Sponsors Link

Benarkah Anak Vegetarian lebih Cerdas? Ini Faktanya!

Sponsors Link

Anak vegetarian lebih cerdas? Pertanyaan ini kerap muncul saat orang tua ingin memberikan makanan terbaik untuk bayi tercinta. Meman benar makanan yang bergizi merupakan salah satu cara meningkatkan daya ingat anak yang penting untuk dilakukan, karena tanpa asupan nutrisi yang cukup otak tidak akan berkembang dengan optimal. Namun sebagian besar orang beranggapan nutrisi untuk otak bisa didapatkan dari makanan yang bersumber pada hewan terutama jenis hewan laut. Padahal menurut penelitian anak-anak yang pintar atau cerdas ternyata lebih banyak yang menjalani pola makan vegetarian, sehingga cara mengatur pola makan anak vegetarian perlu dilakukan sebaik mungkin.

ads

Nutrisi untuk anak vegetarian memang perlu diperhatikan, karena ada beberapa nutrisi yang seharusnya didapat dari sumber makanan hewani digantikan dengan sumber makanan nabati. Karena itu pengenalan pola makan vegetarian perlu dilakukan sejak bayi dimana MPASI untuk bayi vegetarian sudah mulai bisa diterapkan. Anak yang menjalani pola makan vegetarian memang sering dianggap lebih sehat karena hampir tidak mengkonsumsi lemak jahat sehingga kesehatan lebih terjamin hingga di masa mendatang. Jika tubuh sehat tentu perkembangan tubuh dan otak juga sehat dan dapat berlangsung dengan lancar.

Anak Vegetarian lebih Cerdas?

Lalu bagaimana dengan pernyataan bahwa anak vegetarian lebih cerdas? Apakah anak yang memutuskan untuk menjadi vegetarian menjadi lebih cerdas, atau justru anak yang cerdas memilih untuk menjadi vegetarian? Kenyataannya memang berbagai nutrisi untuk otak bisa kita dapatkan dari sumber makanan nabati, terutama dari jenis kacang-kacangan yang baik untuk bayi, manfaat sayuran untuk anak dan manfaat buah untuk anak. Begitu pula dengan manfaat telur untuk kesehatan anak balita, sehingga sebaiknya para anak yang menjadi vegetarian tetap mengkonsumsi telur maupun susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Hal yang mengejutkan adalah bahwa para ilmuwan yang kita kenal sepanjang masa seperti Isac Newton, Albert Einstein,Plato, Thomas Edison dan banyak penemu lainnya ternyata juga merupakan vegetarian. Hal ini membuktikan bahwa vegetarian memang terlihat lebih cerdas daripada anak yang mengkonsumsi produk daging. Dari hasil penemuan oleh para peneliti di Inggris yang melakukan penelitian terhadap beberapa responden vegetarian, menyimpulkan bahwa anak vegetarian memang lebih memiliki IQ yang lebih tinggi sekitar 5 sampai 10 poin dari anak yang bukan vegetarian. Responden di uji saat masih berusia 10 tahun dan diikuti perkembangannya hingga usia 30 tahun, dan memang saat memasuki usia yang lebih tua para vegetarian cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi dari anak lainnya.

Pekerjaan dan Gelar lebih Tinggi

Dalam penelitian juga disebutkan bahwa anak atau orang dewasa yang menjadi vegetarian memiliki taraf hidup yang lebih baik. Mereka mendapat pekerjaan yang lebih baik dan gelar yang lebih tinggi sehingga memiliki produktivitas yang sangat tinggi dibandingkan orang nonvegetarian. Alasan dibalik fakta tersebut adalah nutrisi yang berasal dari sayuran dan buah-buahan memberikan gizi terbaik untuk perkembangan otak sehingga berkembang dengan optimal dan menjadi lebih cerdas.

Penelitian juga mengemukakan bahwa anak vegetarian cenderung lebih tinggi, dan kecerdasannya memang di atas rata-rata teman sekolahnya. Mereka yang memulai kebiasaan vegetarian sejak kecil ternyata juga memiliki resiko yang sangat kecil terhadap kemungkinan berbagai penyakit di masa depan, seperti penyakit jantung, kolesterol, stroke, bahaya obesitas pada anak, diabetes dan penyakit berbahaya lainnya.

Dari beberapa pendapat dan penelitian memang dapat disimpulkan anak vegetarian lebih cerdas dibandingkan dengan anak yang suka mengkonsumsi daging. Jadi orang tua tidak perlu cemas jika ingin menerapkan pola makan vegetarian pada anak asalkan pemenuhan nutrisi tidak terhambat. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai menu harian sehingga variasi makanan yang disajikan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 27th, December 2017 / 19:54 Oleh :