Sponsors Link

7 Cara Melebatkan Rambut Bayi paling Ampuh

Sponsors Link

Salah satu kejutan yang dibawa bayi ketika baru lahir adalah rambutnya. Ada bayi yang terlahir dengan rambut tebal, akan tetapi ada juga bayi yang terlahir dengan rambut tipis. Hampir semua orang tua menginginkan anaknya mempunyai rambut tebal dan hitam. Sehingga dalam proses tumbuh kembangnya, orang tua akan mencari cara untuk dapat melebatkan rambut bayi. Beberapa mitos yang berkembang dalam masyarakat menyebutkan bahwa rambut bayi akan menjadi lebat setelah digunduli. Bahkan semakin sering digunduli akan semakin lebat rambutnya.

Akan tetapi setelah digunduli tidak semua orang tua mendapati anaknya mempunyai rambut yang lebat. Beberapa bayi bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk rambutnya tumbuh lagi. Beragam makanan berpengaruh terhadap tumbuhnya rambut. Oleh karena itu para orang tua harus paham benar mengenai manfaat sayuran untuk anak dan manfaat buah untuk anak.

Baca : tips agar anak tidak mabuk perjalanan – Tips Nyaman Bepergian dengan si Kecil – Tips Memilih Dokter Anak yang Tepat – Cara Jitu Mengatasi Cadel pada Anak – Cara Mendidik Anak yang Suka Membantah – Cara Mengajarkan Anak tentang Uang – Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Secara khusus untuk dapat melebatkan rambut bayi, berikut ada beberapa tips yang dapat dilakukan para orang tua:

1. Jaga Kebersihan Kulit Kepala

Kulit kepala bayi terkadang terlihat kotor bahkan cenderung kering. Hal ini mengakibatkan seringnya muncul endapan putih pada kulit kepala. Kondisi ini merupakan tua para orang tua untuk dapat merawat dan menjaga kebersihan kulit kepala bayi. Kebersihan kulit kepala bayi akan berpengaruh terhadap rambut yang tumbuh. Selain itu, jika kulit kepala bayi tidak dirawat dengan benar dapat menyebabkan munculnya macam-macam infeksi kulit pada anak. Kulit kepala bayi harus dalam keadaan seimbang, tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Jika kulit kepala bayi terlalu kering, dapat diatasi dengan mengaplikasikan baby oil. Jika kulit kepala bayi terlalu berminyak maka harus dilakukan perawatan dengan sampo khusus bayi.

2. Gunakan Minyak Kemiri

Siapa yang tidak kenal dengan kemiri. Salah satu bumbu masak ini dapat menambah rasa sedap pada makanan. Namun siapa yang menyangka bahwa kemiri juga dapat digunakan untuk menebalkan rambut bayi. Kandungan dalam kemiri dapat merangsang pertumbuhan zat-zat folikel rambut. Penggunaan kemiri untuk menebalkan rambut harus melalui proses yang cukup rumit. Yang digunakan dari kemiri ini adalah minyak yang keluar dari kemiri. Minyak inilah yang berkhasiat melebatkan rambut bayi. Akan tetapi jika Anda ingin mencari yang lebih praktis, kini sudah banyak beredar minyak kemiri siap pakai dan dikhususkan untuk bayi. Gunakan minyak kemiri secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Gunakan Lidah Buaya

Selain dapat digunakan pada pertolongan pertama saat ada luka luar, lidah buaya juga berkhasiat untuk rambut. Tanaman ini aman digunakan pada bayi. Bagian tanaman yang digunakan untuk perawatan rambut adalah gelnya. Anda dapat langsung mengambil gel dari tanaman lidah buaya atau cukup membeli gel lidah buaya siap pakai. Oleskan gel lidah buaya merata pada kulit bayi. Usahakan lakukan ini sebelum bayi dimandikan. Setelah didiamkan beberapa saat, bersihkan kulit bayi dengan sampo.

4. Gunakan Daun Seledri

Daun seledri sudah terkenal secara turun temurun berkhasiat untuk melebatkan rambut. Biasanya daun seledri ini digunakan untuk tambahan penyedap rasa pada sayur sop. Tapi justru kandungan dalam daun seledri ini dapat memberikan stimulus yang bagus untuk melebatkan rambut bayi. Cara penggunaan daun seledri ini pun cukup mudah. Cukup ambil beberapa batang daun seledri lalu haluskan dan oleskan pada kulit kepala bayi. Ratakan pada semua kulit kepala bayi, diamkan beberapa saat sebelum dibersihkan. Cara ini biasanya digunakan saat bayi baru saja dicukur. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

5. Cukupi Nutrisi Bayi

Jenis rambut bayi baru lahir dapat berbeda dengan jenis rambutnya ketika anak-anak. Hal ini disebabkan oleh nutrisi yang diperolehnya berbeda. Nutrisi dari setiap makanan akan berpengaruh terhadap rambut bayi. Usahakan untuk memberi asupan makanan yang kaya akan vitamin D, vitamin E, protein, lemak, dan mineral. Walaupun bayi itu masih membutuhkan ASI eksklusif, maka usahakan ibu bayi harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan terbaik untuk bayi.

6. Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang sangat penting dan berkhasiat bagi kulit kepala bayi. Kandungan vitamin E ini dapat membuat kulit kepala bayi tidak kering sehingga rambut bayi dapat tumbuh dengan sehat. Penggunaan minyak zaitun dapat dibarengi dengan bahan lain, misalnya minyak zaitun dan madu atau minyak zaitun dan pisang. Madu dan pisang sama-sama berkhasiat untuk menumbuhkan rambut pada bayi. Madu kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk menumbuhkan rambut. Selain itu, ada beberapa manfaat madu untuk anak dan balita. Sedangkan pisang mengandung asid folik dan kalium yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut bayi.


7. Jangan Gunakan Mesin Pengering Rambut

Rambut bayi masih sangat halus, dan kulit kepala bayi juga masih sangat sensitif. Hal ini harus dicermati oleh para orang tua agar tidak sembarangan menggunakan alat ataupun bahan perawatan rambut. Misalkan saja mesin pengering rambut. Usahakan jangan menggunakan alat ini pada bayi. Kulit bayi bisa tidak tahan dengan panas dari alat ini. Alhasil akan merusak kulit kepala bayi. Akan lebih baik juga untuk mengeringkan rambut bayi dengan menggunakan handuk kain yang lembut. Jangan juga menekan terlalu keras pada kulit kepala bayi.

Baca : Manfaat Menjemur Bayi dan Anak – Manfaat ASI Eksklusif Untuk Bayi – Manfaat Pentingnya Sarapan Untuk Anak – Manfaat Olahraga Untuk Anak – Manfaat Mandi Air Hangat untuk Bayi

Harus benar-benar diperhatikan dalam mengurus rambut bayi. Kulit bayi masih sensitif, apalagi kulit kepala. Jangan sampai menggunakan sampo atau produk perawatan rambut  yang berbahaya. Bahkan usahakan selalu menggunakan bahan alami untuk perawatan rambut. Selain sehat, juga tidak mempunyai efek samping yang berbahaya bagi bayi. Satu hal juga yang penting adalah makanan bayi yang juga berpengaruh terhadap jenis dan kelebatan rambut. Ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh diberikan pada bayi 6 bulan. Itulah beberapa tips mengenai cara melebatkan rambut bayi. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , , , ,
Post Date: Friday 27th, October 2017 / 09:09 Oleh :
Kategori : Parenting