Sponsors Link

Benarkah Anggapan Anak Tunggal Selalu Egois?

Sponsors Link

Anak tunggal selalu dicap sebagai anak yang egois dan mau menang sendiri, sehingga mereka kerap diejek dan dikucilkan. Padahal anggapan tersebut tidaklah selalu benar. Faktanya, ada banyak anak tunggal yang dapat hidup mandiri, mudah bersosialisasi dan memiliki empati terhadap kondisi orang lain sehingga tidaklah tepat melabeli anak tunggal sebagai anak yang egois. Memang benar anak tunggal lebih cenderung tidak mau berbagi dan sering sendirian, hal ini dikarenakan di rumah ia merasa tidak punya saingan dan selalu mendapat kasih sayang berlebih dari keluarganya. Karena itu sangat sering terjadi kesalahan dalam mendidik anak balita sehingga anak menjadi terlihat lebih egois.

ads

Benarkah Anak Tunggal Selalu Egois?

Bagaimana sifat yang ada dalam diri anak, semuanya berpulang dari bagaimana orang tuanya mendidik dan mengasuhnya. Punya saudara kandung atau terlahir sebagai anak tunggal, keduanya tetap dapat menjadi anak yang egois jika pola asuh orang tuanya sudah salah sejak awal. Anak tunggal memang dapat menjadi penyebab anak menjadi keras kepala, namun jika sejak kecil ia dibesarkan dengan kebiasaan untuk senang berbagi, peduli dengan orang lain dan sering diajak bersosialisasi maka anak dapat bersikap mandiri juga berempati.

Memiliki anak tunggal memang sering membuat orang tua melimpahkan kasih sayang yang berlebihan kepada anaknya, namun hal tersebut justru dapat memberikan dampak buruk karena anak menjadi lebih manja, tidak memiliki saingan dan semua keinginannya pasti terpenuhi. Hal tersebutlah yang pada akhirnya mencetak anak dengan sifat egois. Jadi, orang tua sebaiknya juga melakukan cara mengajarkan disiplin pada anak, agar anak merasakan bagaimana rasanya susah, berjuang untuk mendapatkan sesuatu dan rela berbagi dengan orang lain.

Jika dididik dengan pola asuh yang benar dan lingkungan yang baik, anak tunggal pun juga bisa menjadi anak yang mandiri dan tidak egois apalagi keras kepala. Jadi anggapan bahwa anak tunggal selalu egois tidaklah tepat, karena semuanya tergantung dari bagaimana orang tuanya mengasuhnya. Orang tua perlu mengetahui cara mengenali karakter anak agar dapat mendidik anak dengan benar dan mencegah anak tunggal menjadi egois. Jika anak terlalu disayang dan tidak terdapat batasan, maka akan menjadi penyebab anak melawan orang tua saat yang ia inginkan tidak didapatkan.

Cara agar Anak Tunggal tidak Menjadi Egois

Anak tunggal yang tidak mendapat asuhan secara tepat cenderung suka memukul dan menjadi penyebab anak berperilaku egresif sehingga diperlukan cara bijak mengatasi anak yang suka memukul. Nah, agar tidak salah asuh, beberapa tips berikut ini bisa dilakukan untuk mencegah anak tunggal menjadi egoiss.

1. Terapkan Pola Asuh yang Tepat

Meski anak tunggal, bukan berarti ia tidak memiliki batasan dan dapat bertindak sesuka hati. Agar anak tidak menjadi egois, berikan batasan dan jangan turuti semua kemauan anak. Bila anak melanggar kesepakatan bersama yang telah ditetapkan, orang tua juga perlu menghukum agar anak tahu konsekuensi dari kesalahannya.

2. Jangan Terlalu Protektif

Memang rasanya orang tua akan lebih protektif dengan anaknya yang memang hanya satu-satunya, namun hal ini juga tidak baik untuk perkembangan mental dan karakternya. Anak juga membutuhkan kebebasan untuk bereksplorasi, juga memiliki hak untuk bermain sehingga anak tidak baik jika terlalu banyak dilarang.

3. Jangan Turuti Semua Keinginan Anak

Hanya karena anak Anda merupakan anak tunggal, bukan berarti semua yang ia inginkan harus dituruti. Di sinilah peran orang tua dalam mendidik anak, jika memang yang diminta anak tidak memungkinkan untuk dikabulkan, cobalah memberinya pengertian. Hindari memberikan semua yang diinginkan anak agar ia tidak menjadi manja dan egois.

Anggapan anak tunggal selalu egois sebaiknya mulai ditinggalkan. Memang sebagian anak tunggal ada yang egois namun semua itu dikarenakan pola asuh orang tuanya. Jika dididik dengan baik, anak tunggal pun dapat saling berbagi dan peduli dengan orang lain.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Friday 27th, April 2018 / 15:56 Oleh :
Kategori : Karakter
Doctors Talk

Kecanduan game & gadget bisa jadi momok bagi ibu, bahkan bisa membuat anak depresi dan bunuh diri, yuk kenali dan jangan lupa subscribe ya.