Sponsors Link

Waspadai 5 Bahaya Naik Pesawat untuk Bayi

Sponsors Link

Usia bayi masih rentan terkena gangguan jika diajak bepergian. Terkadang orang tua ingin mengajak bayi mereka untuk jalan-jalan mengingat ragam manfaat liburan untuk anak. Transportasi yang digunakan pun bermacam-macam, mulai dari naik mobil, bis, kapal, hingga pesawat. Akan tetapi ketika masih berusia bayi, harus lebih diperhitungkan mengenai aspek keamanan, kenyamanan, dan juga keselamatan bagi bayi. Perlu juga diterapkan beberapa tips agar anak tidak mabuk perjalanan. Terutama ketika Anda memutuskan untuk bepergian menggunakan pesawat, maka ada banyak hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

ads

Sebelum memutuskan untuk pergi naik pesawata, Anda harus mengetahui usia aman membawa bayi naik pesawat. Secara khusus untuk bayi yang berusia kurang dari 1 tahun, harus ada banyak pertimbangan untuk membawanya naik pesawat. Lalu apa saja bahaya yang harus diperhatikan orang tua untuk tujuan mereka membawa bayi bepergian menggunakan pesawat? Berikut adalah beberapa bahaya naik pesawat untuk bayi yang perlu diwaspadai:

1. Gangguan Pernapasan pada Bayi

Bayi yang diajak naik pesawat mempunyai risiko mengalami gangguan pernapasan. Hal ini dikarenakan cadangan oksigen dalam pesawat terbatas, dan digunakan untuk banyak orang. Selain itu, sistem pernapasan pada bayi juga masih lemah. Risiko jenis gangguan pernapasan pada anak akan lebih kecil pada orang dewasa karena sistem pernapasannya yang sudah kuat.

2. Bayi Shock

Kondisi di dalam pesawat yang sangat berbeda dengan di luar pesawat dapat mengakibatkan bayi mengalami shock akibat kaget. Jika hal ini terjadi, biasanya bayi akan rewel dan menangis. Tidak dipungkiri juga bayi dapat menangis secara terus menerus di dalam pesawat walaupun sudah diterapkan berbagai cara menenangkan bayi menangis. Bayi akan lebih susah untuk ditenangkan, apalagi untuk ditidurkan. Kerewelan bayi ini bahkan dapat berlanjut sampai bayi turun dari pesawat. Ketika bayi rewel, periksalah juga apakah itu merupakan salah satu dari tanda-tanda bayi kedinginan.

3. Bayi Dehidrasi

Untuk mengatasi beberapa bahaya naik pesawat untuk bayi, sangat disarankan untuk memberikan bayi ASI selama perjalanan. Akan tetapi terkadang bayi justru tidak mau minum ASI, susu formula, atau minuman lainnya. Jika hal ini terjadi, bayi dapat menunjukkan tanda-tanda dehidrasi pada anak. Perlu diingat bahwa sangat bahaya jika bayi mengalami dehidrasi. Usahakan untuk tetap membujuk bayi agar mau minum selama perjalanan naik pesawat.

4. Gangguan Infeksi pada Bayi

Bahaya naik pesawat untuk bayi selanjutnya adalah risiko bayi mengalami gangguan infeksi. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab sakit kepala pada anak. Di dalam pesawat, bayi akan bertemu dengan banyak orang. Kita juga tidak bisa memastikan bagaimana kondisi kesehatan setiap orang yang naik pesawat tersebut. Hal ini mengakibatkan risiko bayi terkena infeksi menjadi lebih besar, misalkan saja infeksi yang dapat menyebar lewat udara. Hal ini didukung oleh sistem kekebalan bayi yang belum sempurna.

Bayi juga dapat terkena infeksi telinga, sehingga akan muncul tanda-tanda bayi mengalami infeksi telinga ketika naik pesawat. Hal ini dikarenakan ada perubahan tekanan udara yang sangat besar di dalam pesawat. Tekanan udara inilah yang dapat membuat bayi mengalami sakit telinga yang parah. Bahkan dapat merusak sistem pendengaran bayi. Akan tetapi permasalahan ini dapat dicegah dengan memberikan ASI selama perjalanan naik pesawat.

5. Bayi Rewel

Untuk bayi, biasanya akan duduk bersama orang tuanya. Dengan kata lain, selama perjalanan bayi akan digendong oleh orang tua. Bayangkan jika selama dua jam atau lebih bayi berada dalam gendongan, maka tubuhnya akan terasa sakit di beberapa bagian. Jika ia sudah merasakan sakit di beberapa bagian tubuhnya, ia akan mengungkapkannya dengan cara menangis. Bayi, terutama yang berusia kurang dari 1 tahun, akan lebih nyaman jika berada dalam posisi tiduran. Walaupun bayi merasa senang dan nyaman jika digendong, akan tetapi ia akan merasakan sakit jika digendong terlalu lama. Itulah mengapa sangat disarankan untuk menerakan tips nyaman bepergian dengan si kecil.

Itulah beberapa bahaya naik pesawat untuk bayi. Semoga informasi yang dipaparkan dalam artikel ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk membawa bayi bepergian naik pesawat.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Saturday 16th, December 2017 / 14:42 Oleh :
Kategori : Parenting
Doctors Talk

Kecanduan game & gadget bisa jadi momok bagi ibu, bahkan bisa membuat anak depresi dan bunuh diri, yuk kenali dan jangan lupa subscribe ya.