Sponsors Link

Panduan 7 Cara Melatih Bicara Anak Usia 3 Tahun

Sponsors Link

Setiap anak mempunyai perkembangan yang berbeda-beda, termasuk kemampuan berbicaranya. Kemampuan berbicara anak biasanya dimulai ketika anak berusia 8-10 bulan dengan berkata ta-ta-ta atau ma-ma-ma. Secara bertahap kemampuan ini akan berkembang sesuai dengan usia, makanan, dan lingkungan. Kemampuan berbicara anak akan semakin berkembang jika secara rutin dilakukan stimulasi. Orang tua pun harus memperhatikan kata kata yang tidak boleh diucapkan orang tua kepada anak. Ketika anak sudah berusia 3 tahun dan belum bisa mengatakan 1 kata pun maka dikatakan anak tersebut mengalami keterlambatan bicara. Para orang tua harus tahu apa penyebab anak terlambat bicara. Akan tetapi semua belum terlambat, anak masih bisa dilatih bicara, walaupun sudah berusia 3 tahun. Berikut adalah beberapa cara melatih bicara anak usia 3 tahun:

ads

Baca: jenis makanan yang tidak boleh diberikan pada bayi 6 bulanbahaya makanan cepat saji untuk kesehatan anakmakanan sehat untuk tumbuh kembang anakmakanan terbaik untuk bayi – manfaat asi eksklusif untuk bayi – ciri-ciri anak cerdas sejak bayi

  • Secara Rutin Ajak Anak Berbicara. Para orang tua sebaiknya rajin mengajak anak berbicara. Bicarakan apa saja yang ada di sekitar. Hal ini akan merangsang anak untuk ikut berbicara. Bunda bisa menceritakan atau sekedar menyebutkan benda-benda yang ada di sekitar anak. Selain mengajarkan anak untuk berbicara, kegiatan ini juga mengenalkan nama dan berbagai macam jenis benda yang sering ditemui anak.
  • Ajak dan Bacakan Cerita untuk Anak. Mulailah kenalkan anak dengan buku cerita. Akan lebih baik jika memilih buku cerita bergambar besar dan mempunyai banyak warna. Gambar dan warna ini akan menarik perhatian anak untuk fokus kepada buku cerita. Atau bisa juga Bunda menggunakan boneka tangan sebagai media untuk bercerita. Baca: cara mudah mengajar anak membaca – cara mendidik anak yang malas belajar
  • Jangan Bosan Perbaiki Kata-Kata Anak. Anak usia 3 tahun akan menirukan apa yang dikatakan atau diceritakan oleh Bunda. Mungkin apa yang diucapkan tidak sesuai dengan kata yang sebenarnya. Akan tetapi hal ini bukanlah masalah. Yang perlu dilakukan adalah secara rutin dan jangan pernah bosan memperbaiki kata-kata yang diucapkan oleh anak. Secara perlahan mintalah anak untuk menirukan pengucapan kata yang benar.
  • Ajak Anak Bersosialisasi. Cara melatih bicara anak usia 3 tahun selanjutnya yang terbukti efektif adalah mengajaknya bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Dengan cara ini kosakata yang didengar anak akan lebih banyak. Kondisi ini akan lebih merangsang anak 3 tahun untuk berbicara. Akan tetapi tetap perhatikan ketika anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Baca: pentingnya bermain untuk pertumbuhan anak – manfaat liburan untuk anak – manfaat bermain untuk anak usia dini
  • Berikan Nutrisi yang Tepat. Perkembangan anak tidak terlepas dari faktor nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Nutrisi yang tepat sesuai dengan perkembangan anak akan semakin menguatkan kemampuan mengingat dan kemampuan berbicara anak. Anak membutuhkan ingatan yang kuat untuk menirukan kata-kata yang ia dengar. Untuk itu ia butuh berbagai jenis makanan terbaik untuk otak anak.
  • Sering Ajak Anak Bernyanyi. Mengajarkan anak berbicara tidak selalu dilakukan dengan mengajaknya berbicara atau bercerita. Cara melatih bicara anak usia 3 tahun lainnya adalah melalui bernyanyi. Melalui nyanyian ini, Bunda bisa mengajarkan bicara sekaligus gerakan kepada anak. Untuk beberapa anak, cara ini terbilang lebih efektif jika dibandingkan dengan cara yang lain.
  • Perhatikan Kontak Mata Anak. Ada 1 hal yang perlu diperhatikan ketika menerapkan cara melatih bicara anak usia 3 tahun. Walaupun melalui cara bercerita ataupun bernyanyi, harap perhatikan kontak mata anak. Usahakan ia fokus melihat kepada Anda atau media yang Anda gunakan untuk melatihnya berbicara. Cara melatih bicara kepada anak akan menjadi sia-sia jika anak tidak fokus kepada apa yang kita lakukan untuknya.

Baca: cara mendidik anak usia 1 tahuncara mendidik anak usia 2 tahun – cara mendidik anak usia 5 tahuncara mudah mengajar anak membacacara mudah mengajar anak yang malas belajarpentingnya pendidikan karakter untuk anakcara melatih otak kanan anak – cara bijak menasehati anak balita – cara mengatasi anak yang agresif

Anak usia 3 tahun seharusnya sudah bisa berbicara beberapa kata, jadi perlu diperhatikan bagaimana cara mendidik anak usia 3 tahun. Jika memang anak usia 3 tahun belum bisa berkata apa pun atau kata-kata yang diucapkan belum jelas, maka dimungkinkan ada beberapa penyebabnya. Beberapa penyebab anak usia 3 tahun belum dapat berbicara antara lain ada gangguan perkembangan otak pada anak, ada gangguan pendengaran, terlalu banyak menonton TV, dan kurangnya komunikasi. Perkembangan anak, termasuk perkembangan bicara, bergantung pada komunikasi anak dengan orang tua dan komunikasi anak dengan lingkungan sekitar.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , , ,
Post Date: Saturday 11th, November 2017 / 10:08 Oleh :
Kategori : Parenting