Sponsors Link

8 Cara Bijak Menyikapi Anak Remaja yang Mulai Pacaran dengan Tepat

Sponsors Link

Saat anak beranjak remaja, tentu bisa jadi sudah saatnya orang tua mengetahui cara bijak menyikapi anak remaja yang mulai pacaran. Karena sangat umum jika anak remaja mulai mengerti tentang pasangan dan ingin mencoba memiliki teman dekat. Hal ini tidak ada salahnya asal apa yang dilakukan anak tetap dalam pengawasan orang tua. Sehingga anak tidak salah langkah dalam memutuskan atau berbuat sesuatu. Jika memiliki anak remaja, tentu hal ini menjadi suatu kondisi yang cukup sulit. Sebab itu, sebaiknya pahami beberapa cara bijak menyikapi anak remaja yang mulai pacaran di bawah ini.

ads

1. Komunikasi Dua Arah

Sebaiknya lakukan komunikasi dua arah antara orang tua dan anak. Sehingga dapat menjadi cara membuat anak lebih terbuka kepada orang tua. Dengan demikian maka seluruh cerita dan kisah anak dapat diketahui seluruhnya.

2. Awasi Pergaulannya

Pahami lawan jenis yang berteman dengan anak. Berikan nasihat mana teman dekat yang baik dan yang tidak. Dengan demikian akan membantu anak untuk melihat teman dekat yang tepat bagi dirinya. Selain itu hal ini juga menjadi salah satu cara berkomunikasi dengan anak remaja yang lebih efektif.

3. Berikan Informasi

Mulailah memberikan informasi tentang apa yang dialami anak. Termasuk cara mendidik anak remaja dimana anak mulai mengerti berkencan dengan lawan jenis. Beritahukan efek positif dan negatifnya supaya anak dapat berpikir mana perbuatan yang pantas untuk dilakukan dan mana yang tidak.

4. Pendidikan Seksual

Salah satu cara bijak menyikapi anak remaja yang mulai pacaran adalah dengan memberikan pengetahuan tentang pendidikan seksual yang tepat pada anak. Sehingga anak memahami tentang lawan jenisnya dengan baik dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Ini dapat juga menjadi salah satu cara menanamkan nilai moral pada anak.

5. Perkuat Agama

Perkuat pentingnya pendidikan agama untuk anak dan moral anak supaya anak memiliki dasar yang baik dalam berteman dekat. Hal ini juga menjadi salah satu cara membatasi pergaulan anak supaya tidak terjerumus pada pergaulan bebas.

6. Memberi Tanggung Jawab

Percayakan anak cara menanamkan tanggung jawab pada anak yang lebih besar, misalnya dengan memperbolehkan bermain dengan teman dekatnya pada batas waktu tertentu. Atau membawa kendaraan dengan hati-hati saat pergi bersama teman dekatnya. Dengan demikian anak akan lebih bertanggung jawab dalam berhubungan dengan teman-temannya supaya tidak melakukan berbagai macam hal yang negative.

7. Pantau Sosial Media

Sempatkan waktu memantau social media anak untuk mengetahui kawan dekat anak. Dengan demikian maka dapat membantu orang tua memahami cara mengenali karakter anak dan teman dekatnya, apakah ia baik atau buruk sifatnya.

8. Dampingi Saat Berkencan

Ada baiknya mendampingi anak saat berkencan namun dalam batasan yang secukupnya. Dengan demikian akan lebih mudah bagi orang tua untuk mengetahui sejauh mana perilaku anak jika bersama dengan teman dekatnya.

Itulah beberapa cara bijak menyikapi anak remaja yang mulai pacaran. Jangan sampai membuat anak antipasti pada orang tua dan tidak ingin membeberkan kisahnya. Karena hal ini membuat orang tua makin susah memantau anak dengan baik. Karena itu selalu sediakan waktu untuk manfaat mendengarkan keluhan anak, supaya anak nyaman menceritakan kisahnya dengan orang tua. Dengan demikian maka akan lebih mudah bagi orang tua untuk mengarahkan anak menjalani pertemanan yang lebih tepat dengan lawan jenisnya.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Thursday 03rd, May 2018 / 12:40 Oleh :
Kategori : Parenting
Doctors Talk

Kecanduan game & gadget bisa jadi momok bagi ibu, bahkan bisa membuat anak depresi dan bunuh diri, yuk kenali dan jangan lupa subscribe ya.