Sponsors Link

5 Cara Melatih Anak agar Percaya Diri dan Berani

Sponsors Link

Bagi orang tua, pasti akan sangat senang jika memiliki anak yang berani dan juga percaya diri. Karakter anak yang tidak gugup meski tengah berada di antara orang banyak tentu perlu dibentuk sejak dini, karena itu sebaiknya orang tua mulai mempersiapkan cara melatih anak agar percaya diri sehingga karakter tersebut akan melekat pada dirinya hingga usia dewasa. Sebagai langkah awal, orang tua perlu mengetahui cara jitu mengenali bakat anak, karena dengan mengetahui bakatnya kita bisa mendorongnya untuk melakukan kegiatan yang sesuai sehingga anak tentu akan lebih percaya diri dengan kemampuannya. Cara meningkatkan rasa percaya diri anak memang tidak bisa dibilang mudah, karena perlu kesabaran dan dilakukan terus menerus. Nah, berikut ini ada beberapa cara melatih anak agar percaya diri yang juga termasuk cara melatih mental anak agar berani.

ads

1. Jangan Asal Memarahinya

Siapapun pasti tidak suka jika dimarahi, termasuk anak-anak. Apalagi jika mereka dimarahi di muka umum, tentu mereka akan menjadi minder dan menjadi anak pendiam. Memang kita harus menegur bila perlu sedikit marah jika anak berbuat salah, namun jangan berlebihan dan langsung marah dengan perkara sepele. lebih baik memberi tahu anak secara halus jika ia melakukan kesalahan agar kelak ia tidak mengulanginya. Cara ini juga berhasil sebagai cara mengatasi anak yang pemalu dan minder.

2. Tidak Membandingkan dengan Anak Lain

Hal lainnya yang tidak disukai anak adalah sering membandingkan dirinya dengan anak lainnya. Jika hal tersebut sering dilakukan orang tua, maka dampak buruk sering membandingkan anak dengan anak lain akan muncul seperti timbulnya rasa malu dan tidak percaya diri di tempat umum. Sebaliknya selalu dorong anak untuk melakukan kegiatan yang positif dan berikan pujian yang seperlunya agar ia merasa dihargai.

3. Hindari Kebiasaan Menakuti Anak

Mungkin orang tua secara tidak sadar sering menakuti anak dengan cerita seram atau hal lainnya agar ia tidak melakukan apa yang tidak kita inginkan. Namun hal tersebut justru dapat membuat anak menjadi tidak berani melakukan sesuatu dan kebiasaan ini dapat terus berlanjut hingga dewasa. Tentu saja dampaknya anak menjadi tidak mudah mengambil keputusan dan lebih banyak berdiam diri. Jadi cobalah cara mengatasi rasa takut pada anak agar anak bisa lebih berani dalam hal apapun.

4. Hindari Labeling pada Anak

Kebiasaan labeling pada anak juga termasuk penyebab anak kurang percaya diri. Apalagi jika anak sampai diejek, maka rasa mindernya akan semakin bertambah. Jika anak sering dicap sebagai anak pemalu, maka sifat tersebut akan semakin kuat melekat pada anak. Jadi jika anak memiliki sifat pemalu dan kurang percaya diri, dorong rasa percaya dirinya dengan memberikan pujian seperlunya dan tidak memberi label yang buruk.

5. Melibatkan Anak dalam Membuat Keputusan

Dalam sebuah keluarga pasti memiliki situasi dimana anggota keluarga harus membuat keputusan, seperti misalnya merencanakan liburan, membersihkan rumah atau hal lainnya. Bila perlu, ajak anak untuk ikut memutuskan rencana keluarga sehingga ia akan terlatih mandiri dan percaya diri dengan pendapatnya. Hal ini juga menjadi cara mendidik anak agar mandiri sehingga saat dewasa nanti anak sudah terbiasa mengambil sebuah keputusan dalam bidang apapun.

Cara melatih anak agar percaya diri memang tidak bisa dilakukan instan, perlu kesabaran dan dilakukan dalam jangka waktu yang panjang hingga karakter tersebut melekat kuat pada anak. Cara di atas juga bisa menjadi cara mengatasi trauma pada anak yang sangat efektif.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Wednesday 11th, April 2018 / 16:15 Oleh :
Kategori : Karakter
Doctors Talk

Kecanduan game & gadget bisa jadi momok bagi ibu, bahkan bisa membuat anak depresi dan bunuh diri, yuk kenali dan jangan lupa subscribe ya.