Sponsors Link

Mengapa Bayi Bisa Berjerawat? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Pernahkah ibu mengalami atau melihat anak bayi yang di kulitnya muncul jerawat? Hal ini mungkin dapat membingungkan bahkan mengkhawatirkan orang tua, karena umumnya jerawat muncul pada anak remaja yang mulai mengalami pubertas. Lalu bagaimana jerawat bisa terjadi pada bayi? Jerawat termasuk macam-macam infeksi kulit pada anak dan bayi yang umumnya tidak membahayakan namun bisa membuat bayi tidak nyaman dengan keberadaan jerawat tersebut. Karena itu sangat penting bagi orang tua untuk memahami apa yang menyebabkan munculnya jerawat pada bayi dan cara mengatasinya dengan cara merawat bayi baru lahir yang aman.

ads

Penyebab Bayi Berjerawat

Jerawat yang merupakan penyakit kulit pada bayi biasanya memang tidak begitu mengganggu dan dapat hilang sendiri dalam beberapa bulan. Namun jika bayi mengeluarkan gumoh atau jerawat terkena kain dengan serat yang kasar bayi mungkin akan merasa tidak nyaman. Berbeda dengan remaja dan orang dewasa, jerawat pada bayi belum dapat dipastikan apa penyebabnya. Namun beberapa faktor diduga kuat memicu munculnya jerawat pada payi, yaitu sebagai berikut.

  1. Faktor hormon, dimana pada masa akhir kehamilan bayi bisa menerima hormon estrogen dari ibu dan terbawa hingga ia lahir. Hormon tersebut memicu munculnya jerawat pada kulit bayi terutama di wajahnya.
  2. Konsumsi obat-obatan tertentu, baik yang diminum langsung oleh bayi maupun sang ibu saat hamil dan menyusui. Beberapa obat yang dapat memicu bayi berjerawat yang sering diminum ibu biasanya dari golongan steroid dan antidepresan.
  3. Produk perawatan bayi, baik berupa sabun, lotion dan baby cream yang mungkin tidak cocok atau mengandung banyak minyak sehingga menutup pori-pori kulit bayi. Karena itu ibu harus lebih selektif memilih produk perawatan bayi yang tepat agar tidak memberikan efek negatif pada kulit si kecil.

Cara Mengatasi Bayi Berjerawat

Seperti cara mengatasi bentol pada kulit bayi dan cara mengatasi biang keringat pada anak, terdapat beberapa cara yang aman dilakukan untuk membantu mengatasi jerawat yang dialami bayi seperti berikut ini.

  • Rutin membersihkan kulit bayi dengan memandikannya secara teratur 2 kali sehari, dan jangan lupa mengeringkannya dengan handung yang kering dan lembut secara perlahan.
  • Hindari menggunakan lotion atau cream pada wajah bayi terutama yang mengandung minyak berlebih agar pori-pori kulit bayi tidak tertutupi.
  • Pilihlah produk perawatan kulit bayi yang diformulasikan khusus untuk kenyamanan dan keamanan kulit bayi, dan pastikan cocok untuk kulit bayi.
  • Gunakan obat jerawat khusus bayi atau sesuai yang diresepkan dokter, dan jangan memberikan produk atau obat apapun tanpa bertanya pada dokter. Cara ini juga berlaku untuk mengatasi eksim pada bayi, karena itu cobalah tips memilih dokter anak yang tepat untuk mendapat penanganan terbaik.
  • Pakaikan bayi baju yang tidak terlalu tebal dan mampu menyerap keringat dengan cepat. Juga hindari penggunaan detergen yang kuat dan membuat kulit bayi teriritasi.
  • Jangan memencet jerawat bayi atau menggosok kulitnya yang berjerawat dengan kain atau handuk.
  • Jaga pola makan bagi ibu yang sedang hamil atau menyusui, agar dapat menghindari beberapa jenis makanan yang dapat memicu munculnya jerawat.

Itulah penyebab dan cara mengatasi bayi berjerawat yang perlu dipahami para orang tua. Umumnya jerawat yang termasuk jenis-jenis penyakit kulit pada anak tidak berbahaya, namun jika lebih dari empat bulan jerawat tidak kunjung hilang dan mengganggu, jangan ragu untuk membawa bayi Anda ke dokter.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Sunday 13th, May 2018 / 08:31 Oleh :
Doctors Talk

Kecanduan game & gadget bisa jadi momok bagi ibu, bahkan bisa membuat anak depresi dan bunuh diri, yuk kenali dan jangan lupa subscribe ya.