Sponsors Link

7 Cara Menanamkan Nilai Moral Pada Anak Dengan Bijaksana

Sponsors Link

Pentingnya sopan santun pada anak dan moral yang baik tentu idaman orang tua. Namun tidak selalu hal tersebut dapat terjadi. Karena itu sangat perlu memahami cara menanamkan nilai moral pada anak yang paling efektif. Agar anak paham cara bersopan santun atau menyikapi keadaan di sekitarnya. Jika tidak demikian maka karakter anak akan susah dibentuk dan anak tidak memahami sopan santun yang penting bagi karakternya. Terutama di masa sekarang dimana pengaruh teman atau media sangat besar. Sehingga anak lupa sopan santun dan memiliki moral yang baik. Jika ingin tahu lebih lanjut, berikut ini cara menanamkan nilai moral pada anak yang paling efektif agar anak selalu sopan dan santun di hidup sehati-harinya.

ads

1. Ajarkan Kejujuran

Salah satu poin penting yaitu mengajarkan untuk anak selalu jujur. Pahami cara membuat anak lebih terbuka kepada orang tua supaya anak terbiasa mengatakan segala sesuatu dengan benar dan tidak biasa berbohong. Jika demikian maka di kemudian hari anak akan terbiasa mengatakan yang benar dan takut untuk berbohong.

2. Tanamkan Disiplin

Faktor berikut yang tidak kalah penting yaitu cara mengajarkan disiplin pada anak. Dengan mengajarkan anak disiplin maka pola hidup anak lebih teratur. Sehingga moralitas anak akan terbiasa disiplin serta berkelakuan yang baik dan benar. Sepertinya hal ini sepele namun merupakan kunci anak patuh pada orang tua. Jangan sampai menjadi penyebab anak melawan orang tua.

3. Sosialisasi

Cara lain untuk menanamkan nilai moral yaitu dengan mengajarkan anak bersosialisasi. Supaya anak terbiasa berkomunikasi dengan orang lain dan memahami cara menghargai sesamanya. Ajarkan anak berteman dengan baik tanpa memilih status sosial teman mainnya. Supaya anak bersikap baik terhadap semua orang serta dapat mengajarkan cara mudah mendidik anak untuk minta maaf.

4. Ajarkan Empati

Supaya anak memiliki moral yang baik, ajarkan anak untuk memiliki empati terhadap keadaan orang lain. Jangan sampai anak cuek dan timbul autis pada anak. Karena hal ini dapat terbawa hingga anak dewasa nanti. Dengan lebih empati maka anak dapat menempatkan diri pada posisi orang lain.

5. Tanamkan Cinta Kasih

Usahakan agar anak belajar mencintai sesamanya dan terbiasa menolong sesama yang susah. Dengan demikian maka cara mengenali karakter anak serta moral anak akan berkembang lebih baik sesuai dengan harapan orang tua. Termasuk lebih memperhatikan kesusahan orang lain.

6. Hormati Orang Tua

Faktor penting sebagai cara menanamkan nilai moral pada anak yaitu dengan mengajarkan anak hormat pada orang tua. Dengan demikian anak akan memiliki budi pekerti yang baik sehingga bersikap santun dalam hidup sehari-hari.

7. Bersikap Ramah

Ajari anak untuk bersikap ramah sebagai salah satu cara bijak menasehati anak balita dengan terbiasa mengajarkan sikap santun pada anak dan terbiasa menyapa lebih dahulu. Dengan demikian anak akan terbiasa ramah pada semua orang dan memiliki moral yang baik. Jangan sampai anak memicu pertengkaran dengan orang lain di sekitarnya.

Demikian beberapa cara menanamkan nilai moral pada anak. Dengan memahami cara serta langkah yang tepat, diharapkan anak dapat memiliki karakter yang baik. Sehingga bukan hanya kecerdasan saja yang maksimal, namun juga karakter serta budi pekerti dapat diarahkan sejak dini. Dengan demikian tumbuh kembang anak akan berjalan dengan baik serta memicu anak memiliki karakter yang baik.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 29th, January 2018 / 13:25 Oleh :
Kategori : Karakter