Sponsors Link

5 Cara Membiasakan Anak Gemar membaca Sejak Dini

Sponsors Link

Setiap orang tua pasti ingin anaknya menjadi pintar dan senang membaca buku. Namun untuk menanamkan kecintaan anak pada buku bukanlah perkara gampang. Perlu kiat dan cara khusus agar anak dapat mengenal manfaat membaca buku dan menerapkannya dalam kehidupannya. Jika perlu, jadikan membaca sebagai hobi, karena pentingnya hobi untuk anak akan membuat anak semakin kreatif. Dan tentu saja, kegiatan membaca akan menjadi aktivitas menyenangkan baginya jika didasari sebagai hobi. Sama seperti cara mengajarkan anak untuk tidur sendiri, cara mudah mengajar anak membaca perlu diterapkan di usia dini atau balita. Nah, berikut ini ada beberapa cara membiasakan anak gemar membaca yang dapat dilakukan oleh para orang tua.

1.Kenalkan Sejak Dini

Meski masih bayi, tidak ada salahnya jika ayah dan ibu sering mengajak anak membaca buku atau membaca buku di dekat mereka. Tidak ada salahnya saat mereka akan tidur, orang tua menceritakan dongeng atau cerita apapun yang menarik, sehingga bayi dan balita tidak hanya belajar mengenal buku dan membacanya, namun juga mendapatkan banyak kosakata baru yang dapat menunjang kemampuannya kerkomunikasi.

2. Jangan Memaksa

Hindari memaksa anak untuk mencintai buku, karena pemaksaan justru akan membuatnya menjadi benci terhadap buku dan semakin malas membaca. Ibu perlu memperhatikan suasana hati anak, meski pentingnya pendidikan anak usia dini perlu diberikan, memaksa akan membuat anak menjadi trauma. Sebaiknya, ibu mengajak anak membaca buku saat suasana hatinya riang dan buatlah suasana membaca sebagai suasana yang menyenangkan.

3. Berikan Contoh

Salah satu cara mengasah bakat anak dan cara jitu mengenali bakat anak adalah dengan membuatnya hobi membaca. Namun akan sangat sulit untuk membiasakan anak membaca jika orang tuanya sendiri jarang membaca. Karena itu, orang tua perlu menjadi contoh yang baik dengan rajin membaca terutama di dekat anak. Tidak masalah apa yang dibaca, bisa jadi buku, korang atau majalah. Dengan seringnya anak melihat orang tuanya membaca maka ia juga akan mulai tertarik untuk mencoba mengenal dan akhirnya ikut terbiasa membaca buku.

4. Biarkan Anak Memilih Buku

Sebagai orang tua memang sudah sepantasnya untuk memilihkan bahan bacaan yang aman dan berkualitas untuk anak. Namun anak juga perlu mendapatkan kebebasan untuk memilih buku bacaannya sendiri. Karena itu, biarkan anak memilih buku kesukaannya, dan orang tua hanya perlu mengawasi apakah buku yang ia pilih sesuai dengan usianya atau tidak. Sebaiknya, di tahap awal anak mendapatkan buku yang menarik dengan banyak gambar dan warna-warni.

5. Ajak ke Toko Buku

Membawa anak jalan-jalan atau liburan tidak perlu melulu ke mall atau taman bermain, karena toko buku atau perpustakaan daerah pun dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak jika dilakukan bersama orang tua. Semakin sering anak mengunjungi toko buku maka minatnya untuk membaca akan semakin kuat. Hal ini dapat menjadi cara mendidik anak usia 3 tahun dan cara mendidik anak usia 5 tahun yang cukup efektif agar mereka lebih mencintai buku.

Itulah cara membiasakan anak gemar membaca yang bisa dilakukan sedini mungkin. Kebiasaan membaca akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi anak, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Membaca adalah cara terbaik untuk memperluas wawasan dan meningkatkan kemampuan otak agar tetap berfungsi dengan baik. Karena itu, orang tua juga perlu mendukung dengan memberikan jenis makanan terbaik untuk otak anak.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Thursday 07th, June 2018 / 06:22 Oleh :
Kategori : Pendidikan