Sponsors Link

5 Cara Memilih Pelembab yang Aman untuk Kulit Bayi

Sponsors Link

Bayi terutama yang baru lahir memiliki kulit yang sangat halus dan sensitif, sehingga perlu perawatan yang tepat. Orang tua seringkali bingung menentukan produk perawatan kulit seperti pelembab yang bagus dan aman untuk diberikan pada bayi secara rutin. Hal ini dikarenakan di pasaran banyak sekali merek pelembab kulit bayi namun tidak semuanya mengandung bahan yang aman. Jika salah pilih, bukan kelembaban yang didapat namun justru dapat menyebabkan eksim pada bayi, macam-macam infeksi yang terjadi pada bayi baru lahir dan jenis-jenis penyakit kulit pada anak. Nah, karena itu, penting sekali bagi para orang tua untuk lebih mengetahui cara memilih pelembab yang aman untuk kulit bayi seperti berikut ini.

1. Perhatikan Izin BPOM dan Halalnya

Izin BPOM berpengaruh sangat besar terhadap sebuah produk bayi termasuk pelembabnya. Produk yang aman biasanya telah lolos uji di BPOM, karena badan tersebut yang telah memeriksa bahan dalam pelembab dan memastikan bahwa aman untuk digunakan pada kulit bayi. Apalagi jika penggunanya muslim, perhatikan apakah ada label halalnya atau tidak, karena sesuatu yang halal biasanya lebih baik dan aman digunakan, serta dapat terhindar dari yang diharamkan oleh agama Islam.

2. Pilih yang Berbahan Organik

Produk pelembab kulit bayi sekarang ini sangat beragam. Karena itu orang tua harus lebih jeli dalam memilih produk yang tepat dan aman. Bahan kimia mungkin tidak dapat dihindari, namun cobalah untuk melihat komposisinya dan pilih yang kandungan bahan kimianya lebih sedikit serta masuk kategori aman. Bila perlu pilih yang berbahan dasar organik karena biasanya lebih aman digunakan. Hal ini juga berlaku untuk cara merawat kulit bayi yang sensitif dan cara mudah mengatasi alergi pada anak.

3. Pilih Pelembab Sesuai Kebutuhan

Pelembab untuk kulit bayi biasanya ada dalam dua bentuk yaitu baby cream dan baby lotion. Beda baby cream dan baby lotion dapat dilihat dari tekstur dan kandungannya. Meski sama-sama pelembab, keduanya memiliki fungsi masing-masing dan cara penggunaan yang sedikit berbeda. Memang beberapa orang tua mempertanyakan perlukah baby lotion untuk bayi, namun saat kulit bayi teriritasi, kering, udara dingin dan sebagainya, pelembab kulit amat diperlukan untuk menjaganya dari kekeringan. Jadi, pilihlah baby cream jika kulit bayi kering, pecah-pecah atau terdapat ruam saja, dan pilihlah baby lotion untuk menjaga kelembaban kulit bayi sehari-hari.

4. Hindari Pelembab yang Mengandung Parfum

Produk bayi memang lebih wangi dan biasanya aromanya jauh lebih lembut dibandingkan pelembab orang dewasa. Namun, aroma wangi tersebut berasal dari tambahan parfum dalam pelembab tersebut. Padahal parfum merupakan salah satu bahan yang tidak boleh terkena kulit bayi atau terhirup untuk menghindari penyakit serius seperti gangguan pernapasan dan iritasi kulit yang parah. Pilihlah pelembab yang kandungan parfumnya tidak ada atau sangat rendah agar tidak melukai kulit bayi.

5. Setia pada Satu Produk Pelembab

Kebanyakan orang tua yang kemampuan ekonominya lebih rendah atau di bawah rata-rata mungkin tidak akan banyak memilih, dan mengutamakan produk yang murah atau sedang ada diskon. Dampaknya, jika ibu membeli pelembab bayi berganti-ganti merek karena mengejar harganya yang lebih miring, tentu dapat berdampak buruk bagi si kecil. Jadi, jika sudah menemukan pelembab yang aman dan tepat, setialah pada produk tersebut agar kulit bayi merasa nyaman tanpa perlu paparan bahan kimia dari pelembab berbagai merek. Jika terjadi sesuatu, segera cari tips memilih dokter anak yang tepat agar bayi dapat ditangani dengan baik.

Sejatinya pelembab tidak begitu dibutuhkan jika kulit bayi lembab dan sehat. Namun sebaiknya perlu disediakan di rumah untuk berjaga-jaga, sebagai cara perawatan kulit kering pada bayi dan cara mengatasi kulit kering dan bersisik pada bayi. Dengan mengetahui cara memilih pelembab bayi yang aman, tentu kesehatan bayi lebih terjaga terutama pada kulitnya.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , , , ,
Post Date: Thursday 10th, May 2018 / 14:27 Oleh :