Sponsors Link

8 Cara Melatih Mental Anak Agar Berani

Sponsors Link

Anak-anak umumnya masih pemalu jika diminta melakukan sesuatu. Hal ini tentunya membutuhkan beberapa cara melatih mental anak agar berani. Karena ada pula anak yang percaya diri dan berani melakukan beberapa hal di depan umum seperti berjoget atau menyanyi. Sehingga tidak ada salahnya jika anak yang pemalu dituntun untuk menjadi lebih berani. Namun, tentunya diperlukan beberapa cara yang tidak instan. Berikut ini macam-macam cara melatih mental anak agar berani.

ads

1. Ketahui Bakat Anak

Ketahui apa yang menjadi kelebihan anak melalui cara jitu mengenali bakat anak. Dengan demikian maka dapat diambil tindakan selanjutnya untuk cara mengasah bakat anak. Supaya anak lebih berani karena merasa berbakat. Terutama jika mereka melakukan kesukaannya daripada hanya karena diminta orang tua.

2. Ajarkan Percaya Diri

Ajarkan anak untuk lebih percaya diri dengan cara meningkatkan rasa percaya diri anak. Ingat dampak buruk sering membandingkan anak dengan anak lain dapat menghilangkan percaya dirinya. Oleh sebab itu selalu yakin pada anak dan sabar dalam menghadapi anak. Supaya karakter anal menjadimlebih berani seperti yang kita inginkan.

3. Latih Tidak Pemalu

Latih anak untuk berani dan lakukan beberapa cara mengatasi anak yang pemalu dan minder. Sehingga lama-lama anak terbiasa tampil di muka umum tanpa merasa malu. Jika anak tidak lagi pemalu maka dapat dipastikan cara melatih mental anak agar berani yang satu ini cepat berhasil.

4. Puji Anak

Pastikan untuk memberikan pujian pada anak setelah ia berhasil melakukan sesuatu yang kita inginkan. Supaya anak merasa senang dan ingin mengulanginya lagi. Rasa bangga karena dipuji umumnya akan menghasilkan sifat yang positif pada anak dan membuat anak tidak pitus asa saat mencoba hal yang batu.

5. Beri Contoh

Berikan contoh yang tepat untuk menunjukkan bahwa anak perlu menjadi berani. Karena pada dasarnya anak kecil lebih mudah meniru sesuatu. Jika kita tunjukkan caranya pada mereka, maka di kemudian hari otomatis akan lebih mudah bagi anak untuk meniru hal tersebut.

6. Berikan Kepercayaan

Coba untuk mempercayai anak dalam melakukan sesuatu. Contohnya minta ia membeli sesuatu sendiri. Sehingga anak akan mencoba berkomunikasi dengan orang lain. Apabila terbiasa melakukan hal tersebut, lama-lama anak akan berani. Pelajari apa yang menjadi penyebab anak kurang percaya diri supaya anak mampu melakukannya. Sehingga ia merasa bangga dan berminat untuk melakukannya lagi dengan lebih baik.

7. Melatih Mandiri

Ajarkan anak cara mendidik anak agar mandiri. Bukan berarti dibiarkan saja. Namun, cukup diawasi saja saat anak melakukan aktivitasnya sendiri. Bila anak terbiasa mandiri, otomatis mentalnya akan lebih terbiasa untuk berani melakukan sesuatu. Usahakan untuk tidak membentak anak saat melakukan hal tersebut. Supaya anak lebih nyaman saat belajar mandiri dalam beraktivitas.

8. Jangan Memaksa

Sebaiknya lakukan beberapa cara di atas tanpa paksaan. Supaya tidak menjadi momok. Justru usahakan cara yang menyenangkan dan nyaman bagi anak. Sehingga anak memiliki motivasi secara tidak langsung. Jika tanpa paksaan maka akan lebih baik bagi psikologis anak. Bila dipaksa anak bisa jadi justru trauma dan malah membutuhkan cara mengatasi rasa takut pada anak.

Demikian beberapa cara melatih mental anak agar berani. Dengan pengarahan yang tepat maka karakter anak akan berubah menjadi lebih baik. Selalu dorong anak untuk memiliki kemajuan. Sehingga anak makin berani serta makin berprestasi.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 07th, January 2018 / 22:38 Oleh :
Kategori : Karakter
Doctors Talk

Bolehkah susu kental manis dikonsumsi anak anak ? Simak penjelasan dr. Retno Kuntarti, Sp.GK, spesialis gizi berikut ini.