan. Dengan demikian anak tidak segan untuk berusaha memperbaiki diri. Sehingga anak akan mudah memahami bagaimana cara memiliki tanggung jawab pada kehidupannya.

6. Minta Maaf

Salah satu cara menanamkan tanggung jawab pada anak yaitu dengan cara mudah mendidik anak untuk minta maaf saat salah. Karena dengan demikian maka anak akan tanggung jawab pada perbuatannya. Biasakan anak untuk memahami apa yang menjadi kesalahannya. Sehingga di masa yang akan datang anak tidak akan mengulangi perbuatannya yang salah kembali.

7. Mengambil Keputusan

Ajari anak belajar mengambil keputusan. Terangkan konsekuensi dari keputusan yang mereka ambil. Dengan demikian anak akan belajar tanggung jawab terhadap hidup maupun keputusan mereka. Hal ini lebih baik jika diajarkan sejak dini. Sehingga anak terbiasa memiliki karakter yang baik.

8. Beri Contoh

Supaya anak mau untuk tanggung jawab, sebaiknya orang tua juga memberi contoh yang baik. Sehingga ketika anak melihat figur orang tua yang bertanggung jawab, maka anak juga ingin lebih tanggung jawab dalam kehidupannya sehari-hari. Bagaimanapun contoh terdekat anak adalah orang tua.

Demikian beberapa cara menanamkan tanggung jawab pada anak yang mudah untuk diterapkan. Sehingga dengan demikian anak akan mengerti untuk bertanggung jawab sejak mereka masih kecil. Hindari membiarkan anak tumbuh cuek dan autis pada anak. Karena hal tersebut kurang baik untuk perkembangan watak anak. Dengan cara mengenali karakter anak dan watak yang baik, maka anak dapat diterima oleh lingkungannya dengan baik pula.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 31st, January 2018 / 11:01 Oleh :
Kategori : Karakter
Doctors Talk

Bolehkah susu kental manis dikonsumsi anak anak ? Simak penjelasan dr. Retno Kuntarti, Sp.GK, spesialis gizi berikut ini.