Sponsors Link

5 Cara Melatih Anak Berhenti Menggunakan Popok dengan Mudah

Sponsors Link

Popok merupakan bagian dari kehidupan seorang bayi dan merupakan suatu kemudahan dalam beberapa tahun pertamanya. Akan tetapi pemakaian popok juga dengan cepat dapat menjadi kesulitan bagi para orang tua ketika hendak menghentikan pemakaian popok pada anak. Sebagian orang berpendapat bahwa latihan melepas popok perlu dilakukan sedini mungkin, misalnya ketika anak sudah bisa duduk atau juga ada yang berpendapat ketika bayi sudah bisa berkomunikasi dengan lancar. Pada umumnya latihan untuk berhenti menggunakan popok dilakukan ketika anak berusia dua tahun. Akan tetapi, waktu yang tepat untuk cara melatih anak berhenti menggunakan popok sebetulnya ketika anak sudah menunjukkan tanda – tanda siap untuk dilatih melepas popoknya.

Menentukan Kesiapan Anak

Melatih anak untuk berhenti menggunakan popok juga berguna untuk menghindari bahaya popok sekali pakai terhadap kesehatan bayi dan cara mencegah dan mengatasi infeksi saluran kemih pada anak. Untuk mengetahui kesiapan anak mengenai berhenti menggunakan popok, Anda dapat mengamati beberapa tanda berikut ini:

  • Apakah anak sudah dapat mengerti dan mengikuti petunjuk sederhana?
  • Apakah anak mengatakan kepada Anda ketika popoknya kotor atau basah?
  • Apakah anak sudah terlihat menunjukkan minat pada toilet dan menggunakan pakaian dalam?
  • Bisakah anak memakai dan melepas celananya sendiri tanpa bantuan?
  • Apakah anak bisa tetap kering selama 3-4 jam seharian?

Jika jawabannya ya, maka sudah waktunya untuk cara melatih anak berhenti menggunakan popok, dan giliran Anda untuk menyampaikan kepada anak bahwa ia sudah waktunya mulai belajar untuk berhenti memakai popok.

Melatih Anak Lepas dari Popok

Banyak orang tua yang merasa bingung harus memulai dari mana untuk mengajarkan si kecil agar berhenti menggunakan popok. Berikut ini adalah beberapa langkah yang mungkin dapat dijadikan acuan untuk cara melatih anak berhenti menggunakan popok:

1. Jangan memaksa

Pertama – tama, bagaimanapun lelahnya Anda, usahakan untuk tidak memarahi anak atau memaksa agar anak dapat berlatih melepas popok dengan lancar. Hasil dari pemaksaan justru akan berbanding terbalik dengan tujuan yang ingin dicapai karena anak menjadi trauma. Kesabaran orang tua adalah kunci agar latihan melepas popok dapat menjadi proses yang berjalan lancar.

2. Lepas popok di siang hari

Biasakan anak untuk melepas popoknya di siang hari dan bawa ia untuk ke kamar mandi setiap jam sekali. Tidak mengapa walaupun anak tidak buang air ketika dibawa ke kamar mandi. Latihan ini bertujuan untuk membiasakan anak untuk melepas popoknya dan merasakan sendiri dorongan untuk buang air. Perhatikan bahaya bedak tabur bagi bayi yang biasa digunakan untuk melapisi kulit anak sebelum memakai popok.

3. Sediakan potty untuk anak

Anda dapat menyediakan pispot atau potty seat tersendiri untuk anak yang diletakkan di kamar mandi agar anak dapat membiasakan diri dengan alat tersebut. Toilet biasa tentunya akan terasa tidak nyaman untuk anak karena didesain untuk orang dewasa. Cara mudah untuk mengatasi kebiasaan mengompol pada anak adalah dengan membiasakannya untuk ke kamar mandi sendiri.

4. Jangan sediakan popok

Ketika Anda ingin agar anak dapat berlatih melepas popoknya dengan lancar, maka sebaiknya tidak menyediakan popok di tempat yang dapat dilihat atau dijangkau anak. Jika anak masih dapat melihat bahwa ada persediaan popok di rumah, ia akan merasa bahwa ia dapat memilih antara buang air di toilet atau menggunakan popok, dan ia akan memilih popok yang jauh lebih mudah. Ketahuilah mengenai manfaat minyak zaitun untuk bayi dan anak sebagai cara mengatasi ruam popok pada bayi dan cara merawat kulit bayi yang sensitif.

5. Melepas popok di malam hari

Proses ini akan membutuhkan lebih banyak lagi kesabaran karena dapat berlangsung lebih lama. Cara melatih anak berhenti menggunakan popok pada malam hari bisa dilakukan pertama – tama dengan membiasakan anak untuk buang air kecil sebelum tidur malam. Mungkin saja cara ini tidak dapat langsung berhasil, sebab banyak anak membutuhkan frekuensi buang air yang lebih tinggi di malam hari. Untuk mengatasinya, jangan beri anak minum cairan apapun setidaknya dua jam sebelum tidur. Anda juga dapat melepas popok anak setelah beberapa hari ia tidur tanpa membasahi popoknya, dan pastikan bahwa situasi benar – benar sudah terkendali ketika popok anak dilepas pada malam hari.

Ingatlah untuk tidak mencoba cara melatih anak berhenti menggunakan popok sebelum Anda memberi pengertian kepada anak mengenai hal tersebut. Memaksa anak berusia dua tahun untuk melepas popoknya tanpa pengertian yang baik akan berujung pada situasi yang tidak mendukung. Terlebih lagi, pada usia tersebut anak mulai berperilaku memberontak yang sama sekali akan menyulitkan proses melepas popok yang coba Anda latih kepadanya, dan cara melatih anak berhenti menggunakan popok akan menjadi jauh lebih menantang daripada yang sudah terjadi.

Sponsors Link
, , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 17th, June 2018 / 13:44 Oleh :
Kategori : Parenting